Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Lenkap Meningkatkan Penjualan Melalui Website



Ada banyak cara untuk dapat mengoptimalkan website anda sebagai salah satu media untuk mampu mendapatkan lebih banyak pelanggan. Situs besar menyerupai Amazon dan Google merupakan bukti bagaimana mencapai konversi atau mengubah pengunjung website mereka menjadi pelanggan. Lalu, kenapa kita tidak berguru dari mereka...?


Oleh alasannya itu, disini kita akan bahas petunjuk mengenai bagaimana cara meningkatkan konversi website anda dengan menggunakan tools Google Adwords untuk menarik lebih banyak pengunjung ke website yang anda kelola. Anda mampu memulai dari mengukur berapa jumlah klik dan mencari jejak dari mana para pengunjung website anda datang.

Untuk dapat melaksanakan analisis ini, kita mampu memanfaatkan tool gratis yang berjulukan Google Analytics. Dengan menggunakan data dari Google Analitic, maka anda mampu mengetahui bab website mana yang sangat kurang diminati oleh pelanggan dan bab mana saja yang membuat pelanggan anda meninggalkan website anda.

Pada dasarnya, hal yang harus Anda lakukan yaitu anda harus mampu meningkatkan kualitas konten pada website anda. Oleh alasannya itu, artikel ini akan banyak menyinggung mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas website anda dan bagaimana caranya untuk menggunakan elemen-elemen desain di dalamnya.

Apabila anda tidak yakin elemen apa yang paling berhasil digunakan di website anda, semua elemen dan konten anda mampu dites dengan menggunakan tool Google Website Optimizer. Selain itu, dengan menggunakan Google Adwords, anda juga akan membantu para pengguna internet untuk dapat menemukan website anda.

Berdasarkan pada hasil Google Analytics untuk dapat mengoptimasi website, anda juga mampu menentukan sebuah konten dan gambar mana yang mampu membantu meningkatkan konversi. Dengan menggunakan tes Google Website Optimizer akan sangat membantu anda untuk menentukan hal terbaik apa yang dapat anda lakukan untuk mampu membuat website anda menjadi sukses.

Selain itu anda juga harus menggunakan teknik Email Marketing untuk mampu mengingatkan kembali semua para pelanggan website anda yang bertujuan untuk membangun sebuah kekerabatan dan untuk membuat mereka kembali melaksanakan transaksi di website anda dan anda pun akan menjadi internet marketers yang sukses.


Konversi


Istilah konversi pada dunia online marketing, terutama dalam periklanan online, istilah konversi ini mampu berarti sebuah kegiatan yang membuat para pengunjung website anda berlangganan newsletter, mengisi formulir kontak, mengisi pertanyaan survei yang anda ajukan, atau membeli produk yang anda tawarkan.

Selain itu, konversi juga mampu diartikan sebagai kegiatan transaksi melalui website anda. Anda mampu mengukur jumlah konversi pada website anda dengan menggunakan sistem periklanan yang berjulukan Google Adwords.

Apa yang dimaksud dengan Google Adwords...?

Google Adwords merupakan salah satu sistem periklanan yang memudahkan para pengguna internet untuk dapat menemukan website anda di mesin pencarian atau search engine Google.

Kenapa hal ini sangat penting...?

Karena sebanyak 80% calon pelanggan anda mencari sebuah informasi di sana dan apabila website anda berada pada peringkat atas, maka akan website anda akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan oleh para pelanggan.

Bagaimana cara kerja Google Adwords...?

1.   Kata Kunci

Google akan melaksanakan analisa pada website anda berdasarkan pada keyword yang sudah anda pilih untuk menarik para pelanggan potensial.

2.   Kampanye Iklan

Google Adwords akan membuat satu kampanye iklan dengan menggunakan keyword yang sudah anda pilih.

3.   Iklan Anda Muncul

Pada ketika para pelanggan potesial anda memasukkan salah satu kata kunci, maka iklan anda akan muncul.

4.   Klik Iklan

Para ketika para pengguna internet melaksanakan klik pada iklan AdWords anda, maka mereka akan eksklusif dihubungkan ke website anda atau dihubungkan ke halaman di mana anda meletakkan penawaran anda.

5.   Perhatikan Jumlah Klik

Selama masa kampanye iklan, anda dapat mengamati statistik AdWords anda menyerupai jumlah klik, CTR, rata-rata CTR, konversi, dan hal yang lainnya.

6.   Lakukan Evaluasi

Berdasarkan pada hasil kampanye yang terlihat dalam sebuah data statistik, anda dapat melaksanakan modifikasi untuk mampu membuat iklan anda menjadi lebih efektif dan untuk mampu menghasilkan konversi yang lebih tinggi lagi.

Kenapa Saya Harus Menggunakan Google Adwords...?

Tanpa menggunakan Google Adwords untuk membantu iklan anda, maka akan terasa sulit bagi anda untuk mampu mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak ke website anda. Apabila website anda tidak mampu mendatangkan jumlah pengunjung yang banyak, maka anda tidak akan mendapatkan banyak jumlah konversi yang akan terjadi pada website anda.

Apabila website anda tidak mampu menghasilkan jumlah konversi  yang baik, maka website anda mempunyai tingkat efektivitas yang rendah, dan anda pun harus melaksanakan evaluasi alasannya sebetulnya jumlah pengguna internet yang mengunjungi website anda dan kemudian merasa tertarik untuk menjadi konsumen anda merupakan kunci kesuksesan dari bisnis online yang sedang anda jalani.


Konversi & Periklanan Google


Karena konversi merupakan hal yang sangat penting yang ingin dicapai dalam sistem periklanan Google, maka anda harus mempersiapkan sebuah formulir kontak, halaman terima kasih atau thank you page, dan aba-aba koversi.

