Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami dan Menerapkan SEO Pada Blog Anda

Memahami dan Menerapkan SEO Pada Blog Anda

Sebagai blogger, SEO merupakan sebuah teknik yang harus bisa anda kuasai dan harus anda aplikasikan sebagai pemilik suatu blog dengan tujuan untuk bisa menerima sebuah peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Tapi biasanya para blogger pemula biasanya merasa takut dengan SEO. Yang menjadi salah satu penyebabnya yaitu karena para blogger pemula akan menemui begitu banyak istilah-istilah gres dan banyak teknik-teknik yang tidak akan diajarkan di sekolah dulu. Dan kesudahannya beberapa orang hanya menganggap SEO sebagai barang aneh.


Anda yang pada ketika ini sama sekali belum mengerti dan belum memahami ihwal ilmu SEO, diperlukan di selesai artikel pembahasan SEO ini anda akan dapat memahami dan mengerti bagaimana cara untuk mengaplikasikan SEO untuk blog anda. Sedangkan apabila anda sudah mengerti ihwal SEO secara sekilas, maka anda akan dapat mendalami SEO pada beberapa atikel yang ada di ini.


SEO dan mesin pencari


Pada ketika anda sedang membutuhkan sebuah isu dari internet, apa yang akan anda gunakan untuk dapat mencari isu yang anda butuhkan tersebut...? Apabila anda sudah merasa dekat dengan dunia digital, pasti anda merasa tidak asing lagi dengan keduanya. Google dan Bing merupakan pola website mesin pencari atau search engine. Bukan hanya anda saja yang dapat menggunakan kedua search engine tersebut. Tapi juga ada ratusan juta orang lain Indonesia yang menggunakan search engine dan bahkan ada milyaran orang dari banyak sekali penjuru duniayang menggunakan mesin pencari tersebut. Semua mencari sebuah isu dengan menggunakan mesin mencari sebagai alat untuk berselancar di dunia digital.

Itu sebabnya kenapa search engine dapat mendatangkan begitu banyak orang ke blog  anda. Tidak hanya itu, mesin pencari juga mengirimkan para pengunjung dengan sebuah kualitas yang tinggi. Apabila anda menulis atau membuat sebuah artikel di blog anda, maka orang-orang yang datang dari mesin pencari lah yang kemungkinan besar akan membaca artikel anda tersebut.


Tidak Semua Blog Membutuhkan SEO


Tidak semua blog membutuhkan SEO karena tidak semua blog membutuhkan pengunjung yang berasal dari search engine. Ada beberapa jenis blog yang justru tidak akan efektif apabila menerapkan teknik SEO sebagai seni administrasi utamanya. Sebuah search engine menyerupai Google akan menampilkan beberapa daftar blog yang sesuai dengan kata kunci yang telah dimasukkan oleh user. Ini artinya anda hanya akan bisa menerima pengunjung jikalau sebuah keyword yang ada di blog anda diinginkan oleh user.

Coba anda bayangkan jenis blog Humor, blog personal,  dan blog yang mempunyai niche dongeng fiksi. Sangat jarang dan bahkan mungkin saja tidak ada orang yang mencari sebuah artikel dari jenis blog tersebut lewat search engine. Maka dari itu, sebuah seni administrasi pemasaran utama mereka bukanlah SEO, tapi mereka menerapkan social media marketing misalnya mereka menggunakan iklan berbayar, atau teknik promosi yang lainnya.

Apabila jenis blog anda yaitu jenis blog yang tidak pernah dicari lewat search engine, maka anda tidak harus menguasai teknik SEO. Namun sebaliknya, anda harus mempelajari teknik SEO dan mengaplikasikannya ke blog anda apabila anda yaitu seorang blogger profesional, pemilik situs bisnis, pengembang software berbasis web, profesional yang memanfaatkan website untuk membangun reputasi, affiliate dan CPA marketer , pemilik toko online, penjual produk dan jasa lewat internet, profesional yang memiliki portfolio online, pengusaha yang ingin melaksanakan pemasaran online dan lainnya.

Orang-orang tersebut dituntut harus dapat mengerti dan memahami teknik SEO minimal menguasai dasar-dasarnya. Yang menjadi alasan utamanya yaitu karena calon pelanggan, customer, dan pengguna mereka banyak yang menggunakan search engine. Teknik SEO dapat menjadi sebuah faktor utama yang menjadi penentu kesuksesannya.


