Cara Membuat Konten Berkualitas yang Bisa Populer dalam Topik Apapun
Apabila anda ialah seorang pemilik suatu blog atau website, maka anda pasti sudah menyadari bahwa betapa pentingnya sebuah kualitas dari suatu konten. Apabila ada sebuah blog yang menjadi sukses karena kontennya, maka ada juga sebuah blog yang gagal karena kontennya juga. Tapi apabila melihat pada kenyataannya, kita bisa melihat sebuah kenyataan yang sangat sangat aneh.
Walaupun banyak blogger yang sudah dapat memahami bahwa kualitas sebuah konten ialah hal yang sangat penting, tapi di dalam prakteknya, hanya sedikit blogger saja yang bisa menerbitkan sebuah konten berkualitas. Mungkin hal ini disebabkan karena malas atau mereka tidak mengetahui caranya untuk membuat sebah konten yang berkualitas.
Apabila anda termasuk orang yang tidak mengetahui bagaimana caranya untuk membuat sebuah konten yang berkualitas yang bisa populer dalam topik apaun, maka saya sarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai. Sesdah anda memahami artikel ini maka dibutuhkan anda akan bisa membuat sebuah konten yang berkualitas terbaik apabila dibandingkan sengan konten lainnya. Sehingga akan membuat traffic blog anda akan meningkat secara drastis.
Saya minta supaya anda jangan keliru dengan istilah “konten berkualitas”. Karena ada banyak para pembuat konten, pemilik situs, dan para blogger yang merasa konten yang sudah mereka sudah buat ialah konten yang berkualitas. Padahal konten belum bisa dikategorikan sebagai sebuah konten yang berkualitas.
Sebuah konten yang berkualitas bukanlah sebuah konten hanya sekedar original, panjang konten tersebut mengadung sekian ribu kata, dan konten yang mempunyai tata bahasanya yang sesuai EYD. Harus anda ketahui bahwa originalitas dan tata bahasa itu hanya sebuah standar minimum yang harus dipenuhi oleh sebuah artikel yang diterbitkan. Namun bukan sebuah penentu berkualitas atau tidaknya suatu konten.
Yang saya maksud dengan sebuah konten yang berkualitas ialah konten yang memiliki bobot paling tinggi apabila dibandingkan dengan konten lain, Kredibel, ada sebuah link kutipan yang menuju pada sebuah data atau fakta yang terpercaya, cara penyajian konten tersebut tidak membosankan, dan konten tersebut bernilai untuk pembacanya.
Yang saya maksud dengan kata “bernilai” ialah sebuah konten yang dapat menunjukkan sebuah informasi gres yang bermanfaat untuk para pembacanya, atau dapat menunjukkan sebuah panduan yang bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Itulah yang dimaksud dengan konten yang berkualitas.
Untuk membuat sebuah konten yang berkualitas memang akan memakan banyak waktu dari pada membuat sebuah konten biasa. Mungkin sebuah artikel biasa yang terdiri dari 1000 kata bisa final ditulis dalam waktu satu jam saja. Tapi apabila kita ingin membuat sebuah konten yang berkualitas tinggi, maka waktu yang dibutuhkan pun akan berlipat-lipat jauh lebih lama dari pada pembuatan sebuah konten biasa.
Karena untuk membuat sebuah konten yang berkualitas tinggi membutukan dan harus ada sebuah proses riset terlebih dahulu. Sebuah konten ialah aset untuk blog anda. Apabila konten anda murahan, maka blog anda juga akan menjadi murahan. Di dalam SEO dan di dalam content marketing, mereka yang sukses ialah mereka yang bisa menerbitkan sebuah konten yang berkualitas tinggi.
Google akan selalu mengutamakan sebuah konten yang berkualitas tinggi di atas konten yang lainnya. Oleh karena itu sebuah konten terbaik lah yang hanya akan menempati sebuah peringkat teratas. Begitu juga dengan perilaku manusia. Tidaka akan ada orang yang akan memnagikan atau share sebuah konten yang dinilainya membosankan.
Memang untuk membuat sebuah konten yang berkualitas tinggi akan sangat merepotkan, akan tetapi hasilnya akan jauh lebih baik apabila anda membuat satu konten yang berkualitas dari pada membuat banyak konten yang murahan.
