Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Tingkat Persaingan & Kesulitan Keyword dalam SEO


Sebagian besar blog dan situs besar biasanya mereka tidak peduli terhadap persaingan sebuah keyword. Tapi untuk blog baru, mengetahui tingkat persaingan dan kesulitan sebuah keyword merupakan hal yang wajib. Karena sebuah blog gres yang masih berumur di bawah 3 hingga 6 bulan biasanya tidak akan bisa untuk menerima sebuah peringkat yang tinggi pada ketika bersaing dengan blog lain yang sudah berusia cukup lama.


Hal tersebut dikarenakan Google belum mempercayai kualitas blog baru. Maka dari itulah ada baiknya kita mencari sebuah keyword dengan tingkat persaingan yang rendah dulu, supaya kita bisa menerima jumlah pengunjung yang cukup tanpa harus menunggu terlalu lama. Dengan demikian, reputasi kita di Google juga akan bisa terbentuk.

Artikel kali ini yaitu artikel mengenai tahapan yang harus anda lakukan untuk dapat melaksanakan sebuah analisa persaingan keyword di dalam SEO yang merupakan pembahasan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Blog dengan MenggunakanTool Research Keyword.

Hal yang harus anda ketahui yaitu ada sebuah kesalahpahaman besar yang selalu dilakukan oleh para blogger pemula dan orang yang gres mengenal SEO dan keyword research, dan saya harap anda tidak ikut-ikutan terjebak dengan apa yang diajarkan oleh senior anda. Apabila anda pernah membuka situs yang berjulukan Google Keyword Planner, maka pasti anda pernah melihat sebuah kolom yang berjulukan “Competition” menyerupai gambar berikut :


Saya tekankan sekali lagi ini tidak ada hubungannya dengan SEO. Google Keyword Planner itu yaitu sebuah alat bantu khusus untuk pengguna AdWords. Oleh sebab itu competition yang dimaksud pada halaman Google keyword planer yaitu sebuah tingkat kesulitan dari sebuah iklan AdWords.

High yang ada pada halaman tersebut menyampaikan dalam kata keyword yang banyak iklannya, sedangkan low berarti mempunyai sedikit atau bahkan tidak ada iklan. Jangan pernah menggunakan ini sebagai patokan untuk SEO anda. Langkah dan tahapan yang bekerjsama untuk dapat mengetahui tingkat kesulitan dan tingkat persaingan suatu keyword kita bisa mengetahuinya dengan cara berikut ini :

1.   Install SEOQuake atau MozBar

Pada ketika kita ingin mengetahui sebuah tingkat kesulitan pada suatu keyword, maka berarti kita harus mengetahui apakah blog yang ada di halaman satu search engine itu yaitu blog besar atau bukan. Untuk alasan itulah, kita membutuhkan tool ini. anda harus menginstall salah satu tool SEOQuake MozBar saja, jangan menginstal keduanya.

Saya sarankan anda menginstal tool yang berjulukan MozBar sebab setiap angka yang diperlihatkan lebih sedikit dari pada tool SEOQuake. MozBar hanya menampilkan angka yang penting saja. Makara pada intinya, apabila anda ingin tool yang simpel, maka pilih MozBar, dan apabila anda ingin tool yang sangat lengkap maka pilihlah tool SEOQuake.

Kedua tool tersebut yaitu tool yang gratis dan bisa kita manfaatkan untuk melaksanakan sebuah analisa tingkat persaingan sutau keyword. Setelah memasang atau menginstal, coba lakukanlah searching di Google dengan menggunakan keyword tertentu, maka anda akan melihat hasil menyerupai ini, untuk tool MozBar :


Dan ini hasil searching untuk tool SEOQuake :


Apabila belum melihat hasil searching menyerupai gambar, maka cobalah untuk restart browser yang anda gunakan, dan aktifkanlah extension yang gres anda install, atau anda juga bisa klik tombol yang bersangkutan di adegan kanan atas browser (Chrome) dan pilih setting, setelah itu klik pada adegan extention lalu centang pada extention untuk mengaktifkannya.

Pada hasil searching ada sangat banyak angka dan simbol. Terutama untuk hasil pencarian dengan menggunakan tool SEOQuake. Supaya anda tidak merasa kebingungan, akan saya jelaskan satu per satu semua angka dan simbol tersebut.


2.   Angka PageRank (PR) atau PA & DA


PageRank atau yang disingkat dengan PR merupakan sebuah angka dari 0 hingga 10 yang menandakan seberapa tinggi reputasi blog tersebut menurut algoritma yang telah dibuat secara resmi oleh Google. Dan simbol N/A menandakan bahwa blog tersebut belum mempunyai PageRank. Tapi sayangnya angka PR ini sekarang sudah tidak lagi diupdate.

Sedangkan PA atau Page Authority merupakan sebuah angka yang telah dibuat oleh Moz dari skala 0sampai 100 yang menandakan seberapa tinggi sebuah reputasi suatu halaman blog. Anka tersebut bukan angka resmi dari Google, akan tetapi algoritmanya dibuat supaya bisa mendekati algoritma google. Dan DA atau Domain Authority menyerupai dengan PA, akan tetapi untuk keseluruhan domain bukan per halaman yang ada pada suatu blog.