Harus anda ketahui bahwa periklanan Google Adwords sudah menunjukkan sebuah kesempatan yang cukup baik untuk meningkatkan kesempatan perusahaan anda untuk mampu memperluas usaha dan kesempatan untuk mengundang lebih banyak ke website anda.

Konten website anda dan desainnya merupakan sebuah kunci utama untuk mampu membuat para pengunjung website melaksanakan sebuah transaksi.

Oleh alasannya itulah, anda harus memperhatikan warna, navigasi, callto action yang jelas, yang akan membuat para pengunjung untuk mengisi inquiry atau formulir penawaran ataupun untuk berlangganan newsletter, dan lainnya.

Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan aba-aba konversi...?

Kode konversi merupakan sebuah aba-aba yang diletakkan pada elemen di mana sebuah konversi terjadi, contohnya menyerupai pada thank you page, atau pada formulir lainnya.

Kode konversi ini berfungsi untuk menghitung jumlah pengunjung yang sudah datang melalui klik iklan dari Google Adwords yang pada kesudahannya mereka mengisi formulir atau melaksanakan transaksi di website anda.

Apa yang dimaksud dengan conversion rate...?

Selama periode kampanye iklan sedang berjalan, Google Adwords akan mengukur semua konversi anda yang disebut sebagai conversion rate yang membuktikan kekerabatan antara jumlah konversi dengan jumlah total para pengunjung website anda.

Covertion Rate tersebut dapat dilihat dalam bentuk sebuah persentase yang dihitung dengan menggunakan rumus menyerupai berikut ini :


Semakin tinggi jumlah persentase conversion rate, maka akan semakin tinggi pula tingkat kesuksesan kampanye iklan anda. Walaupun jumlah conversion yang telah terekam oleh Google tidak sepenuhnya tepat.

Tapi angka tersebut mampu anda jadikan sebagai pola untuk dapat mengevaluasi kampanye iklan yang sedang anda jalankan.

Contohnya menyerupai berikut ini :

Ada seseorang yang melaksanakan klik pada iklan Google Adwords anda, lalu beliau mengunjungi website anda, akan tetapi alasannya ada sesuatu hal, beliau meninggalkan website anda. Tapi pada suatu ketika beliau kembali lagi ke website anda tanpa melalui klik pada iklan Adwords dan kemudian beliau melaksanakan sebuah transaksi.

Statistik konversi menyerupai ini tidak akan tercatat sebagai salah satu faktor dalam conversion rate anda.

Pastikanlah anda menyediakan produk atau layanan yang sedang dicari oleh para pengunjung website anda. Banyak para pengunjung website yang akan meninggalkan website anda tanpa melaksanakan sebuah transaksi atau kontak hanya alasannya anda tidak menyediakan sebuah produk atau layanan yang sedang mereka cari.

Untuk dapat mengatasi hal menyerupai ini, pilihlah kata kunci atau keyword yang tepat, sehingga para pengunjung website yang sudah terarah ke website anda benar-benar sedang mencari produk atau layanan yang sedang anda tawarkan.

Apabila anda menggunakan teknik meningkatkan secara optimal SEO, maka sesuaikanlah konten pada website anda supaya mampu membantu lebih banyak orang untuk dapat menemukan website anda dengan keyword yang tepat.

Setelah itu, jangan lupa untuk melaksanakan tes iklan dan juga keyword anda. Google Adwords memperbolehkan anda untuk mampu membuat beberapa variasi iklan, keyword, dan landing page.

Dengan demikian, anda anda dapat melaksanakan tes untuk mampu mengetahui mana yang menyampaikan anda tingkat konversi yang lebih banyak, dan untuk mengetahui mana yang mampu mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.


Pengukuran Kinerja Website Menggunakan Google Analytics


Google Analytics merupakan sebuah perangkat yang yang memungkinkan anda untuk mengukur trafik kunjungan ke website anda dengan menggunakan Google Analytic Code. Perangkat ini akan sangat memudahkan anda untuk mampu mendapatkan sebuah informasi mengenai para pengunjung website anda menyerupai berikut ini :

1.   Mengetahui jumlah pengunjung yang datang
2.   Durasi pengunjung berada di website anda
3.   Pada bab mana yang membuat para pengunjung meninggalkan website anda
4.   Data-data lain yang dapat anda gunakan untuk keperluan anda

Apabila anda ingin Google Analytics mengukur target konversi anda, maka anda harus membuat beberapa tujuan atau goal. Sebelum anda menentukan goal, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

Berikan nama yang spesifik pada daerah yang anda tujukan khusus untuk para pengunjung website anda pada satu kolom. Nama yang mampu anda gunakan contohnya menyerupai daftarkan email, berlangganan newsletter, atau unduh e-book.

Di dalam beberapa kasus, daftar ini mampu sebanyak 10 halaman, walaupun sebetulnya tergantung pada keadaan masing-masing. Sedangkan hal yang harus anda lakukan hanyalah membuat sebuah daftar tujuan yang ingin anda jadikan sebagai sasaran untuk para pengunjung website anda.

Dengan demikian, Google Analytics dapat menghitung keuntungan dari semua investasi anda, membuat sebuah estimasi, dan pengukuran lainnya dengan cara menggunakan jumlah atau nilai target.

Sehingga anda dapat menghitung seberapa banyak para pengunjung website yang datang sesuai dengan tujuan anda.

Contohnya, apabila transaksi yang terjadi dari “berlangganan newsletter” hanya 1% saja dari target anda, katakanlah target penjualan anda yaitu sebesar $ 500, maka pencapaian newsletter tersebut dapat dihitung $ 5 saja.

