Ketahuilah Elemen Utama SEO Untuk Membangun Website Berkualitas
Sebenarnya untuk mampu menerima ranking yang cukup baik di search engine terutama Google bukanlah sesuatu yang sangat sulit apabila kita sudah mengetahui cara untuk dapat mengoptimasi sebuah halaman blog atau website. Materi mengenai SEO sangat banyak dan mampu kita temukan di internet, baik itu di dalam bentuk sebuah ebook ataupun dalam bentuk sebuah artikel.
Dari sekian banyak artikel yang telah membahas mengenai SEO, berikut ini saya telah merangkum apa saja yang saya pahami dan apa saja yang sudah saya lakukan untuk mengoptimasi blog saya. Harus anda ketahui bahwa ada tiga elemen utama di dalam SEO pada sebuah website yang harus anda ketahui dan lakukan apabila anda ingin mengoptimasi blog atau website anda di search engine atau di mesin pencari.
Ketiga elemen tersebut di antaranya yaitu Riset Keywords, SEO Friendly Website atau On Page Factor, dan juga Baclinks atau Off Page Factor. Dengan anda mengetahui beberapa elemen penting di dalam SEO, maka anda akan merasa lebih mudah untuk dapat melaksanakan meningkatkan secara optimal blog atau website anda di search engine untuk jangka waktu yang panjang. Mari kita bahas satu per satu ketiga elemen utama di dalam SEO tersebut :
Keyword atau Kata Kunci
Keywords merupakan sebuah frase atau sebuah rangkaian kata yang diketikan oleh seseorang pada kolom pencarian pada dikala mereka sedang mencari sebuah gosip di search engine ibarat Google. Kata kunci atau yang biasa disebut sebagai keywords yang diketikan oleh para pengguna di search engine mampu berupa satu suku kata, atau bahkan mampu juga berupa sebuah bentuk kalimat yang pendek, hal ini tergantung pada masing-masing user.
Di dalam satu niche blog atau website, terdapat beberapa keyword atau kata kunci yang sering digunakan oleh para user Google di search engine. Para webmaster atau para pemilik blog atau website sangat perlu untuk melaksanakan sebuah riset keywords untuk dapat menemukan sebah list kata kunci tersebut.
Riset keywords atau keywords research merupakan sebuah langkah yang dilakukan oleh para pemilik website di dalam mencari dan untuk menentukan sebuah kata kunci atau keywords yang paling relevan dengan niche blog atau website yang akan mereka bangun, baik itu sebuah keywords untuk halaman utama blog ataupun untuk sebuah halaman artikel.
Dengan melaksanakan riset keywords ini maka kita mampu mengetahui sebuah kata kunci apa yang paling banyak dicari oleh para user atau oleh para pengguna Google, dan kita juga mampu mengetahui bagaimana tingkat persaingan pada keyword atau kata kunci tersebut. Apabila blog atau website kita menggunakan sebuah kata kunci yang tepat, maka peluang untuk mampu menerima ranking yang cukup baik di Search Engine Result Page akan berpeluang menjadi semakin baik, dan tentunya hal ini akan memperlihatkan sejumlah trafik potensial yang sangat besar.
Dengan menggunakan sebuah kata kunci yang sempurna artinya kata kunci atau keywords tersebut merupakan sebuah kata kunci yang paling relevan untuk blog atau website anda, banyak digunakan oleh user Google, dan juga tingkat persaingan dari kata kunci tersebut masih mampu kita menangkan. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan dalam memilih sebuah kata kunci yang sempurna untuk digunakan pada blog atau website Anda.
Salah satu cara yang terbaik untuk dapat menemukan sebuah keywords yang sempurna tersebut ialah dengan cara menggunakan sebuah tools gratis yang telah disediakan oleh Google, tool tersebut yaitu Google Keyword Planner. Pada intinya, riset keywords merupakan sebuah langkah awal yang sangat krusial di dalam membangun sebuah blog maupun website yang SEO friendly.
Menurut saya pribadi, elemen ini mempunyai pengaruh pada website atau blog sebesar 40 % di dalam kampanye SEO sebuah blog atau website. Dalam memilih sebuah keywords yang sempurna akan mampu membuat proses meningkatkan secara optimal sebuah blog dan proses untuk mampu menerima sejumlah trafik yang potensial dari search engine akan menjadi semakin mudah.
On Page Factor, Membangun Situs / Blog yg SEO Friendly
Yang dimaksud dengan SEO friendly merupakan sebuah blog atau situs yang dibangun dengan menggunakan standar tertentu sehingga blog atau situs tersebut menjadi sangat mudah untuk dijelajahi dan dikenali oleh search engine. Selain itu, blog tersebut juga harus mampu memperlihatkan sebuah manfaat bagi para user dan mudah digunakan atau mudah dinavigasi.
Sebenarnya ada aneka macam hal yang terdapat pada SEO On Page Factor sebuah blog atau situs. Tapi berdasarkan pada pengalaman saya, hanya ada beberapa hal saja yang sangat berperan dan sangat kuat pada kekuatan On Page SEO ini, diantaranya yaitu :
1. Penempatan Keywords
Apabila anda ingin mengoptimasi sebuah halaman blog atau situs untuk sebuah kata kunci tertentu, maka hal yang pertama yang harus anda lakukan yaitu pastikanlah keywords atau kata kunci tersebut tercantum di dalam sebuah halaman blog atau situs anda sehingga Google mampu lebih memahami apa fokus utama halaman blog atau situs anda. Untukartikel research keyword, anda mampu membacanya disini.
Adapun beberapa bab di dalam blog atau situs anda yang harus ditambahkan kata kunci yaitu title tag atau judul halaman blog anda, meta description, awal paragraf artikel atau konten, semantic URLs, sistem navigasi blog, H1, H2, H3 tags, internal links, dan yang terakhir ialah file gambar (Alt).
2. Membangun Konten yg Berkualitas & Relevan
Apabila kita perhatikan, sebagian besar blog atau situ yang mempunyai banyak konten yang berkualitas pasti blog tersebut merajai hasil pencarian atau SERP Google. Karena itulah pastikan bahwa setiap konten yang anda buat mempunyai kualitas dan juga relevan dengan topik yang dibahas. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan juga untuk membuat sebuah konten yang lengkap. Untuk membuat sebuah konten yang berkualitas anda bisamembacanya disisni.
Biasanya konten yang lengkap dan panjang akan menjadi lebih mudah untuk masuk ke halaman utama Google dan lebih cenderung mampu bertahan lebih lama di hasil pencarian atau SERP Google. Apabila anda ingin mengoptimasi sebuah konten untuk keyword atau kata kunci tertentu, maka pastikan kata kunci tersebut sudah tersemat di dalam 100 hingga 150 kata paragraf bab awal artikel yang anda dibuat.
3. Meningkatkan Interaksi User Website Anda
Interaksi user di situs atau blog ternyata mampu kuat pada SEO. Harus anda ketahui bahwa interaksi user ini mampu membuat bounce rate atau tingkat pentalan di dalam sebuah blog atau website akan menjadi semakin kecil. Untuk dapat mengurangi tingkat bounce rate kita mampu menggunakan cara menambahkan sebuah konten multimedia ke dalam postingan atau pada sebuah artikel di blog anda.
Contohnya ibarat menambahkan sebuah gambar yang atraktif, menambahkan sebuah video, atau pun menambahkan diagram, sehingga konten kita akan menjadi semakin menarik dan mampu membuat para user menjadi betah untuk berlama-lama berada di blog kita. Selain itu, berikan juga kesempatan kepada para audiens anda untuk mereka memperlihatkan opini atau memperlihatkan sebuah komentar dengan cara menambahkan sebuah kolom komentar pada setiap artikel yang ada di blog anda.
4. Menambahkan Outbound Links
Memberikan sebuah links ke sebuah halaman website lain yang dinilai relevan dengan artikel atau konten blog anda juga mampu sangat kuat pada SEO. Dengan menambahkan sebuah outbound links, maka hal ini akan memperlihatkan sebuah sinyal pada Google apa yang menjadi fokus utama topik pembahasan pada konten atau artikel anda tersebut.
Tapi anda harus memastikan bahwa sebuah blog atau situs yang diberikan sebuah link merupakan blog yang mempunyai Authority pada sebuah topik yang sedang anda bahas.
