Jenis Konten yang Membuat Blog Lebih Menarik
Sebuah konten memang selalu menjadi katalis yang mampu membuat semuanya menjadi nyata. Banyak para blogger yang risikonya menjadi buzzer alasannya ialah isi kontennya yang sangat konsisten dan juga tajam. Untuk anda para internet marketer yang bermain pada content marketing pasti sudah dapat memahami hal tersebut.
Akan tetapi untuk para internet marketer yang masih amatir, mereka mampu saja dengan mudah mematahkan sebuah aturan baku yang telah dibuat oleh Google ini. Selalu saja ada cara untuk mampu membuat konten kita menjadi sebuah konten yang unik dan terpercaya oleh Google.
Untuk anda yang gres ingin mencar ilmu untuk ngebog ataupun untuk anda para blogger yang sudah mempunyai pengalaman sudah tahunan, berikut ini ada beberapa hal yang harus selalu menjadi sebuah aturan di blog yang kita kelola. Ada empat tujuan dari setiap konten atau artikel yang kita posting, diantaranya yaitu :
· Untuk menarik para visitor baru
· Untuk membangun relationship dengan para pembaca
· Untuk mengedukasi para pembaca sesuai dengan pendekatan yang kita pakai di blog kita
· Menunjukan sebuah expertise dan leadership yang kita miliki sebagai blogger.
Keempat tujuan tersebut pasti tidak akan pernah mampu anda capai dengan sendirinya. Semuanya harus ada sebuah taktik yang diimplementasikan. Apabila dibahasakan dengan bahasa saya, semuanya harus “sistematis”, tidak akan mampu terjadi dengan sendirinya begitu saja.
Hal yang harus anda ketahui yaitu tidak ada konten yang dapat memuat semuanya. Oleh alasannya ialah itu kita harus bersabar dan terus konsisten dengan taktik apa yang telah kita terapkan. Konsistensi ini yang mampu membangun para pembaca yang setia. Apakah mereka menyukai gaya bahasa anda yang anda pakai untuk menulis artikel, atau yang lebih bagus lagi, mereka menyukai isi konten anda yang memang mampu menjawab pertanyaan yang ada di benak para pembaca.
Jadi, berikut ini ada beberapa taktik untuk mengisi konten di blog anda atau lebih tepatnya ada beberapa jenis konten yang harus anda ketahui sebagai blogger :
Evergreen Content
Konten jenis evergreen content ini selalu relevan dan selalu memiliki kegunaan di dalam kondisi menyerupai apapun, dimanapun dan kapanpun. Postingan yang sudah lama menyerupai pada tahun 2012 misalnya, ternyata postingan tersebut masih sangat relevan dengan semua kondisi pada tahun 2017. Evergreen content ini biasanya konten yang mampu menjawab sebuah pertanyaan umum para pembaca.
Untuk mempunyai jumlah traffic yang relevan, konten jenis evergreen konten yang anda miliki harus harus berjumlah cukup banyak. Minimal di dalam waktu satu tahun tahun anda harus mampu mengeluarkan sebanyak 12 konten jenis evergreen content ini. Secara teknis, apabila kita bertarung pada keyword evergreen konten ini memang cukup menantang.
Konten jenis ini bukan jenis konten yang memiliki keyword long tail. Walaupun konten menyerupai ini dicari oleh banyak pembaca, akan tetapi untuk mampu merebut posisi pertama di SERP Google bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk anda yang bermain dengan SEO, baik itu white SEO ataupun black SEO, kita masih dapat bergumul dengan backlinks.
Akan tetapi untuk para blogger tulen, sebuah konten yang berkualitaslah yang menjadi andalan. Karena hanya dengan sebuah konten yang berkualitas, semua goresan pena kita akan mampu menjadi sebuah rujukan yang pada risikonya akan menjadi backlinks juga. Di dalam dunia corporate blogging, isi dari sebuah konten evergreen dapat merupakan sebuah kompilasi dari special project yang pernah anda kerjakan sebelumnya, tentu saja dengan isi yang sangat mendalam.
Soul Content
Pada sebuah konten jenis ini dapat memunculkan karakteristik dari siapa penulis sebuah konten. Hal ini akan mampu membangun sebuah kekerabatan inter-personal yang semakin lama akan memunculkan kepercayaan antara penulis konten dengan pembaca. Pada konten ini yang akan mendorong setiap orang yang bertanggung jawab semoga setiap kata yang ada menjadi autentik.
Di dalam konten kenis ini tersembunyi sebuah kekuatan personal branding. Untuk menulis sebuah konten jenis soul content ini tidaklah terlalu susah. Ikuti saja value dan apa kata hati, maka anda akan mampu menerima sebuah konten yang cukup hebat untuk mengisi blog anda. Pada corporate blog, dalam menciptakan soul content ini maka berarti mengembalikan apa yang sudah seharusnya, yaitu nilai atau value perusahaan itu sendiri.
Contohnya menyerupai sebuah perusahaan advertising, daripada mencari-cari sebuah konten teknikal yang sangat membosankan, akan menjadi lebih baik apabila menjaring para pengunjung dengan sebuah penjelasan proses kreatif yang terjadi pada setiap projek yang ada.
Breakfast Content
Breakfast merupakan dikala dimana kita ingin memakan makanan yang sangat kita inginkan, dan makanan yang belum terkontaminasi oleh apapun. Begitu juga dengan breakfast content, pada dikala kita sedang menceritakan apa yang sedang terjadi dengan menggunakan gaya bahasa yang kita tahu. Konten menyerupai ini dapat memunculkan sisi insan dari si penulis.
Walaupun sebuah corporate blog, jenis konten menyerupai ini tetap akan mampu menyita pandangan mata para pembaca alasannya ialah kejujuran dan keindahannya di dalam bertutur kata. Breakfast content ini menyentuh banyak sisi sosial dan juga budaya. Harus anda ketahui bahwa sudut pandang yang berbeda merupakan sebuah keunikan tersendiri.
Breakfast content ini yang akan mampu membedakan apakah sebuah artikel ditulis dengan semangat atau hanya sekedar mengisi sebuah blog saja. Breakfast content ini bukan sebuah artikel yang dapat ditulis oleh eorang penulis konten lepas. Akan tetapi oleh seseorang yang benar-benar mampu memahami apa yang sedang ditulisnya.
Post it Content
Selain ketiga jenis konten diatas, blog kita juga membutuhkan sebuah konten yang berjenis Post it. Sebuah artikel pendek, ringan dan juga straight to the point. Karena sifatnya yang ringan, jenis konten menyerupai ini mampu mengisi 60 % hingga 70 % konten pada blog kita. Biasanya konten jenis ini bernuansa isu yang up to date.
Memang sebuah konten jenis ini tidak akan mampu membuat blog anda menjadi jauh lebih unik, akan tetapi konten menyerupai ini mampu menambah index di Google. Harus anda ketahui bahwa semakin banyak jumlah konten blog anda yang terindex oleh Googlebot, maka berarti akan semakin besar juga kemungkinannya kita akan mampu menerima jumlah traffic yang besar.
Post a Comment for "Jenis Konten yang Membuat Blog Lebih Menarik"