Tentukan apa target anda, pada ketika anda sudah menentukan target anda, maka anda harus melaksanakan hal berikut ini :

1.   Log in pada akun Google Analytics

2.   setelah itu tuliskanlah target anda pada kolom “Action” setelah itu klik “Edit”

3.   Pada kolom “Target”, pilihlah empat set di mana anda mampu menuliskan semua target anda (satu set maksimal 5 target) kemudian klik “Add Target”. Apabila anda menggunakan empat set tersebut, maka anda dapat menuliskan maksimum 20 target.

4.   Masukanlah nama tujuan supaya anda mampu melihat semua laporannya dengan cepat

5.   Pilih ON atau OFF. Apabila anda memilih ON, maka Google Analytics akan mengikuti semua target konversi. Apabila anda memilih OFF, maka anda telah menonaktifkan target, akan tetapi anda tidak menghapusnya.

6.   Pilih posisi target. Pada bab drop-down menu, anda mampu memilih daftar target untuk dapat melaksanakan pengaturan pada semua target yang anda inginkan untuk ditampikan dalam kolom “Target” pada laporan. Selain itu anda juga mampu memindahkan target dari satu set ke set yang lain.

7.   Pilihlah satu di antara tiga jenis target, mampu dalam bentuk sebuah URL tujuan, Waktu Kunjungan, ataupun Halaman yang dikunjungi.

8.   Pada ketika anda memilih tombol untuk menentukan jenis target, maka akan tampil Detail Target. Kemudian anda mampu memasukkan informasi mengenai tujuan. Anda mampu memilih target URL tujuan.

9.   Klik pada bab “Yes, create a funnel for this goal”

10.               Masukanlah URL landing page yang mengarah pada konversi. Ingatlah bahwa landing page ini harus sesuai dengan target anda.

Contohnya apabila target anda yaitu mengetahui berapa orang yang sudah melaksanakan pembelian, maka jangan arahkan tujuan pada sebuah halaman keterangan produk.

11.               Pada langkah ini, masukanlah sebuah “nama”

12.               apabila anda memilih langkah “Required step” maka para pengunjung website yang mengunjungi website anda tanpa mengikuti urutan yang sudah anda tentukan tidak akan dimasukkan kedalam perhitungan konversi.

13.               Setelah itu lakukan pembuatan daftar target anda dengan cara menggunakan variasi urutan. Anda mampu memasukan 10 variasi urutan dan minimal satu urutan.

14.               Kemudian klik “Save Changes” untuk membuat sebuah tujuan dan urutan ini, atau klik pada bab “Cancel” untuk keluar tanpa menyimpan data yang sudah anda buat.

Gunakanlah pengukuran statistik dari Google Analytics untuk mampu menentukan bab mana dari website anda yang terbilang lemah dan bab mana yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung website anda.

Dari data ini anda mampu membuat sebuah daftar evaluasi mengenai :

1.   Iklan
2.   Kekuatan penjualan
3.   Landing Page
4.   Halaman yang memunculkan gambar produk
5.   Halaman detail produk
6.   Halaman Shopping Cart atau Keranjang Belanja
7.   Staf call center
8.   Kapan dan Bagaimana proses penjualan terjadi

Apabila anda sudah menggunakan teknik terbaik dalam penjualan, melaksanakan tes pada website anda, maka anda sudah membuat bisnis anda lebih unggul dalam kompetisi yang menjadi jalan untuk mampu mendapatkan para konsumen dan meningkatkan kesuksesan anda.


Konten Website


Banyak webmaster yang mengatakn bahwa konten yaitu raja di blog anda. Hal tersebut memang benar adanya, alasannya tanpa konten yang berkualitas, website anda hanya akan menjadi sebuah website yang kosong, kering dan tandus tanpa anda air hujan yang menyuburkannya.

Judul merupakan elemen yang sangat penting untuk dapat meningkatkan konversi. Apabila para pengunjung website tidak menyukai judul pada konten anda, maka mampu dipastikan mereka tidak akan membacanya.

Berikut ini saya berikan beberapa teknik yang sangat sederhana tetapi sangat efektif untuk menarik para pengunjung website supaya mereka membaca konten anda.

·        Buatlah sebuah kalimat yang menjelaskan keuntungan yang akan didapatkan oleh para pengunjung dan bukan menitikberatkan pada keunggulan produk atau layanan anda saja

·        Informasikanlah kepada para pengunjung bahwa mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan sangat mudah

·        Pastikanlah informasi yang anda berikan tersebut berdasarkan bukti yang nyata

·        Gunakanlah informasi yang sangat spesifik

Harus anda ketahui bahwa apa yang anda tulis jauh lebih penting daripada apa yang anda sampaikan. Peningkatan konversi akan sangat terasa pada ketika anda mengubah judulnya, walaupun tanpa mengubah konten ataupun pernak-pernik yang ada di dalam sebuah konten.

Buatlah sebuah tes dengan menggunakan dua judul yang berbeda dan amati respon dari para pengunjung website anda, setelah itu tentukanlah mana yang mampu lebih banyak menambah konversi.

1.   Jaminan Untuk Pelanggan

Berikan sebuah jaminan untuk para pelanggan anda supaya anda mampu meraih kepercayaan dari mereka. Akan tetapi anda harus memastikan bahwa apa yang anda janjikan benar-benar mampu anda berikan.

Untuk mampu membuat orang lain percaya kepada anda, maka hal yang harus anda lakukan yaitu anda harus percaya pada diri anda sendiri. Tingkatkanlah kredibilitas anda dan jagalah kepercayaan dari para pelanggan anda dengan sebuah menjanjikan jaminan atas produk atau layanan anda.

2.   Tonjolkan Keunggulan Produk / Layanan Anda

Anda tidak tahu bagaimana caranya untuk menonjolkan keunggulan dari produk atau layanan anda...?