Sekarang kita akan memasuki tahap persiapan untuk membuat sebuah konten yang berkualitas tinggi. Walaupun ini hanyalah sebuah persiapan, tapi apabila tahap ini anda lewati maka kesannya akan sangat fatal.
Pengertiannya Konten Berkualitas
Para audience ialah seseorang yang aktif mencari sebuah informasi dalam suatu topik, maka bisa diartikan bahwa audience dari konten anda ialah mereka orang yang memiliki rasa antusias terhadap aneka macam topiknya atau dengan kata lain, mereka merupakan seorang calon pembaca.
Dan influencer merupakan orang yang besar lengan berkuasa di dalam suatu topik, mereka ialah orang yang hebat dan mereka juga sering mengembangkan pengetahuan dengan orang lain. Biasanya para influencer ialah orang yang terkenal dan punya banyak follower.
Kita harus bisa mencari mereka untuk bisa menerima sebuah topik yang tepat, sebagai tujuan untuk mempromosikan konten, untuk menerima materi atau materi untuk sebuah konten yang akan dibuat, dan lainnya. Carilah mereka di aneka macam situs komunitas menyerupai Facebook Group, Kaskus, Google+ Community, atau di forum online lainnya.
Di dalam sebuah media umum atau komunitas biasanya para anggotanya sering bertanya perihal sesuatu. Dan dari pertanyaan itulah bisa kita rubah menjadi sebuah konten. Selain mencari sebuah solusi atas suatu duduk perkara yang ada di aneka macam forum, di sebuah komunitas juga anda akan menemukan banyak orang yang mengembangkan konten mereka.
Anda harus mencari tahu apa saja konten yang menarik untuk mereka. Tahap ini juga akan menjadi sangat berkhasiat untuk menentukan sebuah topik untuk suatu konten. Ketahui juga bahwa di setiap komunitas yang aktif mempunyai beberapa orang yang sering menjawab pertanyaan dari anggota lain
Orang-orang menyerupai inilah yang akan menjadi “idola” di dalam komunitas tersebut, dan anda bisa menerima sebuah ilham untuk menentukan sebuah topik dari orang menyerupai ini. Catat siapa saja orang-orang tersebut lengkap dengan kontak dan alamat situs mereka bila ada.
Kita akan sangat membutuhkan mereka untuk bisa membuat sebuah konten yang berkualitas dan konten yang memiliki isi yang berbobot. Tapi masalahnya, apabila kita bukan seorang yang hebat di dalam suatu topik, maka akan menjadi hal yang sangat sulit untuk bisa membuat sebuah konten yang berkualitas tinggi.
Baca Juga
Tapi anda tidak perlu hawatir, ada tiga hal utama yang harus kita lakukan, yaitu :
1. Mengumpulkan Konten Terbaik Dalam Suatu Topik
Pada dikala anda sudah menemukan sebuah topik kontennya, maka anda akan menyadai bahwa di internet pasti sudah ada konten lain dalam sebuah topik yang sama. Hal ini memang benar, tapi apabila tidak ada konten lain dengan topik yang serupa, maka topik tersebut harus dipertanyakan, apakah akan ada orang yang berminat untuk membacanya atau tidak...?
Lalu setelah itu kita membuat sebuah konten yang lebih baik dari pada konten lain yang mempunyai topik yang serupa. Sudah ada beberapa tool dan beberapa media yang bisa anda digunakan, diantaranya yaitu :
BuzzSumo : Sebuah tool yang berkhasiat untuk mencari semua artikel terpopuler dari keyword yang telah kita masukkan.
Topsy: Tool ini berkhasiat untuk mencari tweet terpopuler dari Twitter dengan keyword tertentu.
Forum: Untuk dapat mencari sebuah konten di dalam forum dengan menggunakan keyword tertentu melalui Google, gunakanlah “[keyword] forum” tanpa tanda petik dan gantilah kata keyword dengan topik anda.
Social bookmarking: Gunakan tool lintas.me atau VivaLog untuk pengguna bahasa Indonesia dan Reddit untuk pengguna bahasa Inggris.
Google: Manfaatkan Google untuk pribadi mencari artikel terpopuler.
