Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Membuat Blog yang Sukses & Bisa Menghasilkan Uang


Hampir semua orang yang bergelut di dalam dunia online marketing mempunyai sebuah blog. Bukan hanya individual saja yang mempunyai harapan untuk bisa menerima sebuah penghasilan dari blog, tapi juga banyak perusahaan, bisnis, dan banyak startup yang ingin bisa menjangkau lebih banyak lagi audience mereka.


Akan tetapi ada sebuah kenyataan pahit di balik fenomena blog ini. Tidak semua blog bisa menjadi blog yang sukses. Sebuah rasio blog yang sukses itu sangat jauh berbeda dengan rasio blog yang tidak sukses. Sangat banyak blog yang menghilang tanpa dapat diketahui lagi keberadaannya oleh siapapun.

Ada begitu banyak faktor yang dapat mensugesti kegagalan suatu blog, akan tetapi yang menajadi faktor utamanya yaitu karena si pemilik blog terlalu sibuk untuk fokus kepada hal-hal yang tidak terlalu penting. Oleh karena itu mereka lupa untuk melaksanakan hal yang sangat penting dan hal yang sangat vital untuk kesuksesan blognya.


Membuat Blog yang Sukses 


Untuk menerima sebuah kesuksesan salam bidang apapun akan membutuh waktu, dan kerja keras. Untuk dapat membuat blog yang sukses, anda harus bisa untuk memprioritaskan beberapa hal sebagai berikut :

1.    Niche

Blog yang terbaik yakni sebuah blog yang selalu fokus dalam satu niche saja. Dengan fokus pada satu niche, maka kita bisa menimbulkan blog tersebut sebagai sebuah sumber isu utama untuk masyarakat luas yang mempunyai ketertarikan dengan niche yang anda pilih.

Apabila blog kita fokus di banyak niche, maka hal tersebut akan mempersulit untuk menerima audience yang loyal. Untuk mempermudah anda memilih niche apa yang sesuai untuk anda, baca disini untuk panduan memilih niche yang sempurna untuk blog dan untuk blogger.


2.   Tentukan domain, platform, hosting, template

Sebuah nama domain yang anda pilih haruslah brandable dan nama domain anda jangan terlalu panjang dan juga harus enak diucapkan. Selain itu, apabila website anda yakni website bisnis maka tempatkan blog anda di subdirektori bukan di subdomain. Ada dua pilihan untuk penempatan blog, apabila anda memiliki sebuah website bisnis yang menjual sebuah produk atau website anda berupa berupa toko online. Maka disarankan gunakanlah subdirektori misalnya domainandacom/blog/ atau subdomain misalnya blog.domainanda.com.

Ternyata, sebuah subdomain akan dianggap oleh mesin pencari sebagai sebuah domain yang terpisah dari domain utama kita. Oleh karena itu mejadi lebih baik apabila anda menggunakan subdirektori supaya otoritas domain utama akan terbawa ke blog.

Untuk memilih sebuah platform, saya sarankan anda memilih WordPress karena WordPress yakni sebuah platform yang paling fleksibel dan anda akan menunjukkan banyak fitur yang sangat lengkap yang akan berkhasiat untuk blog anda. Dalam tahapan ini anda jangan terlalu banyak membuang waktu anda. Anda harus selalu memilih sesuatu yang terbaik.


3.   Metode Monetisasi

Setelah anda melaksanakan dua hal diatas, anda tentunya akan membayangkan sebuah cara bagaimana untuk bisa menerima sebuah penghasilan dari blog anda. Berikut yakni beberapa saran untuk memonetisasi blog anda.

·        Menjual sebuah produk
·        Mempromosikan produk atau afiliasi
·        Menjual sebuah layanan
·        Atau menjadi seorang publisher iklan menyerupai saya...?

Untuk anda yang membuat sebuah blog untuk perusahaan atau untuk startup, maka tidak perlu memikirkan hal ini. Mungkin tujuan utama anda membuat sebuah blog yakni untuk menerima sebuah penghasilan. Akan tetapi jangan terlalu fokus dengan uang apabila anda masih di awal proses blogging. Anda harus fokusl dulu untuk bisa membantu orang lain yang sedang membutuhkan sebuah informasi.