Lakukan latihan berikut ini

Bayangkanlah apabila anda yaitu seorang calon pelanggan dan gres saja membuka email atau newsletter dari anda kemudian bertanya, “kenapa saya harus tertarik dengan produk atau layanan ini...?”

Jawaban dari pertanyaan menyerupai ini akan berisi mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh produk anda. Jangan merasa ragu untuk menuliskan keunggulan tersebut di website anda.

3.   Ulasan dari Pelanggan

Tambahkan sebuah ulasan dari para pelanggan anda yang merasa puas dengan produk atau layanan yang anda tawarkan. Secara umum, testimonial berupa video akan lebih mampu membawa sebuah pengaruh daripada gambar dan teks.

Sebuah pernyataan yang dibuat dengan menampilkan sebuah nama dari pemberi ulasan juga akan menjadi lebih member pengaruh daripada sebuah pernyataan dari pelanggan tanpa menyampaikan nama.

Dengan menampilkan sebuah ulasan dari pelanggan anda akan meningkatkan kredibilitas usaha anda di mata para calon konsumen.

Anda tidak tahu caranya untuk mendapatkan ulasan dari para pelanggan yang puas...?

Jagalah komunikasi anda dengan para pelanggan anda secara reguler, tanyakanlah apa pendapat mereka mengenai produk atau layanan yang anda tawarkan. Buatlah sebuah video testimoni mereka untuk kebutuhan marketing anda.

4.   Tautan yang Menarik

Pada dasarnya, para pengunjung website lebih menyukai mengklik sebuah tautan untuk mampu mendapatkan sebuah informasi lebih lanjut. Oleh alasannya itu sediakanlah tautan tersebut.

Berikan tautan-tautan ke halaman penting di website anda dan pastikan juga tautan tersebut terlihat dengan terperinci sehingga para pengunjung website anda akan mengerti bahwa itu yaitu sebuah tautan yang menuju ke informasi yang lebih spesifik.

5.   Pernyataan Media

Tambahkan sebuah pernyataan dari media ke website anda. “Anda tidak mempunyai pernyataan pers mengenai produk atau layanan anda...?” Tawarkanlah sebuah produk atau layanan gratis kepada media dan setelah itu mintalah kepada mereka untuk menyampaikan sebuah opini mereka mengenai produk anda di media.

Gunakan opini ini untuk membangun sebuah kepercayaan dari para calon pelanggan anda. Untuk mudahkan media meliput bisnis anda, kirimkanlah kepada mereka artikel-artikel yang menarik seputar bisnis anda.

Bukan hal yang tidak mungkin mereka akan mempublikasikan liputan perihal bisnis anda secara gratis.

6.   Buang Pengganggu

Bayangkanlah apabila ada terlalu banyak hal yang menyesaki website Anda. Tentu saja ini bukan hal yang positif yang mampu mendukung konversi. Buang semua hal yang dianggap tidak penting dan gunakanlah ruang yang ada di website anda untuk hal-hal yang mampu mendukung penigkatan konversi.

7.   Gunakan Konten Terbaik Anda di Landing Page

Letakanlah konten yang paling menarik dan konten yang paling penting pada landing page website anda. Dengan melaksanakan hal menyerupai ini anda akan mampu menghindari kesia-siaan.

Bayangkanlah apabila ada seorang pengunjung yang datang ke landing page anda dan orang tersebut menemukan bahwa konten yang ada di landing page anda tidak menarik dan konten tersebut tidak mampu menjawab permasalahannya.

Hal yang akan terjadi yaitu beliau akan eksklusif meninggalkan website anda. Tentu saja hal menyerupai ini bukan hal yang positif.

Apa yang harus ada di landing page...?

Tulislah daftar konten yang banyak dicari oleh para pengunjung website anda. Setelah itu bagi konten-konten tersebut ke dalam kategori-kategori dan juga ke dalam sub kategori. Buat kategori berdasarakan pada popularitasnya, apakah disukai atau tidak oleh para pengunjung website anda terkait dengan bisnis online anda.

8.   Produk Best Seller

Ada baiknya anda membuat sebuah daftar dari produk atau layanan yang paling banyak diminati oleh pengunjung website anda. Produk best seller ini akan mampu menyampaikan sebuah keyakinan kepada para pengunjung website anda untuk membelinya.

Karena sebelumnya produk atau layanan tersebut sudah pernah dibeli oleh banyak orang. Sehingga perusahaan anda dan produk atau layanan yang anda tawarkan akan mendapatkan kredibilitas dari daftar Produk Best Seller ini.

9.   Hindari Tautan yang Tidak Tepat
Hapus semua tautan yang tidak sempurna di website anda. Tautan yang tidak sempurna yaitu sebuah tautan yang membawa para pengunjung pada halaman yang tidak mengarahkan mereka pada halaman konversi atau pada halaman yang salah.

Periksa semua tautan yang ada pada website anda dan segera hapus semua tautan yang dirasa tidak sempurna tersebut. Satu hal lagi, terkadang ada baiknya juga membuktikan siapa mitra anda di website, tapi anda pasti ingin para konsumen membeli produk atau layanan dari anda sendiri, bukan dari mitra anda.

Oleh alasannya itu anda harus mempertimbangkan baik-baik apakah anda harus mencantumkan mitra kerja anda di website.

10.       Kalimat Pertama Pada Teks

Tulislah kalimat pertama anda dalam teks dengan abjad yang kecil tapi berwarna. Huruf kecil yang berwarna akan menjadi lebih mudah dibaca apabila dibandingkan dengan abjad capital.

Apabila kalimat pertama anda mudah dan menarik untuk dibaca, maka para pengunjung website anda akan merasa senang untuk melanjutkan membaca kalimat berikutnya.

