Strategi & Optimasi Terbaik untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense Dalam Waktu 1 Bulan
Google Adsense merupakan sebuah jadwal periklanan yang sangat populer di kalangan para blogger, dan Google Adsense ini ialah salah satu cara paling diandalkan oleh banyak blogger untuk bisa memonetisasi blog mereka. Akan tetapi, untuk mengumpulkan sejumlah uang dari Adsense, bukanlah sebuah perkara yang mudah, khususnya bagi para blogger yang gres bergabung dan gres menjalankan jadwal dari Google ini.
Untuk menerima $ 100 pertama, bisa menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk mereka yang belum bisa memahami sebuah cara untuk mengoptimalkan Google Adsense. Tapi kita bisa lihat para blogger profesional bisa untuk menghasilkan puluhan ribu dolar hanya dalam waktu satu bulan saja dari blog mereka. Harus anda sadari bahwa ada sangat banyak faktor dan banyak alasan yang membuat perbedaan tersebut.
Banyak blogger yang merasa tidak puas dengan pendapatan mereka yang didapatkan dari Adsense. Ada blogger yang bisa menerima banyak klik tapi nilai CPC mereka terlalu rendah, dan ada juga blogger yang bisa memperoleh nilai CPC yang tinggi tapi mereka menerima jumlah klik yang sangat sedikit. Penyebab rendahnya penghasilan Adsense, akan berbeda-beda dari suatu blog dengan blog yang lainnya.
Mungkin bisa saja disebabkan oleh niche blog anda yang mempunyai nilai kliknya sangat rendah dan tidak memiliki banyak pengiklan. Dalam problem ini, tidak banyak yang dapat anda dilakukan kecuali anda mengganti niche blog anda. Tapi dalam beberapa kasus rendahnya penghasilan adsense, penyebabnya yaitu kurangnya optimasi, sehingga menjadikan nilai CTR sangat kecil.
Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan Adsense
1. Ukuran
Banyak blogger yang belum menyadari betapa pentingnya sebuah ukuran suatu unit iklan yang sesuai untuk blog mereka masing-masing. Pilihlah sebuah unit ikla yang berukuran 728 × 90, apabila anda ingin memasang unit iklan pada adegan header. Sebuah ukuran unit iklah yang besar akan selalu menjadi lebih baik. Gambar berikut ini ialah pola dari iklan yang saya gunakan.
Apabila anda memperhatikan gambar tersebut, maka anda akan menyadai bahwa ukuran uni iklan yang lebih besarlah yang mempunyai kinerja yang lebih baik apabila dibandingkan dengan unit iklan yang berukuran kecil. Tapi, anda harus tetap menyesuaikan ukuran iklan tersebut dengan desain blog anda. Lakukan sebuah eksperimen secara terpola menyerupai dan lihat hasilnya.
2. Jenis Iklan
Aturlah unit iklan yang anda gunakan biar menampilkan sebuah teks dan gambar pada saat. Hal ini akan bisa meningkatkan nilai CTR dan CPC pada unit iklan Adsense. Saran saya, gunakanlah unit iklan yang berbentuk teks untuk unit iklan yang ditempatkan di dalam posting, dan gunakan jenis unit iklan teks dan image untuk posisi yang lainnya.
3. Jenis Trafik
Hal inilah yang jarang mendapat perhatian dari blogger yang gres menjalankan jadwal Adsense. Hal ini juga yang menjadikan penghasilan mereka menjadi tidak maksimal. Jenis dari sebuah trafik sangat menentukan seberapa besar pendapatan nda dari jadwal periklanan menyerupai Adsense. Secara garis besar, sumber trafik dibedakan menjadi dua adegan yaitu trafik organik dan trafik non-organik.
Trafik organik merupakan sebuah trafik yang berasal dari search engine. Inilah yang disebut sebagai trafik terbaik untuk Adsense. Oleh karena itulah anda harus fokus pada bagaimana caranya untuk menerima sebuah trafik organik secara maksimal. Sedangkan yang disebut sebagai trafik non-organik yaitu sebuah traffic yang berasal dari sumber lainnya, menyerupai sosial media, forum dan lainnya. Sumber trafik menyerupai ini tidak terlalu baik untuk pendapatan Adsense.
4. Penempatan Iklan
Ini ialah sebuah faktor yang paling menentukan besar kecilnya hasil yang akan anda dapatkan dari Adsense. Apabila anda salah dalam menempatkan unit iklan, maka hal tersebut akan berdampak buruk dalam perolehan pendapatan, bahkan mungkin saja akan menjadi sangat sulit untuk menerima beberapa sen per harinya, walaupun blog anda memiliki sebuah trafik yang cukup tinggi.
Sebuah daerah untuk memasang iklan yang terbaik ialah di adegan dalam postingan misalnya pada adegan header, tengah, atau pada adegan bawah artikel, di sidebar kiri atau kanan halaman, dan di adegan kanan header. Tempat inilah yang selalu menjadi sebuah daerah yang terbaik untuk menerima sebuah perhatian dari para pembaca.
5. Gunakan Produk Adsense Lainnya
Mungkin anda sudah mengetahui bahwa Google Adsense menyediakan beberapa produk, salah satu dari produk tersebut yaitu Adsense for Search. Untuk lebih memaksimalkan penghasilan, maka anda harus mencobanya. Pasanglah Adsense for Search di blog anda. Apabila blog anda mempunyai artikel dengan jumlah yang banyak, maka penggunaan Adsense for search akan memperlihatkan sebuah hasil yang tidak sedikit.
Strategi Meningkatkan Penghasilan Adsense
Berikut ini ialah beberapa taktik untuk menerima sebuah settingan yang terbaik untuk Adsense pada blog anda, sehingga hanya dalam waktu kurang lebih selama satu bulan penghasilan Adsense anda akan meningkat sebanyak dua kali lipat. Apabila anda melaksanakan tips ini dengan baik dan benar, maka anda akan menerima penghasilan Adsense yang meningkat kurang lebih dua kali lipat dari penghasilan anda sebelumnya.
Strategi ini harus anda lakukan secara bertahap dengan batas waktu tenggang sekitanr satu minggu, dan di setiap minggunya, anda harus mencatat kinerja dan penghasilan yang anda dapatkan. Lalu setelah itu pada final bulan anda akan bisa memilih sebuah settingan yang terbaik untuk dapat meningkatkan penghasilan Adsense anda.
Namun, sebelum kita masuk pada pembahasan utama, ada beberapa hal yang harus anda ingat mengenai meningkatkan secara optimal Adsense, yaitu :
· Anda bisa menempatkan iklan Adsense hingga maksimal tiga unit iklan per halaman.
· Google sangat menyukai loading halaman yang cepat. Oleh karena itu, apabila halaman blog anda mempunyai loading halaman yang lambat maka cepatlah lakukan perbaikan.
· Google sangat menyukai konten yang berkualitas,oleh karena itu anda harus menulis sebuah konten gres yang berkualitas. Untuk tips membuat konten yang berkualitas, anda bisa membacanya disini.
· Jangan melaksanakan spaming. Anda jangan pernah membuat sebuah artikel copas dari artikel blog lain, karena hal tersebut tidak akan bisa membawa blog anda menjadi sukses.
· Usahakan juga untuk terus meningkatkan trafik blog anda. Tanpa sebuah trafik, bisa dipastikan bahwa anda tidak akan bisa untuk meningkatkan pendapatan anda dari Adsense.
1. Memilih Ukuran Iklan yang Tepat
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak blogger, bahwa Adsense memperbolehkan anda untuk memasang unit iklan sebanyak tiga unit iklan pada satu halaman blog. Dan Google Adsense juga sudah menyediakan cukup banyak unit iklan yang berukuran besar, (728×90, 336×280, 160×600, dan 300×600). Perhatikan gambar berikut :
Unit iklan inilah yang sudah terbukti paling banyak di klik apabila dibandingkan dengan unit iklan lainnya yang berukuran lebih kecil.
Oleh karena itu, pada tahapan yang pertama ini, disarankan anda harus menggunakan tiga unit iklan yang berukuran besar pada halaman blog anda. Saya menyarankan bahwa anda harus menggunakan tiga unit iklan dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 728×90, 336×280 dan 160×600. Apabila halaman blog anda tidak memungkinkan untuk memasang sebuah unit iklan yang berukuran 728×90, maka anda bisa menggantinya dengan sebuah unit iklan yang berukuran besar lainnya yang telah direkomendasikan oleh Google Adsense.