Jadi semakin tinggi nilai PR, PA, dan DA suatu blog, maka akan semakin sulit juga tingkat persaingannya. Namun sebaliknya, sebuah keyword yang menghasilkan sebuah blog dengan angka PR, PA, dan DA yang rendah, maka biasanya persaingannya akan sangat mudah. Yang saya maksud dengan persaingan yang mudah yaitu yang mempunyai nilai PA dan DA nya di bawah angka 25. Tapi itu saja belum cukup. Apabila anda belum paham ihwal nilai PR, PA dan nilai DA, Klik disini untuk pembahasan lebih lanjut.


3.   Jumlah & Kualitas Backlink


Kita sudah mengetahui bahwa backlink merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat mensugesti sebuah peringkat blog di mesin pencari. Backlink juga yang bisa mensugesti angka PA, DA, dan PR. Oleh sebab itu, semakin banyak backlink maka akan semakin sulit juga tingkat persaingannya.

Tapi pada kenyataannya, banyak juga blog yang menggunakan sebuah teknik black hat SEO sehingga jumlah backlinknya sangat banyak dan nilai PA atau DA-nya juga besar. Oleh sebab itu, klik pada angka tersebut untukdapay melihat backlinknya. Apabila jumlah backlinknya banyak tapi ternyata sebagian besar topiknya sama sekali tidak berafiliasi dengan halaman tersebut, maka bisa jadi halaman ini tergolong halaman yang melaksanakan teknik Black Hat SEO.


4.   Judul & Topik Konten

Relevansi itu yaitu yang nomor satu. Maksudnya yaitu tingkat kesesuaian antara apa yang dicari oleh user melalui keyword tersebut relevan dengan hasil yang ditampilkan oleh Google. Sebagai search engine, Google pasti ingin menampilkan sebuah hasil yang pas. Tapi ada juga sebuah keyword yang belum tersedia untuk sebuah konten yang relevan. Perhatikan gambar contoh berikut :


Keyword yang saya masukan untuk melaksanakan searching yaitu “saya ingin berguru cara untuk membaca matahari supaya saya bisa mengetahui jam berapa sekarang”. Tapi lihatlah hasilnya, hanya ada pengertian ihwal jam matahari, cara untuk membuat jam matahari, bahkan cara untuk menentukan arah. Tidak terlalu relevan dengan keyword yang saya masukan kan...?

Apabila kita bisa memanfaatkan kelemahan ini dan kita membuat sebuah konten yang sesuai dengan keyword tersebut, maka kita bisa mengalahkan semua blog besar dan bahkan blog kita akan bisa mengalahkan Wikipedia dalam hitungan beberapa hari saja.


5.   Lihat Kualitas Konten & Blognya

Sebenarnya, ini yaitu sebuah cara yang paling mudah dan cara yang paling akurat. Sama menyerupai cara pada poin ke 4 di atas, ini dapat kita lakukan tanpa menggunakan sebuah sumbangan dari tool apapun. Logikanya bahwa Google akan selalu berusaha untuk menampilkan sebuah blog dengan sebuah konten yang terbaik pada posisi teratas, sebab semua orang akan meraasa puas apabila diberikan sebuah konten yang terbaik.

Oleh sebab itulah, kunci utamanya yaitu sebuah kualitas. Untuk dapat mengetahui sebuah kualitas suatu blog dan kontennya, maka kunjungilah masing-masing halaman yang ada di halaman pertama search engine. Apabila kontennya ternyata tidak bagus, berarti akan menjadi mudah. Bahkan apabila nilai PA dan DA nya besar dan jumlah backlinknya banyak, tapi apabila kontennya jelek maka anda pasti akan bisa menjadi menduduki peringkat sati di search engine.

Jadi, ini tergantung pada anda sendiri. Apabila anda merasa bisa untuk membuat sebuah konten yang lebih indah dari pada konten yang sudah ada, maka berarti keyword ini yaitu keyword yang mudah. Tapi apabila anda tidak mampu, maka ini berarti susah. Baca disini untuk panduan membuat konten berkualitas dan konten yang viral dalam topik apapun


Analisa Banyak Keyword Sekaligus

Apabila anda mengikuti semua langkah-langkah dari artikel sebelumnya yang membahas ihwal panduan riset keyword, maka anda akan memiliki banyakketword dengan jumlah ratusan bahkan ribuan keyword. Karena itu, akan sangat merepotkan untuk meganalisa keyword tersebut satu per satu.

Karena itulah, anda harus mengggunakan sebuah tool yang berjulukan Term Explorer. Walaupun tool tersebut membirikan hasil yang tidak 100 % akurat, tapi tool yang berjulukan Term Explorer dapat kita manfaatkan sebagai sebuah teladan untuk memilih keyword-keyword yang terlalu sulit. Perhatikan gambar berikut :


Skalanya yaitu dari angka 1 hingga 10. Dengan satu kali klik saja kita sudah bisa menerima dua buah keyword dengan tingkat persaingan yang sangat mudah walaupun salah satu keyword tersebut yaitu keyword yang tidak layak. Selain bisa menganalisa tingkat persaingan, tool Term Explorer juga dapat dimanfaatkan untuk mencari sebuah keyword gres dan volume pencarian per bulannya sama menyerupai tool Google Keyword Planner.


Apabila anda ingin mencoba tool ini, silahkan anda mendaftar untuk menerima versi gratisnya untuk masa percobaan anda. Itulah semua tahapan yang dapat kita lakukan untuk menganalisa tingkat persaingan keyword. Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut ihwal Long Tail Keyword.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Tingkat Persaingan & Kesulitan Keyword dalam SEO"