11.       Zoom

Berikanlah pengunjung website anda sebuah pilihan untuk dapat memperbesar gambar produk anda. Tambahkanlah sebuah gambar dengan resolusi yang sempurna dan sangat baik dalam bentuk gambar vector supaya gambar tersebut tidak pecah pada ketika dibesarkan.

Pastikan juga anda menampilkan sebuah gambar dengan kualitas yang cukup baik. Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan sebuah deskripsi pada bab bawah gambar yang anda unggah.

Para pengunjung website akan lebih cenderung selalu membaca semua diskripsi gambar.

12.       Jumlah Konten yang Dianggap Cukup

Sering sekali ada pertanyaan yang menanyakan “berapa jumlah konten yang mampu dianggap optimal untuk sebuah website...?” Secara umum, saya merekomendasikan anda untuk menambahkan artikel atau konten sebanyak yang anda butuhkan.

Artikel-artikel anda haruslah meyakinkan para pengunjung website anda pada produk atau layanan yang anda tawarkan. Kaprikornus penekanannya yaitu lebih pada kualitas konten atau artikel anda, bukan pada kuantitasnya.

13.       Gaya Bahasa

Gunakanlah gaya bahasa yang sederhana dan juga kalimat-kalimat pendek tapi sangat meyakinkan untuk para pengunjung website anda.

14.       Keuntungan

Ingatlah bahwa jangan hanya menyampaikan detail produk atau layanan anda saja, akan tetapi tonjolkanlah keuntungan atau kelebihan dari produk atau layanan anda kepada para pengunjung website.

15.       Informasi Transaksi

Berikan sebuah informasi yang sangat detail yang terkait dengan bagaimana cara para pengunjung website anda mampu melaksanakan transaksi. Buatlah informasi tersebut dengan sejelas mungkin untuk tujuan menghindari interpretasi yang berbeda-beda.

Anda harus mampu membuat informasi ini semenarik mungkin dan mudah untuk dimengerti. Letakan informasi ini pada daerah di mana para pengunjung website anda akan membutuhkannya.

Apabila anda tidak yakin harus meletakan informasi ini di mana, maka lakukan sebuah tes pada posisi yang berbeda dan juga pada konten yang berbeda. Temukanlah di mana lokasi yang paling efektif untuk meletakan informasi pembayaran atau informasi transaksi di website anda.

16.       Keluhan

Buatlah sebuah layanan khusus untuk mendapatkan semua keluhan para pelanggan dalam bentuk alamat email tertentu. Buatlah sebuah daftar prioritas berdasarkan pada kategori keluhan dan berdasarkan pada tingkat kepentingan mana yang harus anda respon sesegera mungkin.

17.       Membuat Daftar

Pada setiap tamat konten anda, jangan lupa untuk menyampaikan sebuah daftar yang memuat sebuah kesimpulan dari konten anda, contohnya dalam bentuk daftar yang memuat kelebihan dari produk atau layanan yang anda tawarkan.

Konten yang berupa daftar atau yang berupa checkmarks lebih cenderung dapat menarik lebih banyak pengunjung untuk membacanya.

18.       Scanning atau Membaca Sekilas

Banyak pengunjung website anda yang tidak membaca seluruh konten atau artikel anda. Sebagian besar dari mereka hanya melaksanakan scanning atau membaca secara sekilas saja. Oleh alasannya itu anda harus mampu menyusun sebuah artikel berdasarkan kebiasan para pengunjung website anda.

Buatlah sebuah artikel jenis list atau artikel model daftar dan gunakanlah kata-kata persuasi untuk mampu menarik para pengunjung website.

19.       Konten Audio

Sebuah konten yang berupa audio mempunyai sebuah keunggulan dalam mendukung penjualan. Cobalah untuk membuat sebuah konten dalam bentuk audio untuk membantu meningkatkan penjualan anda.

Walaupun demikian, buatlah sebuah konten audio yang tidak mengganggu dan konten audio yang tidak berlebihan.

20.       Video

Sebiah video mempunyai pengaruh yang jauh lebih besar daripada konten audio. Salah satu cara yang paling mudah untuk menambahkan konten video pada website yaitu dengan cara menambahkan embedded content.

Anda dapat mengunggah konten video tersebut pada youtube dan kemudian meletakan video tersebut pada website anda. Video yang anda buat sebaiknya berisi mengenai produk atau layanan yang anda tawarkan, dan berisi testimoni dari para pelanggan yang merasa puas dengan produk atau layanan anda.

21.       Menuliskan Kembali Kelebihan Produk & Layanan Anda

Tuliskan kembali apa keungulan dari produk atau layanan yang anda tawarkan pada bab “keranjang belanja” atau pada bab formulir permintaan. Banyak pengunjung website yang melaksanakan klik pada “keranjang belanja” hanya untuk melihat berapa total harga dari produk atau layanan yang telah mereka pesan.

Jangan pernah lewatkan kesempatan sekecil apapun untuk meyakinkan para customer anda kembali supaya mereka membeli lagi produk atau layanan dari anda.

22.       Ikon Pada “Keranjang Belanja”

Berikan sebuah foto kecil untuk membuktikan produk atau layanan yang sudah dipilih oleh para customer anda. Gunakanlah ini untuk meyakinkan para pelanggan anda bahwa mereka sudah memilih dan  memesan produk atau layanan yang tepat.

23.       Informasi

Pada ketika anda membutuhkan dan meminta sebuah informasi dari pelanggan, berikanlah sebuah penjelasan kenapa anda membutuhkan informasi tersebut. Selain itu, berikan juga jaminan bahwa anda tidak akan menyalah gunakan informasi yang telah diberikan oleh pengunjung website anda.