Optimasi Halaman dan Konten untuk Mesin Pencari


SEO On page merupakan sebuah faktor yang dapat menentukan teroptimasi atau tidaknya suatu blog terhadap search engine yang dilihat dari episode dalam blog tersebut. Ini artinya, anda akan melaksanakan sebuah meningkatkan secara optimal di episode dalam blog milik anda sendiri. Optimasi SEO on page ini bertujuan suapaya search engine dapat mengetahui apakah blog anda memang relevan atau sesuai dengan apa yang dicari oleh para pengguna search engine.

Dan apakah blog anda benar-benar memiliki sebuah kualitas terbaik. Oleh karena itu, dua kunci yang harus ada di blog anda yaitu relevan, kualitas. Tanpa memenuhi kedua kunci tersebut, maka akan mustahil anda bisa menerima peringkat satu di searh engine.


Konsep SEO On Page


Di dalam sebuah SEO, konsep meningkatkan secara optimal on page merupakan hal utama yang harus anda mengerti dan pahami. Masih ada kategori meningkatkan secara optimal SEO lain selain on page, tapi tanpa anda menerapkan sebuah meningkatkan secara optimal on page maka akan menjadi percuma apabila anda melaksanakan seni administrasi lainnya.


Inti Dari SEO On Page

Ada beberapa alasan seorang web master mengoptimasi SEO pada blognya yaitu 

·         Mesin pencari mengerti struktur website anda
·         Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
·         Memudahkan pengunjung dalam melaksanakan eksplorasi
·         Pengunjung merasa betah di dalamnya

Sebuah search engine dapat menilai apakah para pengunjung merasa puas atau tidak dengan suatu halaman yang telah mereka kunjungi. Bayangkanlah apabila anda mencari suatu isu di Google, dan kemudian anda masuk ke salah satu blog. Ternyata isi blog tersebut tidak dapat memuaskan. Kemungkinan besar setelah beberapa waktu anda akan klik ‘back’ dan mencari blog lain. Pada intinya, Google ingin menampilkan semua blog yang dapat memuaskan para user, maka dari itu blog anda pun harus dapat memuaskan para user tersebut.


Komponen Halaman Blog yang Optimal


Ada beberapa faktor yang dapat mensugesti kepuasan para pengguna blog yaitu :

1.    Artikel dengan kualitas terbaik

Sebuah artikel merupakan sebuah komponen utama yang ada di dalam suatu halaman blog. Ini artinya, sebuah artikel memegang peranan besar dalam melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO on page. Akan menjadi hal yang mustahil menerima peringkat satu tanpa mempunyai sebuah artikel berkualitas. Sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila :
·         Artikel tersebut memperlihatkan manfaat kepada pengunjung
·         Lebih menonjol apabila dibandingkan dengan artikel lain yang sejenis
·         Disimak dan dibaca dalam waktu yang panjang
·         Memicu perasaan pengunjung menyerupai kagum, terinspirasi dll.
·         Menyelesaikan permasalahan para pengunjung

Apabila anda ingin menerima sebuah peringkat yang memuaskan di search engine dalam durasi waktu yang cukup lama, maka artikle anda sebaiknya memenuhi kelima poin tersebut. Perlu anda ketahui juga apabila Google secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka menentang sebuah artikel menyerupai berikut :

·         Tidak memiliki kata dan kalimat yang tidak berbobot
·         Tidak bisa memperlihatkan nilai tambah untuk para pembaca
·         Artikel tidak original
·         Membuat para pembaca frustrasi karena kualitas artikel rendah

Apabila artikel anda masuk ke dalam salah satu poin tersebut, maka akan menjadi hal yang sangat sulit untuk menerima sebuah peringkat yang tinggi. Dan lebih parahnya, artikel menyerupai poin diatas akan beresiko menerima penalti dari Google. Google dan search engine lainnya secara aktif terus memperbaharui algoritma-nya. Dari waktu ke waktu, mereka akan menjadi semakin dapat memahami sebuah kualitas dari suatu artikel.

Maka dari itu, anda harus berhati-hati dalam menerbitkan sebuah artikel dalam blog anda.