Setelah itu anda harus mencatat semua konten terbaik yang sudah anda temukan di dalam Excel atau notepad lengkapt dengan poin penting dari artikel tersebut. Kemudian periksalah apa yang menjadi kelemahan dan apa yang menjadi kelebihan dari masing-masing konten. Dan selanjutnya anda harus memperbaiki kelemahan dalam konten yang anda jadikan tumpuan dan meningkatkan kualitasnya.
2. Meningkatkan Materi Suatu konten
Apabila di dalam sebuah topik sudah ada beberapa artikel yang mempunyai kualitas cukup baik, apakah akan ada orang yang akan membaca sebuah artikel yang mempunyai kualias lebih rendah...? Ini sebabnya kenapa semua konten yang anda buat dan anda terbitkan mulai pada dikala ini harus menjadi sebuah konten yang lebih baik dari pada semua konten yang sudah ada.
Karena tadi kita sudah melaksanakan sebuah analisa pada konten tentangan kita. Maka supaya menjadi lebih baik, kita harus mambahkan isinya supaya konten tersebut menjadi lebih lengkap, Tapi anda harus berhati-hati. Menambah isi konten bukan hanya menambah sebuah goresan pena saja. Membuat sebuah konten yang super lengkap yang mempunyai membahasan semua permasalahan dari suatu topik, dan tambahkan dengan apa yang belum dibahas pada artikel lain sama sekali.
Anda juga harus bisa memperbaharui konten yang sudah kadaluarsa terutama untuk sebuah konten yang berbentuk panduan. Apabila anda menemukan sebuah artikel panduan di halaman pertama Google, maka biasanya kata kunci tersebut memiliki persaingan yang sangat mudah.
Google memang tidak dapat mengerti apabila suatu konten yang sudah kadaluarsa, akan tetapi seorang insan bisa mengerti hal tersebut, dan karena peringkat sebuah blog di Google dipengaruhi oleh interaksi manusia, maka sebuah konten yang isinya sudah kadaluarsa akan selalu akan kalah oleh sebuah konten yang up to date.
Jangan lupa juga untuk menambahkan sebuah gambar atau video dan audio pada konten anda. Hal ini memang sepertinya sangat sepele, akan tetapi ini bisa menjadi jadi salah satu faktor yang sangat menentukan. Menurut QuickSprout, sebuah konten yang berisi sebuah gambar akan menjadi konten yang lebih banyak dilihat apabila dibandingkan dengan konten tanpa gambar. Perbedaannya mencapai 94 %, perhatikan gambar berikut.
Gambar yang digunakan pada sebuah harus bisa mempermudah proses menjelaskan isi dari suatu konten. Selain itu juga, dengan menggunakan sebuah gambar maka orang yang membaca akan menjadi lebih tertarik untuk membagikan atau share konten anda kepada temannya. Makara walaupun konten berupa berupa sebuah artikel, maka artikel tersebut wajib berisi sebuah gambar.
Jangan lupa juga untuk memakai gaya bahasa dan teknik formatting yang lebih baik. Banyak orang yang ragu untuk menulis sebuah artikel yang panjang karena minat membaca orang Indonesia sangat rendah. Makara para penulis mereka takut apabila para pembacanya kabur sebelum mereka final membaca.
Apabila ada orang yang memang tidak berminat untuk membaca, maka mereka tidak akan pernah membaca artikel anda sama sekali dari awal walaupun artikel anda ialah artikel yang sangat pendek. Tapi letak kesalahannya ada pada teknik penulisannya, bukan karena minat baca orang Indonesia yang rendah, tetapi karena si penulis tidak bisa membuat sebuah bacaan yang menarik. Perhatikan gambar dibawah ini :
Menurut anda, lebih enak baca yang mana, yang kiri atau kanan...?
Apabila anda menerapkan semua tips di atas maka artikel gres yang akan anda akan menjadi sebuah artikel yang lebih lengkap dari pada artikel yang sudah ada apabila semua artikel tersebut digabungkan. Dengan kerangka konten menyerupai ini maka konten anda akan menjadi konten yang populer dan akan menerima peringkat satu di Google.