Jenis Penawaran atau Kontrak


Tawarkan beberapa jenis penawaran, contohnya menyerupai penawaran melalui formulir kontak, telepon, email, ataupun fax. Setiap calon pelanggan mempunyai cara dan pilihan tersendiri dalam memilih sebuah penawaran yang menarik bagi mereka.

Terkadang menyampaikan sebuah nomor telepon kontak anda merupakan salah satu cara yang sangat efektif bagi calon pelanggan. Berikut ini yaitu beberapa contoh dari jenis penawaran dan kontrak, diataranya yaitu :

1.   Kode Diskon

Riset dan statistik telah menyatakan bahwa sebuah aba-aba diskon juga mampu mensugesti para pengunjung website untuk melaksanakan transaksi.

Para pengunjung yang mempunyai aba-aba diskon akan merasa lebih istmewa dan lebih tertarik untuk melaksanakan transaksi alasannya mereka merasa memiliki sebuah prioritas dalam pembelian.

2.   About Us atau Tentang Kami

Cobalah melaksanakan tes dengan cara membuat beberapa versi halaman about us yang bertujuan untuk mencari tahu mana bentuk yang paling cocok untuk segmen target pasar anda.

Letakkan foto-foto staf anda dengan memasang wajah yang ceria dan juga bersahabat. Jangan letakkan sebuah foto yang terlihat kaku dan terlihat sangat kurang bersahabat.

3.   Konsistensi

Jagalah konsistensi anda dalam menjawab semua pesan yang dikirim oleh para pengunjung anda. Lakukanlah dengan aktif. Konsistensi dalam menjawab pesan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan anda alasannya secara tidak eksklusif juga akan meningkatkan kredibilitas anda di mata para calon pelanggan.

4.   Setelah Melakukan Pembelian

Apabila konsumen melaksanakan sebuah pembelian, manfaatkanlah kesempatan ini. Tawarkan produk atau layanan perhiasan anda pada tamat proses pembelian. Hal menyerupai ini mampu saja sangat menarik pelanggan untuk mampu membelinya juga.

5.   Rekomendasikan ke Teman

Pada bab thank you page atau halaman terima kasih, tambahkanlah sebuah tombol share. Anda mampu menautkannya ke akun media umum mereka. Dengan merekomendasikan kepada teman, maka pelanggan ini sudah membantu anda untuk mampu meraih lebih banyak lagi calon pelanggan lainnya.


Desain Grafis & Desain Website


Sebuah website yang efisien untuk penjualan yaitu website yang berfokus pada bagaimana cara untuk menarik calon pelanggan. Pastikanlah bahwa para pelanggan anda mampu melihat apa yang telah anda tonjolkan.

Sebuah website yang berhasil menarik perhatian para pengunjung merupakan website yang mengontrol seluruh konsentrasi para pengunjung website untuk tetap fokus pada penjualan dan pada konversi yang diinginkan.

Pelajarilah informasi apa yang akan dicari oleh para pengunjung website anda. Pikirkan baik-baik apa saja yang akan anda letakan pada setiap bab website anda. Jangan pernah membiarkan para pengunjung website meninggalkan website anda tanpa membaca apa yang telah anda tawarkan.

Apabila website anda dirasa sudah cukup menarik tapi tidak mendapatkan sebuah hasil yang diharapkan, maka lakukanlah perombakan pada layout. Buatlah sebuah layout yang umum sehingga akan memudahkan para pengguna untuk mampu memahami alur website anda.


Meningkatkan Konversi


Google Website Optimizer sangat memudahkan anda untuk melaksanakan sebuah tes pada website anda dengan menggunakan dua cara. Cara yang pertama yaitu Tes A/B akan memudahkan anda untuk melaksanakan tes secara menyeluruh pada semua bab website. Anda mampu mengubah sebuah konten, tampilan, nuansa website anda, dan membuat modifikasi.

Anda akan memiliki sangat banyak kemungkinan yang mampu dites dengan menggunakan cara ini. Tes A/ B ini sangat cocok untuk sebuah website yang trafiknya belum terlalu tinggi. Sedangkan untuk cara yang kedua yaitu Multivariabel tes yang memudahkan anda untuk melaksanakan tes pada beberapa variable website anda secara sekaligus.

Misalnya, Anda mampu melaksanakan sebuah tes untuk bab judul dan isi konten promosi sekaligus hanya dalam 3 variasi untuk mampu menemukan mana yang paling banyak mendapatkan respon dari para pengunjung website anda. Tes multivariable ini menjadi lebih rumit tapi lebih optimal dilakukan untuk sebuah website dengan jumlah trafik yang tinggi.

1.   Lakukan Tes Harga

Lakukan sebuah tes pada harga yang rendah dan harga tinggi, alasannya tidak semua calon pelanggan anda mencari harga yang rendah. Para pelanggan akan mencari sebuah harga yang cocok untuk mereka, dan anda pun akan mampu menemukan sebuah harga mana yang paling pas untuk produk atau layanan yang anda tawarkan.

Lakukan tes pada harga dengan harga ganjil, biasanya angka menyerupai ini akan lebih banyak menarik para calon pelanggan. Angka menyerupai Rp 990.000 akan menjadi lebih menarik apabila dibandingkan dengan angka Rp 1.000.000 walaupun sebetulnya angka tersebut memang tidak terlalu banyak terpautnya.

