Content Marketing Adalah Senjata Utama Dalam Strategi SEO
Memang konten marketing dan SEO pada dikala ini menyerupai dua sisi yang berbeda pada sebuah koin. Dulu, sebuah kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang content marketer yaitu tidak memperhatikan SEO. Begitu juga sebaliknya, seorang praktisi SEO tidak terlalu memperhatikan konten.
Karena content marketer dan paraktisi SEO, kedua pihak tersebut sama-sama menganggap hal itu yaitu hal yang percuma. Maka akibatnya, proses pengembangan sebuah blog atau situ tidak akan berjalan secara maksimal. Sebuah taktik konten marketing yang sempurna dan dibantu oleh meningkatkan secara optimal mesin pencari atau search engine merupakan kunci sukses dari suatu blog dan bisnis online yang anda jalankan.
Bahkan, hampir semua jenis pemasaran online yang mengandalkan meningkatkan secara optimal SEO akan sangat bergantung dengan konten. Setelah anda membaca artikel ini, maka anda sebagai seorang praktisi SEO akan memiliki sebuah mindset yang sama menyerupai seorang content marketer dan begitu pula sebaliknya.
Pengertian Content Marketing
Content marketing merupakan sebuah usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan sebuah konten yang bermanfaat bagi orang lain yang bertujuan untuk supaya para pembaca atau audiance akan mengenali jenis bisnis atau usaha anda. Teknik pemasaran menyerupai ini sangat populer pada dikala ini, kita dapat melihat perkembangan yang sangat pesat dalam grafik berikut ini :
Contoh Penerapan Content Marketing
Sebuah produk kecantikan menerbitkan menerbitkan sebuah konten yang berisi sebuah cara make-up untuk prewedding dan bagai mana cara untuk membuat make-up yang terlihat natural. Dengan menyerupai itu, semua orang yang mencari sebuah informasi wacana konten tadi akan datang ke blog atau situs penjualan produk kecantikan tersebut.
Apakah dari sini anda dapat melihat korelasi content marketing dan SEO...?
Seorang content marketer akan sangat membutuhkan pengetahuan wacana SEO semoga semua konten yang diterbitkannya mampu menerima sebuah peringkat yang terbaik di search engine atau mesin pencari, alasannya yaitu Google yaitu sumber traffic terbesar dikala ini.
SEO modern yaitu Content Marketing + SEO
Sejak dulu, semua orang yang memiliki antusias yang besar dengan SEO selalu berusaha untuk mencari sebuah celah bagaimana caranya supaya blog dan situs mereka mampu menerima sebuah peringkat yang tinggi di search engine Google. Entah itu dengan cara mempermainkan kata kunci, backlink, ataupun social signal.
Akan tetapi kunci utama dari sebuah SEO, baik untuk sekarang maupun untuk di masa depan, dapat kita bongkar dengan cara melihat apa yang gotong royong semua pihak inginkan di dalamnya. Ada tiga pihak di dalam SEO yaitu pengguna, situs, dan Google. Perhatikan gambar berikut ini :
Seorang pengguna ingin menerima sebuah informasi terbaik dengan durasi waktu secepat mungkin. Dan untuk memuaskan para pengguna, pihak Google akan menempatkan sebuah informasi terbaik pada posisi teratas. Dengan demikian, untuk menerima sebuah posisi teratas, yang harus anda lakukan yaitu menyediakan sebuah yang informasi terbaik.
Karena itulah suatu konten memegang sebuah peranan terpenting. Konten yang baik sama dengan sebuah informasi yang berkualitas. Maka untuk dapat membuat sebuah konten terbaik, maka seorang praktisi SEO harus mempelajari content marketing. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa di dalam digital marketing, SEO dan Content Marketing memiliki sebuah korelasi yang sangat erat.
Yang Harus Anda Lakukan
Dengan menyadari sebuah peranan penting dari suatu konten di dalam SEO, maka sudah pasti setelah ini anda akan fokus pada pembuatan sebuah konten dan pada penerbitan sebuah konten. Tapi anda harus berhati-hati dalam membuat sebuah konten alasannya yaitu ini mampu menjadi sebuah kesalahan besar.