3. Mempromosikan Konten Pada Orang yang Tepat
Ada dua kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang blogger setelah final menerbitkan sebuah konten yaitu mereka tidak mempromosikan konten mereka sama sekal, dan mereka mempromosikannya kepada orang yang tidak tertarik dengan isi konten tersebut. Anda harus mengetahui bahwa promosi konten ialah tahap yang lebih penting dari pada tahap pembuatan konten.
Apabila di internet setiap harinya minimal ada 1,5 juta artikel gres yang diterbitkan. Maka anda jangan berharap bahwa konten anda akan ada orang yang membaca apabila tidak dipromosikan. Kalau sudah menyerupai itu akan percuma apa yang sudah anda kerjakan tapi tidak ada orang yang membacanya.
Dalam melaksanakan sebuah promosi, perhatikanlah orang yang ingin kita jadikan sebagai targetkan. Promosi yang kita lakukan harus sempurna sasaran. Jangan hingga anda melaksanakan promosi sebuah artikel kepada orang yang tidak memiliki ketertarikan dengan topik artikel anda apabila anda tidak ingin dibenci oleh semua orang di internet karena anda melaksanakan spaming.
Saya melihat ada banyak orang yang mempromosikan kontennya salah sasaran, contohnya di group facebook. Ada sebuah group yang berjulukan “visual kei japan group” yang anggotanya para pecinta musik jepang dan group tersebut sangat kental dengan nuansa Jepang, tapi ada orang yang mempromosikan artikel perihal “manfaat kulit jeruk dan kulit markisa”. Tapi lucunya lagi banyak orang yang melaksanakan hal menyerupai ini.
Saya sarankan untuk anda yang ingin melaksanakan promosi konten supaya melaksanakan promosi tersebut ke sebuah forum. Karena ada banyak orang yang bertanya di forum menginginkan sebuah solusi jarang ada tanggapan yang memuaskan dari anggota lain forum tersebt. Maka inilah sebuah kesempatan kita untuk bisa membantu mereka sambil melaksanakan promosi.
Selain berpromosi di forum, anda juga bisa berpromosi dengan cara memanfaatkan para influencer. Yang termasuk influencer ialah blogger, seleb facebook atau twitter, para jurnalis online, dan lainnya. Hubungi mereka dan beritahukanlah konten anda. Karena anda sudah mempunyai sebuah konten terbaik, kemungkinan mereka akan membantu anda untuk mempromosikan blog anda.
Tapi apabila anda sudang menghubungi mereka dan tidak ada respon. Maka anda harus ingat apa yang dikatakan oleh Bondan Prakoso di dalam lagunya “ya... sudahlah...”. Tidak ada ruginya anda mencoba, tapi anda akan jauh lebih rugi apabila anda tidak mencoba sama sekali.
Selain influencer ada orang lain lagi yang bisa ada hubungi yaitu linker dan sharer. Seorang linker ialah orang yang bisa memasang sebuah link ke blog lain. Apabila seseorang sudah pernah mempromosikan sebuah konten, maka kemungkinan besar mereka tidak akan merasa keberatan pada dikala kita minta mereka untuk mempromosikan sebuah konten yang sejenis.
Yang harus anda lakukan untuk bisa menemukan para linker adalah, copy salah satu artikel yang sudah anda kumpulkan pada tahap awal tadi. Kemudian setelah itu paste di Open Site Explorer atau Ahrefs. Perhatikan gambar berikut.
Inilah para linker yang sudah pernah mempromosikan sebuah konten yang sejenis dengan konten yang sudah anda buat.
Sedangkan sharer ialah orang yang membagikan sebuah konten ke social media. Karena seorang linker tidak selalu ada dan pada biasanya jumlah mereka hanya sedikit, maka sebaiknya anda juga mencari para sharer ini.
Itulah beberapa cara untuk mempromosikan sebuah konten yang efektif. Masih ada banyak lagi teknik untuk mempromosikan sebuah konten, dan karena artikel ini tidak cukup untuk menampung semua tips tersebut maka saya sudahi dulu artikel ini hingga disini. Anda bisa membaca teknik promosi konten selengkapnya disini.
Selamat membuat konten...
Post a Comment for "Cara Membuat Konten Berkualitas yang Bisa Populer dalam Topik Apapun"