Selain itu, lakukanlah tes dengan menyampaikan sebuah penawaran yang berbeda. Sadarilah bahwa para pengunjung website anda merupakan orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Untuk itu, lakukan sebuah tes dengan penawaran yang berbeda untuk mampu mendapatkan tingkat konversi yang lebih maksimal. Anda dapat menyampaikan contoh penawaran sebagai berikut :

            Free trial sebulan
            Beli satu, Gratis satu
            Dibayar dengan cicilan
            Bayar separuh harga, dan sisanya dibayar dengan cicilan
            Beli sekarang, bayar bulan depan
            Beli dua, gratis satu
            Barang dapat ditukar dalam waktu satu ahad dari pembelian

2.   Klasifikasi Harga

Bagi produk atau layanan anda ke dalam beberapa paket. Buatlah satu paket yang merupakan versi standar, buatlah versi premiumnya untuk sebuah layanan yang lebih baik dengan menunjukkan harga yang lebih tinggi. Dengan anda menggunakan taktik menyerupai ini, ada efek psikologi yang akan dialami oleh para pengunjung website anda. Mereka tidak akan lagi berpikir akan membeli atau tidak, tapi mereka akan berpikir mengenai mau membeli paket yang mana.

3.   Ubah Cara Anda Menjual

Cobalah untuk merubah dan melaksanakan sebuah tes pada metode pemasaran yang anda lakukan. Apa saja yang mampu anda pilih...?

            Menjual produk atau layanan saja
            Menggunakan sebuah catalog penjualan
            Memberikan sebuah laporan penjualan produk atau menyampaikan sebuah solusi dari beberapa masalah
            Membiarkan tim marketing anda untuk memilih metode mereka sendiri
            Mengunakan toko online
            Menawarkan teleshopping
            Menggunakan jasa periklanan yang massif

Hal yang harus anda ingat disini yaitu semakin tinggi pengeluaran anda, maka akan semakin rendah efektivitas dari penjualan anda.

4.   Warna Combol Untuk Call To Action


Warna sebuah tombol call to action harus menarik dan juga harus cukup besar sehingga tombol tersebut akan mudah terlihat oleh para pengunjung. Warna dan juga ukuran tombol call to action merupakan salah satu kunci untuk menarik perhatian para pengunjung website anda. Pilihlah warna yang paling sesuai dengan desain website anda.

5.   Apa Alasan Pengunjung Membeli

Lakukan beberapa tes mengenai alasan kenapa para pengunjung website anda untuk melaksanakan pembelian sesegera mungkin. Lakukan tes tersebut dengan cara menggunakan motivator yang berbeda untuk dapat menarik pembelian, contohnya sepert :

            Penawaran akan berakhir pada hari senin
            Hanya tersedia 7 tiket saja
            Persediaan terbatas

Ingatlah bahwa dalam melaksanakan pancingan penawaran menyerupai ini, anda tidak boleh menunjukkan apa yang tidak dapat anda berikan. Konversi pada website anda akan menjadi sangat tergantung pada kredibitas anda dan juga pada kepercayaan pelanggan yang telah diberikan pada anda. Sehingga dengan demikian, perhatikanlah penawaran apa yang sanggup anda berikan yang akan direspon dengan sangat cepat oleh para pelanggan.

6.   Tracking Eyes

Sebuah aktivitas yang berjulukan tracking eyes akan membuktikan apa yang orang lain lihat, akan tetapi bukan apa yang orang lain klik, dan bukan apa yang orang lain perhatikan. Sebagian besar aktivitas yang berjulukan tracking eyes dibuat untuk diaplikasikan pada website anda, tapi tracking eyes ini yaitu aktivitas berbayar.

Anda mampu melaksanakan sesuatu yang jauh lebih murah dengan menggunakan cara membuktikan website anda pada lima orang yang berbeda kemudian tanyakan apa pendapat mereka mengenai website anda. Dengan menggunakan cara ini anda akan mampu mengetahui apa saja yang mereka perhatikan pada website anda.

7.   Pahami Pelanggan Anda

Cari tahu di antara para pelanggan anda mengenai informasi berikut ini :

            Kenapa mereka melaksanakan pembelian...?
            Kenapa tidak...?
            Kenapa sebagian besar pengunjung tidak melaksanakan pembelian...?

Gunakanlah SurveyMonkey atau formulir Google Docs untuk dapat melaksanakan survei menyerupai ini. Selain itu, anda juga mampu menelepon mereka secara personal untuk mampu mencari tahu apa jawabannya.

Lakukan Tes & Observasi


Anda mampu saja melaksanakan diskusi dengan sobat kerja anda, atau dengan pegawai anda. Apa yang berhasil membuat semua orang membeli produk anda, dan apa yang tidak...? Mana yang lebih optimal...? Apa yang membuat para pelanggan yakin untuk melaksanakan pembelian...? Mana produk atau layanan yang lebih unggul...?

Apabila anda melaksanakan diskusi menyerupai ini maka hasilnya akan cenderung lebih subjektif dan akan memakan waktu yang sangat lama. Maka dari itu anda harus menghentikan diskusi anda dan mulailah untuk melaksanakan sebuah tes.

1.   Yakinlah Pada Tes yang Anda Lakukan

Hanya sedikit saja orang yang mau mengerti bahwa anda harus melaksanakan beberapa tes untuk menjamin keberhasilan website anda. Pada awalnya, anda akan terasa sangat lamban untuk menentukan hasil dari sebuah tes, tapi lambat laun anda akan semakin cepat dalam menentukan apa saja yang orang lain suka dan apa yang mampu meningkat penjualan.

Pastikan anda melaksanakan tes secara menyeluruh untuk dapat meningkatkan kesuksesan dari bisnis anda. Caranya yaitu sebagai berikut :

            Melakukan tes sendiri
            Membayar orang lain untuk melaksanakan tes
            Menyewa agensi untuk melaksanakan tes pada website anda

2.   Tes Apa Saja yang Harus Dilakukan...?

Lakukanlah tes pada sebuah perubahan yang besar dan sangat mencolok. “Kenapa harus pada perubahan besar dan mencolok...?” :

            Anda akan lebih cepat untuk mampu mendapatkan hasil
            Website anda akan menjadi lebih cepat ditingkatkan
            Lebih sedikit biaya yang harus anda keluarkan untuk mampu mendapatkan lebih banyak pelanggan

3.   Jangan Menghentikan Tes Secara Instan

Jangan pernah menghentikan tes hingga anda memiliki data yang cukup. Lakukanlah tes kira-kira selama dua ahad untuk mendapatkan semua informasi yang cukup. Gunakanlah Google Adwords untuk mampu mendapatkan hasil yang optimal.

