Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Backlink yaitu sebuah link yang mengarah ke website kita dari website lain. Entah itu menuju homepage atau halaman artikel. Backlink mampu didapatkan dengan teknik link building.

Tujuan utama dari backlink yaitu untuk mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Jika sudah mendapatkan ranking secara otomatis web kita akan mendapatkan banyak pengunjung.

Selain tujuan diatas, ada beberapa manfaat dari backlink seperti:

  • Memberikan pondasi yang kuat
  • Meningkatkan posisi SERP
  • Membangun otoritas web
  • Meningkatkan trafik
  • Lalu lintas referral
  • Mempertahankan ranking
  • Pengakuan brand situs

Dalam praktisi SEO backlink banyak diburu demi mendapatkan ranking, ini alasannya yaitu backlink memiliki peran besar dalam menentukan ranking. Namun tidak semua jenis backlink dapat menyampaikan dampak baik untuk sebuah website, akan tetapi tergantung bagaimana backlink itu dibangun dan berasal dari web apa backlink tersebut.

Dan sebaliknya kalau backlink dibuat dengan teknik yang tidak sesuai dengan kebijakan Google (blackhat) akan berdampak kurang baik pada website menyerupai terkena penalty, deindex atau sandbox. Namun Google lebih menyarankan untuk menggunakan teknik whitehat yaitu teknik yang sesuai dengan kebijakan dari Google, walaupun pada prakteknya teknik ini lebih sulit dibanding teknik blackhat.

Menggunakan software otomatis dengan jumlah backlink terlalu banyak merupakan teknik spamming yang akan mudah terdeteksi oleh algoritma Google.

Makara dalam membangun link (link building) dibutuhkan sebuah teknik dan seni administrasi untuk menghasilkan jenis backlink yang aman dan berkualitas serta membawa manfaat bagi website kita.

Sebelum berburu backlink alangkah baiknya Anda mengetahui kriteria sebuah backlink yang berkualitas semoga nantinya lebih mudah untuk bersaing di SERP daripada menggunakan backlink yang dibuat asal tanpa memperhatikan kualitasnya.

Relevan - Backlink yang berasal dari situs dengan topik (niche) yang relevan dan berkualitas akan terlihat lebih natural bagi mesin pencari.

Contextual links - Penempatan backlink pada postingan artikel dikenal dengan istilah contextual links. Ini yaitu jenis backlink yang berkualitas dan sangat disukai oleh mesin telusur. Karena link yang berada di area artikel biasanya relevan atau berkaitan dengan isi artikelnya.

High PR (PA DA) - Backlink yang bersumber dari website dengan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang tinggi. Semakin tinggi nilai Page Rank (PR) maka akan semakin tinggi Authority nya. Namun PR sudah tidak di update lagi, sehingga penilaian authoritynya menggunakan DA/PA.

Umur Domain - Domain yang sudah berumur biasanya indeknya lebih cepat dan authoritynya tinggi sehingga mudah dikenali mesin pencari. Menggunakan backlink dari domain yang berumur akan lebih berkualitas, aman dan stabil dibandingkan dengan website yang gres berkembang.

Low Outbond Link - yaitu situs dengan artikel yang jumlah link keluarnya rendah. Backlink yang didapat dari situs semacam ini akan lebih banyak menyampaikan point yang besar dibandingkan dengan High outbond links yang pointnya sudah tentu terbagi-bagi untuk website yang lain atau istilahnya linkjuice.

Different IP
- Kriteria backlink selanjutnya yaitu backlink yang bersumber dari blog dengan IP dan hosting yang berbeda-beda. Ini akan terlihat lebih natural bila dibandingkan backlink yang berasal dari IP dan hosting yang sama walapun nama domain itu berbeda-beda.

Dofollow - Backlink dofollow menyampaikan nilai pada web yang dirujuknya atau mampu dikatakan sebagai voting alasannya yaitu atribut dofollow nantinya dirayapi oleh googlebot. Sedangkan backlink attribut nofollow tidak menyampaikan nilai atau hanya sedikit pengaruhnya. Walapun demikian, backlink nofollow tetap dibutuhkan sebagai balance agar terlihat natural dimata search engine. Karena kalau kita menggunakan backlink hanya dengan atribut dofollow saja, hal ini tentu dinilai kurang natural (dianggap spam). Untuk perbandingannya antara 4:1. Makara intinya atribut dofollow harus lebih banyak dibandingkan nofollow.

One way links - Sebuah link dalam sebuah web yang hanya mengarah ke web Anda, namun web Anda tidak menyampaikan link terhadapa web tersebut. Backlink satu arah semacam ini akan lebih natural dan dinilai lebih berkualitas dibanding dengan backlink 2 arah.

High trafik - Link yang berada pada web dengan trafik tinggi akan lebih berkualitas cantik dan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan kunjungan atau klik dibandingkan web dengan trafik yang rendah.

Setelah mengetahui kriteria backlink yang berkualitas, langkah selanjutnya yaitu bagaimana membangun backlink semoga tertanam pada website lain yang berbeda.