2.      Keyword

Cobalah untuk mengingat kembali kapan terakhir kali anda menggunakan search engine Google, pada ketika itu anda menulis beberapa kata sebagai kata kuncinya. Setelah itu Google menampilkan semua hasil yang berkaitan dengan keyword yang anda masukan tadi. Semakin relevan dengan kata kunci atau keyword, maka akan semakin tinggi peringkatnya. Jadi, mengoptimasi sebuah halaman maka berarti mengoptimasi sebuah keyword. Setiap halaman yang ada di blog anda harus dioptimasi minimal untuk satu keyword.

Caranya yaitu dengan menyertakan sebuah keyword dalam suatu halaman blog anda tepatnya di dalam episode artikel, di judul, dan di URL. Dengan demikian, diperlukan search engine dan pengunjung akan pribadi dapat memahami apa isi dari suatu halaman blog anda.


3.    Judul halaman

Cara termudah untuk mengoptimasi episode judul yaitu dengan menyertakan sebuah keyword utama yang anda targetkan. Misalnya kata kunci anda yaitu “belajar SEO”, maka judulnya harus mengandung kata “belajar SEO”. Tapi itu saja belum cukup, karena hal yang terpenting di dalam judul bukanlah meningkatkan secara optimal pada episode keyword, akan tetapi meningkatkan secara optimal yang dilakukan terhadap ketertarikan manusia. Apabila judul artikel yang anda buat bisa menarik perhatian banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.

Misalnya ada dua blog yang bersaing, di peringkat satu dan dua. Dan ternyata peringkat dua mempunyai lebih banyak menerima pengunjung apabila dibandingkan dengan peringkat satu, karena sebuah judul yang dibuat lebih menarik perhatian, sehingga dapat menerima banyak yang klik.



Google ingin mengutamakan sebuah hasil yang terbaik, maka blog yang ada di peringkat dua tersebut akan dinaikkan ke peringkat pertama. Kenapa...? Karena judul merupakan sebuah unsur halaman yang paling pertama yang akan dibaca di hasil pencarian, maka dari itu dengan mengoptimasi episode judul maka jumlah klik akan bertambah.

Baca juga :

4.    URL Singkat & Deskriptif

Walaupun sebuah URL tidak memiliki pengaruhnya besar, tapi sebuah URL yang mengandung kata kunci dapat mensugesti sebuah peringkat blog anda di search engine. Sebuah URL yang rupawan akan selalu relevan dengan isi dari suatu halaman. Contohnya :

·         Halaman produk ‘Acer Aspire’ > domain.com/laptop/acer-aspire/
·         Halaman ihwal ‘SEO’ > domain.com/SEO/

Buatlah sebuah URL yang dapat mendeskripsikan isi artikel, akan menjadi lebih baik lagi apabila URL tersebut mengadung keyword utama.


5.    Meta description yang Deskriptif

Meta description merupakan sebuah kalimat yang muncul dalam hasil pencarian. Meta description bekerjsama tidak akan mensugesti rangking suatu halaman blog anda. Selain itu, meta description tidak akan selalu muncul di search engine. Karena pada ketika ini Google lebih sering menggunakan sebuah kalimat yang ada di dalam artikel sebagai deskripsi halaman.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya apabila pada episode deskripsi ini dioptimasi. Dengan membuat sebuah meta description yang menarik, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan para pengunjung akan mengunjungi blog anda. Semakin banyak klik yang berasal dari insan maka akan semakin baik peringkat suatu halaman.


6.    Gambar Berkualitas yang Berukuran Optimal

Bayangkanlah ada sebuah halaman blog yang isinya 100 % teks, blog tersebut pasti sangat membosankan. Maka dari itu, sebuah gambar atau video yaitu sebuah nilai tambah. Tapi anehnya, banyak orang yang beranggapan bahwa gambar justru akan dapat merugikan, padahal tidak ada kerugian apapun dalam menggunakan multimedia di dalam dalam sebuah artikel.

Kecuali, apabila jumlah konten multimedia di blog anda sangat banyak sehingga membuat komputer para pengunjung blog anda menjadi macet. Atau apabila anda menggunakan konten multimedia yang tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel anda. Berikut ini yaitu beberapa tips yang bisa anda gunakan:

·         Gunakan sebuah gambar yang berafiliasi dan dapat menjelaskan pembahasan pada suatu artikel
·         Gunakanlah tipe ekstensi yang sempurna supaya ukuran file tidak membengkak
·         Pastikanlah resolusi sebuah gambar yang anda gunakan sesuai dengan apa yang ditampilkan
·         Kompres gambar yang akan digunakan supaya menjadi optimal
·         Tambahkan juga atribut alt pada ketika anda memasang gambar pada blog anda


7.    Referensi

Poin ke tujuh ini merupakan sebuah poin sangat penting terutama untuk blog baru. Google yang berperan sebagai sentra isu tentunya mempunyai cita-cita untuk dapat menyediakan sebuah artikel yang terpercaya. Supaya isu yang ditampilkan pada search engine tidak menyesatkan banyak orang. Inilah sebabnya kenapa blog dan situs besar lebih mudah untuk masuk halaman pertama search engine, yaitu karena reputasi yang dimiliki oleh blog dan situs besar sudah terbangun semenjak lama.

Karena blog anda masih baru, maka Google akan menganggap isi blog anda belum dapat dipercaya. Karena blog anda belum dipercaya, maka akan menjadi lebih sulit untuk bisa menerima sebuah peringkat yang cukup tinggi. Pada episode inilah link tumpuan mengambil tugas untuk dapat membantu anda. Sebuah link yang mengarah ke blog lain yang memiliki reputasi rupawan dan relevan maka akan membuat reputasi artikel anda menjadi lebih baik.


8.    Internal link

Selain mempermudah pengunjung untuk menavigasi blog anda, internal link juga berkhasiat untuk menurunkan bounce rate. Bounce artinya pada ketika seseorang masuk ke blog anda, dan kemudian pengunjung tersebut pribadi keluar tanpa melaksanakan apapun. Apabila bounce rate dari blog anda tinggi, hal tersebut bisa disebabkan oleh kualitas halaman anda mengecewakan, dan blog anda sulit dinavigasi. Sebuah blog yang mengecewakan para pengunjung tidak akan menerima sebuah peringkat yang tinggi.

Bounce rate ini bisa menjadi sebuah faktor yang dapat menunjukkan tingkat kepuasan pengunjung. Salah satu cara untuk dapat menurunkan bounce rate yaitu dengan memasang sebuah internal link atau link antar halaman, supaya para pengunjung dapat dengan mudah berkunjung ke halaman lain yang ada di dalam blog anda.


                        9.    Artikel Anda Bisa di-Share ke Social Media

Pada ketika ini Google memang tidak menganggap jumlah share sebagai sebuah faktor penentu peringkat di search engine, tapi bukan berarti social sharing itu tidak penting. Social share mempunyai sebuah dampak yangtidak pribadi terhadap peringkat suatu blog. Berikut ini manfaat yang akan anda dapat dari social share :

·         Mendapatkan komplemen pengunjung
·         Branding, blog anda akan menjadi dikenal
·         Faktor kepuasan akan bertambah tinggi apabila blog anda bisa memuaskan pengunjung yang datang
·         Beberapa dari pengunjung anda akan memperlihatkan sebuah backlink
·         Social media dapat membangun brand blog anda lebih cepat


Pada ketika blog anda sudah dikenal, maka banyak orang yang akan mencari blog anda menggunakan Google, karena banyak orang yang mencari lewat Google, maka ini artinya sebuah reputasi yang dimiliki oleh blog anda akan dianggap lebih rupawan oleh Google. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasang tombol share di blog anda.


10. Kecepatan Respon

Sebuah blog yang lebih cepat akan bisa menerima sebuah peringkat yang lebih baik. Sebuah blog yang berada di peringkat atas yaitu blog yang mempunyai waktu respon yang lebih singkat.


Time to First Byte atau TTFB yang memiliki arti waktu yang dibutuhkan oleh server website hingga user mendapat satu byte pertama. Atau dengan kata lain TTFB ini yaitu waktu respon server. Para pengunjung akan jadi lebih nyaman berada di dalam sebuah blog yang memiliki waktu loading singkat. Ada beberapa hal yang dapat mensugesti kecepatan loading suatu blog yaitu :

·         Kualitas hosting yang digunakan
·         Jumlah file .js dan .css pada episode
·         Ukuran halaman yang terlalu besar


Ingatlah bahwa eksistensi sebuah gambar dan video tidak akan dianggap mengurangi kecepatan suatu blog. Kecuali apabila jumlahnya sangat berlebihan. Anda bisa menguji kecepatan blog anda dengan menggunakan tool Google Page Speed Test. Segera lakukanlah perbaikan apabila skor kecepatan blog anda di bawah angka 75.

Post a Comment for "Memahami dan Menerapkan SEO Pada Blog Anda"