Karena dengan menggunakan perangkat statistik ini anda akan diberi tahu pada ketika hasilnya sudah relevan dan data tersebut sudah cukup untuk menyampaikan hasil tes. Perangkat ini akan menyampaikan akurasi yang jauh lebih akurat daripada sekadar perkiraan tanpa dasar.

4.   Perubahan

Apabila ada orang yang mengkritik anda alasannya anda terlalu banyak melaksanakan perubahan pada website, maka jelaskanlah pada mereka bahwa anda sedang melaksanakan sebuah tes, jadi oleh alasannya itu sebuah perubahan yang anda buat hanyalah untuk sementara dan bukan secara permanen.

Anda mampu meminta mereka untuk mengusulkan sebuah variasi yang mampu dites untuk mampu mendapatkan sebuah solusi terbaik untuk website perusahaan anda.

5.   Mengatasi Penurunan Konversi

Jangan merasa khawatir apabila terjadi penurunan konversi. Jika salah satu versi yang sedang anda tes menyampaikan hasil yang buruk, setidaknya anda sudah mengetahui bahwa versi tersebut tidak baik, jadi jangan pernah menggunakan versi yang demikian.

Anda tidak akan rugi dalam melaksanakan sebuah tes, alasannya anda mampu mendapatkan sebuah pencerahan yang sangat bermanfaat untuk masa depan bisnis anda.


E-mail Marketing Newsletter

Buatlah para pelanggan anda berlangganan newsletter dari anda yang berisi mengenai tips dan informasi untuk dapat meningkatkan awareness          pelanggan anda pada bisnis anda. Buatlah sebuah formulir atau tombol berlangganan newsletter. Dengan melaksanakan teknik email marketing ini anda tidak akan kehilangan pelanggan anda alasannya harus anda ketahui bahwa seseorang akan sangat jarang mengganti alamat email daripada nomor ponsel.

Gunakanlah nama mereka untuk menyapa pada ketika anda mengirimkan newletter kepada pelanggan anda. Lakukan juga personalisasi pada isi konten yang anda kirimkan. Setiap orang mempunyai selera masing-masing, begitu juga untuk nama sapaan.

Untuk mengetahui nama sapaan yang mereka sukai, maka anda mampu melaksanakan sebuah tes, atau tanyakan secara eksklusif mengenai sapaan mana yang lebih disukai oleh pelanggan anda, lalu setelah itu lakukan penyesuaian.

Untuk mengoptimalkan teknik email marketing, anda mampu menggunakan sistem tracking yang memungkinkan anda untuk mampu membuat dan mengirimkan e-mail marketing melalui Google Analytics track untuk mengetahui berapa banyak klik yang dihasilkan melalui tautan di dalam sebuah email.

Setelah melalui beberapa waktu dan tes, anda akan berguru mengenai teks menyerupai apa yang paling efektif dan dapat menghasilkan lebih banyak konversi. Dengan demikian, anda mampu menggunakannya untuk menonjolkan teks tersebut di dalam email marketing anda.

Dengan menggunakan e-mail marketing, maka pelanggan anda akan selalu mengingat eksistensi Anda. Kemudian mereka mampu saja melaksanakan order dan transaksi kembali maupun merekomendasikan anda kepada teman-teman mereka.

Dengan menggunakan e-mail marketing, Anda juga mempunyai sebuah kesempatan untuk dapat menginformasikan produk atau layanan anda kepada mereka. Selain itu, anda juga mampu mengirimkan sebuah tips atau informasi yang berkhasiat supaya mereka tidak berhenti untuk berlangganan newletter anda.

Buatlah e-mail marketing anda menjadi pintu bagi para pelanggan anda untuk kembali mengunjungi website anda dan melaksanakan pembelian kembali.


Pada ketika anda membuat sebuah website, sangatlah penting utnuk memperhatikan aspek efisiensi untuk dapat menghasilkan penjualan. Apabila proses dalam melaksanakan sebuah pembelian di website anda terlalu rumit dan harus melalui sebuah proses yang cukup panjang, maka para konsumen potensial anda akan kabur dan meninggalkan website anda tanpa melaksanakan apapun.

Untuk dapat mengatasi dilema menyerupai ini anda harus mulai dari statistik yang ada, Anda akan mengetahui di halaman mana para pengunjung website anda lebih lama bertahan, pada halaman inilah biasanya sebuah informasi yang mereka cari berada.

Anda juga mampu menemukan keyword yang sempurna untuk membuat para pengguna internet mampu menemukan halaman tersebut. Jika anda menggunakan Google Adwords, maka sangatlah krusial untuk benar-benar memikirkan keyword yang terbaik yang sangat efektif menghasilkan konversi.

Sebuah website dengan desain dan kualitas yang terbaik tentu saja akan banyak mensugesti para pengguna internet untuk melaksanakan transaksi. Apalagi bila didukung dengan analisis, pengukuran, dan juga tes website dengan menggunakan Google Analytics dan Webmaster Optimizer yang dapat membantu anda untuk meningkatkan kualitas website anda dan konversi dengan ongkos yang murah, bahkan gratis.


Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kunci utama untuk meningkatkan penjualan yang efektif melalui website yaitu kombinasi dari penggunaan Google Adwords, Google Analytics, Google Website Optimizer, dan juga Newsletter.

Post a Comment for "Tips Lenkap Meningkatkan Penjualan Melalui Website"