1. Konten Berkualitas

Konten berkualitas merupakan modal utama untuk mampu mendapatkan jenis backlink yang natural dan berkualitas. Kemudian jadikan konten tersebut popular atau viral dengan cara promosi ke media umum atau lainya. Karena artikel yang sudah populer biasanya banyak dishare oleh pengguna atau dijadikan sebagai rujukan sehingga ada kemungkinan mereka menautkan link pada artikel mereka.

Bakclink semacam ini lebih disukai oleh Google, alasannya yaitu link yang dibangun pada artikel (contextual links) akan lebih natural dan relevan. Bahkan dengan 1 backlink saja dapat menyampaikan efek yang signifikan pada peringkat. Teknik ini membutuhkan waktu lebih lama atau juga tidak mampu diprediksikan.

Makara backlink yang natural dan berkualitas dibangun berdasarkan atas kemauan sendiri dari pengguna atau secara sukarela tanpa ada usul atau apapun dari pemilik artikel tersebut.

2. Guest Blog

Teknik yang kedua ini hampir sama dengan yang pertama yaitu mepersiapkan konten berkualitas. Jika berhasil teknik ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Yaitu mendapatkan trafik dan rank di hasil pencarian.

Ada beberapa kriteria web yang cantik untuk dijadikan sebagai guset blog:

  • Topik/niche yang relevan
  • Umur blog lebih dari 1 tahun
  • Memiliki trafik yang tinggi
  • Desainnya bagus
  • Pembacanya antusias (banyak komentar)

Hindari juga guest blog pada website yang hanya melayani guest blog (penjual guest blog), alasannya yaitu teknik ini dianggap kurang sehat dan kemungkinan berdampak buruk terhadap web kita.

Jika kita telah menemukan web yang sempurna langkah pertama yaitu menghubungi pemilik web tersebut via contact atau email untuk meminta izin menerbitkan artikel di websitenya yang didalamnya tertanam backlink.

Memang tidak semua website dapat mendapatkan guest blog, untuk itu kita harus menghubungi lebih dari satu web hingga menemukan web yang mendapatkan sebagai guest blog. Sekali lagi tawarkan artikel yang relevan dan berkualitas dengan web yang akan dijadikan sebagai guest blog.

Untuk mempermudah pencarian situs penyedia guest blog, Anda mampu menggunakan Twitter/Google dengan cara memasukan kata kunci menyerupai (tanpa tanda kutip):

"niche blog" + guest blog
"SEO" + guest article
"blogger tamu" guest post
"topik" guest post

Sebagai contoh: "Desain web guest blog".

3. Meminta Website Lain

Meminta backlink eksklusif pada pemilik website lain merupakan langkah yang tingkat keberhasilanya rendah. Namun bila berhasil backlink yang dihasilkan sangat luar biasa pengaruhnya terutama pada rank dan trafik. Karena backlink yang ditanamkan teknik ini mampu dibilang natural.

Teknik ini juga butuh ekstra kerja keras untuk mampu mendapatkan website target yang sempurna dan mau/sukarela menyampaikan backlink pada kita. Maka dari itu disini kita dituntut untuk mampu menjalin kekerabatan baik dengan website lain dengan topik yang sama atau masih berkaitan. Caranya:

  1. Berikan komentar yang bermutu pada artikel mereka, share, memasang link yang merujuk ke konten mereka dan berkomunikasi membangun pertemanan.

Seiring waktu yang berjalan, kalau Anda sering membantu/berbuat baik, tidak menutup kemungkinan mereka akan dengan senang hati menyampaikan backlink untuk website Anda. Karena teknik ini menguntukan kedua belah pihak.

4. Melihat Backlink Kompetitor

Untuk dapat menggunakan teknik ini, dibutuhkan tool untuk melihat backlink yang digunakan pada suatu web atau halaman artikel. Seperti Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass.

Dengan tool diatas kita mampu mengetahui jenis dan jumlah backlink yang digunakan oleh website tersebut. Kita mampu menguji website yang sudah terkenal atau web yang masuk ranking pertama. Dari situ kita mampu berguru sumber backlink dari mana yang berkualitas dan tidak berkualitas atau kurang aman.

Saya berharap melalui langkah ke tiga ini, kita dapat mengetahui asal backlink yang digunakan web kompetitor. Apakah mereka mendapatkan backlink secara natural, tread forum, media sosial, website besar atau dari Private Blog Network (PBN) yang sengaja dibangun oleh mereka.

Semua itu mampu dijadikan sebagai anutan untuk membangun link pada website Anda, Karena seorang master tidak akan pernah menyampaikan teknik SEO sepenuhnya bagi para pengunjungnya.

5. Broken Link

Broken link yaitu link yang sudah tidak berfungsi atau mati, mampu alasannya yaitu domain kadaluarsa, artikel dihapus, salah tulis dan lainya.

Untuk itu kita harus mencari broken link pada website lain, kemudian menunjukkan tunjangan untuk mengganti dengan link dari website kita.

Jika broken link tersebut berisi sebuah artikel, maka peran kita yaitu membuat artikel dengan topik yang sama dengan isi broken link tadi, dengan kualitas yang lebih cantik dari artikel aslinya.