Tidak semua konten itu baik untuk SEO. Apabila suatu konten dibuat secara asal-asalan, maka konten tersebut tidak akan menghasilkan apapun. Semua orang tidak ingin membaca sebuah konten yang tidak masuk akal, begitu pula dengan Google. Karena itu coba perhatikanlah beberapa aturan main dalam membuat konten berikut ini :
Baca juga :
1. Utamakan Kualitas Konten
Tidak ada orang yang mau membaca sebuah konten yang berkualitas rendah, dan Google pun tidak akan mau menempatkan konten yang berkualitas rendah tersebut di posisi teratas (Kecuali tidak ada konten lain yang serupa sama sekali).
Oleh alasannya yaitu itu janganlah membuat sebuah konten yang memiliki kualitas yang rendah. Semakin banyak konten yang berkualitas rendah di blog atau situs anda, maka akan semakin rendah pula kualitas blog dan situs anda secara keseluruhan.
2. Kuantitas Tidak Penting
Memang sebuah kuantitas selalu hambir berbanding terbalik dengan sebuah kualitas. Kecuali anda mempunyai banyak para penulis profesional. Semakin sering anda menerbitkan sebuah konten, maka akan semakin sulit untuk mampu mempertahankan kualitas konten tersebut.
Konten memang sangat penting, tapi anda jangan hanya membuat sebuah konten alasannya yaitu anda ingin mempunyai konten. Pastikanlah apa yang anda bahas dalam suatu konten tidak memiliki kesamaan dengan konten milik blog dan situs lain, dan pastikan konten yang telah anda buat mempunyai nilai lebih tinggi dari pada konten milik tentangan anda.
3. Google Menilai Halaman, Bukan Situs
Pihak google tidak akan peduli apakah blog anda mempunyai seribu halaman atau hanya memiliki satu halaman saja, yang menerima posisi yang terbaik hanya sebuah konten terbaik juga. Jumlah halaman pada blog anda tidak akan berpengaruh.
Oleh alasannya yaitu itu, akan menjadi lebih baik apabila anda membuat satu konten dengan kualitas tinggi dari pada anda membuat banyak konten yang berbeda tapi dengan topik yang sama persis dan tidak berkualitas.
4. Konten Berkualitas Belum Cukup
Walaupun sebuah konten memegang peranan yang besar, tapi walau bagaimanapun Google yaitu sebuah robot. Google dapat menentukan apakah suatu artikel relevan dengan apa yang diinginkan oleh pembaca, tapi Google tidak dapat eksklusif membaca suatu artikel untuk dapat menentukan kualitasnya.
Karena itulah Google sangat membutuhkan sebuah derma yang berasal dari faktor luar yaitu kepuasan pembaca. Dengan menyadari hal ini, maka yang harus anda lakukan setelah menerbitkan sebuah konten yaitu memberitahukan eksistensi konten tersebut kepada orang lain dengan cara promosi.
5. Penggunaan keyword
Seorang Content marketer seringkali melupakan keyword. Padahal keyword yang memegang sebuah peranan penting di dalam SEO. Penggunaan keyword di dalam artikel dapat merubah suatu artikel menjadi pedang yang tajam, pedang yang tumpul, atau pedang bermata dua. Ada empat kesalahan utama yang sering dilakukan dalam penggunaan sebuah keyword untuk konten, yaitu :
Keyword stuffing : Menggunakan sebuah keyword yang sama secara berulang-ulang di dalam satu halaman. Menggunakan keyword menyerupai ini akan dapat berakibat fatal, maka dari itu gunakanlah keyword yang tidak berlebihan.
Keyword umum : Mengincar sebuah keyword yang terlalu umum atau luas tanpa mempedulikan search intent atau melupakan tujuan pencarian.
Tanpa keyword : Apabila anda sudah mempublikasikan sangat banyak konten, maka anda akan dapat mencicipi bahwa sebuah konten yang mengincar suatu kata kunci tertentu secara sempurna akan mampu mendapat sebuah volume pengunjung yang jauh lebih besar dari pada konten yang tidak mengincar keyword sama sekali.
Persaingan Internal : Sebuah blog atau situs pada umumnya hanya muncul sekali pada satu halaman search engine atau hasil pencarian. Apabila di blog anda ada lebih dari satu konten yang mengincar sebuah keyword utama yang sama, maka hal tersebut akan dapat menjadikan terjadinya persaingan internal halaman.
Post a Comment for "Content Marketing Adalah Senjata Utama Dalam Strategi SEO"