4.   Keyword Research

Proses keyword research ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menentukan sebuah topik turunan dari niche utama anda. Misalnya anda mempunyai sebuah blog yang mengambil niche perihal teknologi, maka topik turunannya yakni gadget, komputer, internet dan lainnya. Nah, Untuk dapat menemukan topik bahasan tersebut, anda harus berkunjung ke banyak sekali situs komunitas yang sedang membahas niche anda.


5.   Menemukan Calon Pembaca

Sebelum memulai aktifitas blogging, anda harus memastikan dulu siapa audience anda. Pada tahapan ini terbilang sangat penting supaya anda bisa memahami permasalahan menyerupai apa yang bisa anda selesaikan. Ada beberapa alasan kenapa kita harus bisa menemukan mereka, yaitu :

·        Untuk bisa mempelajari blog menyerupai apa yang bisa sukses dalam niche tersebut. Dalam hal ono peran anda yaitu membuat sebuah blog yang berkualitas dan jauh melebihi blog para pesaing anda.

·        Untuk bisa memahami topik apa saja yang sering dibahas dan apa saja yang sering mereka rekomendasikan.

·        Apabila anda tidak mempunyai kekerabatan yang baik dengan blogger lain, maka akan menjadi sangat sulit untuk bisa sukses.

·        Dan yang terakhir yakni konten yang anda buat harus membuat semua orang merasa kagum atau dengan kata lain anda harus membuat konten unggulan anda.


6.   Perencanaan Konten

Seorang pemilik blog yang sukses, mereka tidak membuat sebuah konten secara asal-asalan tapi mereka membuat konten yang berkualitas melalui sebuah proses. Tujuan membuat sebuah perencanaan sebuah konten yaitu supaya konten di blog anda lebih tertata rapi, optimal dan supaya setiap konten yang ada di blog anda lebih bernilai.

7.   Pelajari SEO

Pada pon ketujuh ini bbukan berarti anda harus menjadi pakar SEO. Yang harus anda ketahui perihal SEO untuk blog hanyalah dasar-dasarnya saja, terutama anda harus dapat mengetahui sebuah konsep bagaimana cara mesin pencari menyerupai Google merangking sblog anda dan apa saja yang bisa anda lakukan.

Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa SEO yakni hal paling penting dalam sebuah blog. Maka anda jangan mendengarkan apa yang mereka katakan dan anda jangan terlalu terobsesi dengan SEO. Pahamilah beberapa alasan kenapa anda tidak boleh terobsesi dengan SEO, berikut :

·        Untuk menerima hasil SEO sangat membutuhkan waktu. SEO bukanlah sebuah metode terbaik untuk bisa mempopulerkan blog anda.
·        SEO yakni sebuah proyek jangka panjang, maka dari itu lakukan meningkatkan secara optimal SEO sambil berjalan bersamaan dengan tahapan yang lain yang lebih penting.
·        SEO merupakan sebuah hasil kerja anda. Apabila anda berhasil melaksanakan semua tahapan dengan baik, maka ranking blog anda akan menjadi tinggi.

Untuk anda yang belum paham perihal SEO, silahkan anda membaca perihal panduan SEO disini.


8.   Membuat Konten Berkualitas

Anda jangan menganggap remeh perihal sebuah kualitas pada suatu konten. Buatlah sebuah konten yang akan membuat semua pembaca anda dan semua blogger di dalam niche anda merasa kagum dengan isi konten anda. Baca disini untuk panduan membuat konten yang berkualitas dan konten yang berpotensi menjadi sebuah konten yang viral.


9.   Aktif di Social Media

Social media yakni sebuah daerah semua orang melaksanakan interaksi sosialnya di media. Oleh Karena itulah anda bisa menjangkau lebih banyak orang dari social media ini. Manfaatkanlah eksistensi social media untuk membagikan sebuah konten yang terbaik didalam topik anda. Dengan melaksanakan hal ini maka para pembaca akan tetap setia dengan anda.