Kemudian hubungi pemilik website tersebut dan beritahukan bahwa ada broken link di halaman tersebut lalu tawarkan artikel Anda sebagai gantinya.

6. Tread Forum

Biasanya pada forum terkenal sudah mengizinkan untuk membuat tread yang tertanam backlink terutama buat para membernya. Yang perlu diperhatikan yaitu kualitas tread tadi dan halaman yang dirujuk sebagai backlink harus benar-benar dijaga kualitasnya semoga kesudahannya mampu maksimal.

Untuk mampu menjadi member, silahkan Anda buat akun pada salah satu forum yang terkenal seperti Kaskus.com, Detik.com atau Bersosial.com.

Jika Anda sudah memiliki akun sosial, sebaiknya jangan eksklusif memasang link, tunggu beberapa hari hingga mereka para member banyak yang mengenal Anda. Misalnya dengan cara sering menjawab pertanyaan dalam diskusi. Sehingga ketika kita membuat tread mereka akan ada timbal balik atau respon untuk tread kita.


7. Private Blog Network (PBN)

Private Blog Networks yaitu kumpulan blog yang dengan sengaja dibuat dari expired domain dengan niche tertentu untuk kepentingan backlink dan SEO. Makara kita sengaja memiliki blog lebih dari satu, entah itu buat sendiri atau membeli kemudian kita pelihara dengan baik dan nantinya digunakan untuk membangun backlink yang menuju halaman blog utama Anda.

Teknik PBN dilarang oleh Google, namun tidak jarang yang masih menggunakanya. Karena teknik ini efeknya sangat signifikan bila berhasil diterapkan. Namun untuk melaksanakan teknik PBN membutuhkan kerja keras dan bahkan biaya yang tidak sedikit.

Kelebihan teknik private blog network yaitu cara yang mudah dan dapat mengontrol atau mengatur jenis backlink mana yang membawa dampak baik untuk web utama kita.

Jika Anda kurang memahami teknik private blog network, sebaiknya jangan lakukan teknik ini dulu alasannya yaitu tanpa keahlian yang profesional, teknik PBN sangat rentan untuk terkena dampak negatif dari algoritma Google.

8. Social Bookmarking

Sosial bookmarking yaitu salah satu media untuk sharing artikel (conten sharing platform) yang banyak digunakan oleh website, terutama website yang masih gres atau dalam perkembangan.

Keuntungan teknik ini yaitu mendapatkan trafik dan backlink walaupun atributnya nofollow, namun tetap membawa manfaat yang positif.

Anda mampu mencoba menggunakan sosial boomarking menyerupai Medium, SlideShare, Reddit atau Youtube.

9. Profil Google Plus

Guanakan profil Google+ untuk menambahkan link website Anda pada bab "About". Jika akun Google+ Anda memiliki banyak sahabat akan kemungkinan banyak mendapatkan direct link ke website Anda. Google Plus sangat membantu mendapatkan backlink berkualitas alasannya yaitu bersifat dofollow.

10. Media Sosial

Media sosial menyerupai Google+, Twitter dan lainya merupakan sumber untuk mendapatkan trafik dan backlink, walaupun atributnya bersifat nofollow. Namun Google akan tetap memperhitungkanya biarpun hanya sedikit point.

Selain mendatangkan backlink, media umum juga menyampaikan visitor dari para sahabat atau follower di media umum tersebut. Maka dari itu sangat disarankan untuk kita memiliki akun pada media umum atau fanspage untuk membangun jaringan trafik maupun link.

11. Komentar Disqus

Disqus merupakan layanan komentar untuk web yang memiliki banyak fasilitas, diantaranya yaitu komunitas diskusi yang dapat dijadikan sumber trafik dan backlink untuk membangun website. Selain itu disqus menyediakan channel-channel aneka macam topik yang dapat diikuti sesuai kebutuhan website Anda. Sehingga melalui disqus kita dapat berguru banyak dan atau membuatkan konten yang bermanfaat kepada orang lain.

12. Jasa SEO

Jika website Anda yaitu jenis produk barang,ecommerce atau startup akan lebih cocok untuk menggunakan jasa SEO dalam meningkatkan secara optimal halaman dan teknik marketingnya. Jasa SEO disini bukan jasa untuk membeli backlink, namun upaya untuk meningkatkan secara optimal pemasaran web tersebut sehingga siap mendapatkan backlink atau secara otomatis akan mendatangkan jenis backlink yang natural.

Bila website Anda yaitu sebuah blog perihal artikel, saya tidak menyarankan untuk menggunakan jasa SEO, kecuali website tersebut benar-benar sanggup mendapatkan amanah dan memiliki reputasi yang baik.

Kesimpulan

Membangun backlink bukanlah hal yang mudah, namun butuh kerja keras dan proses untuk mencicipi hasilnya. Namun dengan beberapa kriteria & sumber backlink diatas semoga dapat membantu untuk membangun backlink yang natural dan berkualitas serta dapat lebih mudah mengalahkan pesaing di hasil pencarian.

Itulah beberapa langkah untuk mendapatkan backlink gratis yang berkualitas dengan cara link building, semoga mampu membantu para sobat blogger.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi"