Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Panduan Melakukan Analisa untuk Memaksimalkan Kinerja SEO


Banyak orang yang menganggap bahwa SEO hanya merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan selama satu kali sepanjang umur suatu situs. Harus anda ketahui bahwa yang namanya SEO itu merupakan sebuah proses yang continue atau berkelanjutan alasannya hal ini dapat mensugesti mulus atau tidaknya pertarungan suatu blog di medan perang search engine.


Seorang pemilik sebuah situs atau blog harus terus mengamati kinerja SEO di blog mereka dan dalam waktu yang sama, pemilik situs tersebut harus melaksanakan sebuah usaha untuk memaksimalkan kinerja SEO yang telah diterapkan pada situs mereka. Tapi pada ketika sekarang ini banyak blogger dalam kondisi buta. Untuk dapat melaksanakan sebuah optimasi, maka anda harus mengetahui apa saja yang telah terjadi di blog anda yang anda kelola.

Contohnya ibarat apa angka yang muncul pada grafik visitor anda, apakah terjadi sebuah kenaikan atau blog anda sedang mengalami penurunan performanya. Tanpa mengetahui berapa angka-angka yang relevan dan berapa angka yang pasti, maka kita sama sekali tidak akan pernah dapat mengetahui apa yang harus kita dibenahi, apa yang harus kita tingkatkan dan pertahankan pada blog kita.

Maka dari itu, artikel ini saya buat untuk anda yang mempunyai harapan untuk menganalisa kinerja SEO anda biar anda selalu menerima sebuah kinerja SEO yang maksimal. Hal yang harus anda ketahui dari sebuah penilaian ialah sebuah proses terakhir dalam meningkatkan secara optimal SEO, baik itu SEO on page atau meningkatkan secara optimal halaman blog, ataupun meningkatkan secara optimal SEO off page atau membangun sebuah link dan membangun sebuah popularitas suatu blog.
Baca disini untuk panduan membangun link dan membangun popularitas situs.


Prinsip Dasar Content Marketing di Dalam SEO


1.   Integrasikan Google Analytics & Search Console

Walaupun sudah ada banyak orang mengatakan bahwa kedua tool dari google ini tidak wajib digunakan, akan tetapi untuk seorang praktisi SEO yang mempunyai keseriusan di dalam bidangnya, keduanya tool dari Google tersebut harus anda gunakan.

Memang pada ketika pertama kali anda menggunakan kedua tool tersebut tidak akan terjadi apa-apa dalam waktu yang singkat. Kedua tool dari Google ini membutuhkan sebuah waktu untuk bekerja selama beberapa hari setelah terpasang di blog anda dan setelah itu kedua tool Google tersebut gres akan melaksanakan crawling atau melaksanakan pengumpulan data.

Kumpulan data yang telah didapatkan oleh kedua tool tersebut akan digunakan untuk mengoptimasi blog anda lebih lanjut. Apabila blog atau situs anda mempunyai sebuah halaman sitemap dalam fomat .xml, maka lakukan submit link ke Search Console untuk mempermudah Google dalam membaca blog atau situs anda. Baca disini untuk mengetahui bagaimana cara memanfaatkan google webmaster tools untuk ptimasi SEO.


2.   Lakukan Crawling dengan Alat Bantu

Crawling merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menjelajahi semua halaman blog atau website anda dan pada ketika yang sama mengumpulkan semua informasinya. Yang akan kita lakukan disini ialah menggandakan proses yang dilakukan oleh Googleboot ini.

Tujuan kita menggandakan pekerjaan Googlebot dalam melaksanakan sebuah crawling ialah untuk dapat mengetahui sebuah gambaran besar dari blog anda, apakah di blog atau situs anda terjadi error, apakah ada sebuah broken link, duplikat internal, dan untuk mengetahui apakan ada meta tag yang kosong.

Untuk dapat melaksanakan crawling gunakanlah beberapa tool berikut :

·        WildShark SEO Spider
·        ScreamingFrog SEO Spider
·        BeamUsUp SEO Crawling Software

ScreamingFrog ialah sebuat tool yang mempunyai fitur yang paling lengkap apabila dibandingkan dengan tool lainnya, akan tetapi versi gratisnya hanya dapat melaksanakan scan sebanyak 500 halaman dalam sekali penggunaan saja. Sedangkan untuk versi premiumnya anda harus mengeluarkan uang sebesar $ 99 per tahunnya.

Dan dua tool alternatif lainnya mempunyai kemampuan yang setara tapi anda bisa menggunakannya secara gratis. Untuk dapat menggunakan tool crawling tersebut anda harus unduh software-nya terlebih dahulu dan kemudian lakukanlah scan dan perbaiki duduk perkara yang ada pada blog anda.


3.   Riset Keyword Lebih Lanjut

Pembahasan singkat perihal riset sebuah keyword akan digunakan dalam sebuah judul artikel, meta description, dan didalam konten. Tapi apabila anda memang mempunyai niat untuk mengakibatkan sebuah mesin pencari sebagai sumber traffic utama anda, maka anda harus melaksanakan sebuah riset keyword tahap lanjut. Baca disini untuk panduan meningkatkan ranking blog secara signifikan dengan memanfaatkan keyword.


4.   Analisa Kinerja Konten


Sebanyak 95 % isi dari sebuah halaman di suatu blog atau situs anda ialah sebuah konten. Kaprikornus pengaruh sebuah konten terhadap kinerja SEO setidaknya ialah sekitar 95 % dari keseluruhan semua hal yang anda lakukan untuk  mengoptimasi SEO. Semua orang lebih suka untuk menerima sebuah konten yang memuaskan untuk mereka, sehingga mesin pencaripun akan menunjukkan sebuah peringkat yang sangat mengagumkan kepada sebuah konten yang dapat memuaskan semua para pengunjungnya.

Post a Comment for "4 Panduan Melakukan Analisa untuk Memaksimalkan Kinerja SEO"