10.   Promosi & Distribusi Konten

Distribusi sebuah konten yakni faktor utama di dalam kesuksesan sebuah blog. Kesuksesan blog anda akan ditentukan oleh kepintaran cerdik dan seberapa agresifnya anda di dalam melaksanakan sebuah promosi. Kebanyakan blogger pada ketika ini tidak melaksanakan sebuah promosi konten dan mereka hanya mengandalkan teknik SEO untuk mengembangkan blognya.

Ini yakni hal yang keliru. Sebuah peringkat di Google tidak akan bisa anda atur secara langsung. Karena itu, apabila anda mengandalkan teknik SEO tanpa melaksanakan distribusi konten, maka itu artinya anda hanya menunggu sesuatu yang tidak akan datang. Kecuali apabila memang anda mempraktekkan teknik Black Hat SEO yang memiliki resiko sangat besar.

Ada dua golongan orang yang harus menjadi sasaran anda dalam melaksanakan distribusi atau promosi konten, yaitu Audience atau calon pembaca yang sudah terang mereka tertarik dengan pembahasan, niche, dan industri anda. Dan yang kedua yakni Influencer yang sudah memiliki audience mereka sendiri, misalnya yakni seorang blogger atau seseorang yang sering menyebarkan  ilmu di forum dan di media sosial.

Dalam usaha mendistribusikan sebuah konten anda hanya akan berhasil apabila anda sudah dapat membuat sebuah konten yang berkualitas. Apabila anda belum bisa untuk membbuat konten yang berkualitas maka sebaiknya anda jangan dulu melaksanakan distribusi konten. Semakin tinggi sebuah kualitas konten, maka akan semakin mudah pula dalam mendistribusikannya.

Untuk dapat memasarkan konten ke audience, bergabunglah ke banyak sekali forum dan komunitas sebagai seseorang yang rutin menjawab sebuah pertanyaan dari anggotanya. Sementara itu untuk dapat memperkenalkan konten kepada para influencer, maka anda harus bisa menjalin kekerabatan dengan mereka. Baik itu melalui komentar blog, atau juga lewat social media dan email.

Anda harus ingat bahwa anda jangan pernah menghubungi para influencer hanya sekedar untuk minta promosi. Namun sebaliknya, andalah yang harus lebih dulu menunjukkan sesuatu kepada mereka misalnya anda memasang sebuah link ke blog mereka di sebuah konten anda.


11.   E-mail List

Sebuah kesalahan terbesar yang dilakukan oleh seorang online marketer yakni mereka tidak membuat email list. Berdasarkan pada angka dari HelpScout, email menunjukkan ROI paling besar, bahkan nilainya sangat jauh apabila dibandingkan dengan nilai iklan. Perhatikan gambar berikut :



12.   Analisa Hasil Kerja

Lakukan sebuah analisa terhadap blog anda dengan menggunakan sebuah tool analisa menyerupai tool yang sudah disediakan oleh Google yaitu Google Analytics. Pada tahap ini seringkali dilewatkan oleh para blogger karena merasa merasa kesulitan untuk melaksanakan analisa. Bagi anda yang merasa kesulitan untuk melaksanakan analisa, Baca disini untuk membaca panduan melaksanakan analisa untuk meningkatkan kinerja SEO. Perhatikan gambar berikut :



Apabila anda bisa mengetahui dari mana para pengunjung blog anda datang, maka anda bisa lebih fokus pada sumber traffic tertentu dari pada anda harus melaksanakan sebuah pemasaran secara acak. Sedangkan dengan anda bisa mengetahui tingkat kepuasan para pengunjung mereka, maka anda bisa membenahi kembali blog anda supaya blog anda selalu optimal.



Itulah pembahasan perihal taktik membuat blog yang sukses. Untuk bisa membuat sebuah blog yang sukses anda tidak akan bisa membangun blog tersebut dengan waktu hanya sehari saja, tapi anda membutuhkan banyak waktu minimal dalam hitungan bulan atau bahkan dalam hitungan tahun. Sebuah blog yang sukses bukan disebabkan oleh keberuntung, tapi karena usaha dan kerja kersa si pemilik blog tersebut.

Post a Comment for "Strategi Membuat Blog yang Sukses & Bisa Menghasilkan Uang"