5. Kecepatan Load Website
Beberapa waktu yang lalu pihak Google pernah menyebutkan bahwa kecepatan loading sebuah website ialah salah satu faktor yang sangat penting dalam SEO. Sebuah blog atau situs yang proses loading-nya sangat lambat biasanya akan ditutup oleh para user yang tidak tabah untuk menunggu, sehingga hal ini kemudian akan sangat kuat pada sebuah hasil pencarian di Google. Anda mampu memeriksa kecepatan loading blog anda dengan menggunakan GTMetrix.com.
Membangun Backlinks (Off Page Factor)
Sederhananya backlinks merupakan sebuah tautan atau sebuah link yang berasal dari sebuah halaman blog atau situs yang menuju pada situs yang lain, atau dengan kata lain sebuah blog yang memperlihatkan sebuah rekomendasi pada usernya untuk mengunjungi blog yang lain. Tujuan utama dalam membangun backlinks ini yaitu untuk dapat meningkatkan popularitas sebuah halaman blog atau situs di internet.
Sehingga blog tersebut menerima sebuah peluang yang lebih besar untuk mampu menerima posisi yang lebih baik di SERP atau di Search Engine Result Page Google. Ada aneka macam situs yang dapat kita manfaatkan untuk mampu membangun backlinks ini. Berdasarkan pada pengalaman saya, ada beberapa jenis backlinks yang dinilai sangat efektif untuk melaksanakan kampanye SEO pada blog, diantaranya yaitu :
1. Links dari Media Sosial
Adapun media umum yang biasa saya gunakan untuk dapat membangun sebuah backlink yaitu Google+, Facebook, Twitter, Pinterest, dan media umum yang lainnya. Sebuah links yang berasal dari media umum ini biasanya bersifat nofollow, akan tetapi tetap link tersebut akan mampu meningkatkan tingkat popularitas tertentu untuk sebuah halaman website.
2. Links Dari Authority Website
Memang jenis links ini ibarat cukup sulit untuk didapatkan, alasannya ialah biasanya si pemilik blog atau situs authority akan menjadi sangat kritis di dalam menyeleksi sebuah artikel yang telah dibuat oleh para penulis tamu dan akan bersikap kritis pada sebuah links yang keluar dari blog atau situsnya.
Untuk mampu menerima sebuah backlinks yang bersumber dari situs terkenal, maka kita harus mengirimkan sebuah artikel yang memang benar-benar cantik dan berkualitas serta artikel tersebut sesuai dengan niche websitenya. Jerih payah anda dalam membuat sebuah artikle untuk situs ibarat itu akan terbayar apabila anda berhasil menerima beberapa links yang bersumber dari website terkenal, alasannya ialah efeknya untuk blog anda akan sangat baik.
Salah satu situs authority yang dapat anda manfaatkan yaitu situs Kompasiana.com. Apabila anda ingin mengirimkan artikel anda pada situs authority saya sarankan jangan pernah mengirimkan sebuah artikel spam.
3. Links dari Social Bookmarking
Situs social bookmarking yang sering saya gunakan yaitu Diigo.com, Stumbleupon.com, Folkd.com, Lintas.me, dan yang lainnya. Sebuah link yang berasal dari social bookmarking ini ada yang bersifat nofollow dan ada juga yang bersifat dofollow. Optimasi dengan cara menggunakan social bookmarking biasanya akan menjadi sangat efektif untuk sebuah blog atau website lokal.
Akan tetapi anda harus berhati-hati dalam menggunakan sosial bookmarking ini alasannya ialah apabila terlalu banyak links yang bersumber dari situs social bookmarking dan di dalam tempo yang sangat singkat mampu berakibat sangat buruk untuk blg atau situs anda.
4. Links dari Forum Signature
Adapun beberapa forum yang sering saya gunakan untuk tujuan membangun backlinks yaitu Forum.detik.com, Forum.kompas.com, Bersosial.com, Pengusaha.co. Sebagian besar links yang berasal dari situs forum ini bersifat dofollow. Lebih menariknya lagi, selain mampu memasang sebuah links di signature, kita juga diperbolehkan untuk memasang links blog kita di dalam sebuah artikel yang kita posting pada forum tersebut.
Tentunya hal ini akan berefek lebih baik untuk SEO. Akan tetapi pastikanlah bahwa anda tidak melaksanakan acara spaming alasannya ialah sebagian besar dari situs forum tersebut mempunyai peraturan yang sangat ketat.
Post a Comment for "Ketahuilah Elemen Utama SEO Untuk Membangun Website Berkualitas"