Hal yang harus anda perhatikan ialah sebelum anda memulai untuk memasang unit iklan tersebut, maka cobalah terlebih dahulu untuk mengamati desain template blog anda secara keseluruhan. Carilah sebuah posisi yang terbaik untuk penempatan iklan Adsense. Menempatkan sebuah iklan pada adegan bawah halaman tidak akan bisa banyak membantu. Oleh karena itulah, problem penempatan unit iklan ini menjadi sebuah permasalahan yang sangat penting.
Mencari sebuah posisi yang sangat pas untuk unit iklan memang tidak terlalu mudah. Tapi, beberapa daerah yang terbaik untuk menempatkan sebuah unit iklan ialah di bawah judul posting dan pada adegan atas konten, di sidebar, dan letakan juga unit iklan persis di bawah artikel. Penempatan sebuah unit iklan yang terbaik, sangat bergantung pada desain blog anda masing-masing. Untuk itulah anda harus bisa menentukan dimana sebuah posisi yang terbaik untuk menempatkan unit iklan pada halaman blog anda.
Selain itu, akan menjadi jauh lebih baik lagi apabila anda menggunakan sebuah pengaturan warna teks yang berbeda untuk masing-masing unit iklan anda. Sesuaikan juga dengan tema dan warna blog anda menyerupai warna teks, link, border dan latar belakangnya. Jangan lupa juga untuk mencatat perubahan apa yang telah anda lakukan di ahad pertama, menyerupai jumlah iklan, ukuran iklan, warna dan penempatan unit iklan.
Google Adsense juga memiliki sebuah akomodasi yang bisa anda gunakan membuat sebuah jalan masuk khusus untuk masing-masing unit iklan. Dengan akomodasi khusus tersebut anda bisa lebih mudah untuk memonitor performa dari setiap iklan. Dan jangan lupa juga untuk mencatat beberapa hal penting dari kinerja iklan anda. Contohnya seperti, berapa total penghasilan anda dalam seminggu, unit iklan mana yang paling banyak di klik oleh pengunjung, dan unit iklan mana yang mempunyai nilai klik yang paling tinggi.
2. Memperkecil Ukuran Iklan yang Mempunyai Performa Rendah
Pada tahap yang kedua ini, Anda sudah memiliki sebuah data untuk semua unit iklan yang telah anda pasang pada tahap pertama. Anda harus bisa mengetahui unit iklan mana yang mempunyai kinerja paling buruk, baik itu dari ukuran, warna atau penempatan unit iklan tersebut. Setelah itu gantilah semua warna unit iklan dengan sebuah warna unit iklan yang mempunyai performa terbaik pada tahap satu.
Setelah itu gantilah unit iklan yang mempunyai performa rendah dengan sebuah unit iklan yang berukuran lebih kecil, misalnya menyerupai 486×60, 250×250 atau ukuran iklan lainnya. Pada intinya, ukuran unit iklan yang mempunyai performa rendah ganti dengan unit iklan yang lebih kecil, dan semua unit iklan berkinerja buruk warnai dengan sebuah warna yang berkinerja paling baik. Kenapa saya harus memperkecil ukuran iklan...? padahal unit iklan yang berukuran besar akan lebih mudah dilihat oleh pengunjung...?
Sebuah ukuran unit iklan yang berukuran lebih kecil akan menampilkan sebuah iklan yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan unit ikla yang berukuran lebih besar. Maka hal ini akan bisa memperlihatkan sebuah pertama untuk memperoleh nilai klik yang lebih besar, sehingga unit iklan tersebut akan memperlihatkan sebuah pendapatan yang lebih besar lagi. Paham...?
3. Buanglah Unit Iklan yang Memiliki Performa Paling Buruk
Pada tahap ketiga ini kita akan mengevaluasi tahap yang kedua. Anda memiliki sebuah data gres tahap kedua mengenai performa unit iklan anda. Carilah sebuah unit iklan yang memiliki kinerja paling rendah dari pada iklan lainnya. Pada tahap ketiga ini anda harus membuang unit iklan dengan kinerja paling buruk dari pada unit iklan lainnya di halaman blog anda.
Ingat...!!? anda harus menghapus dan membuang satu unit iklan yang berkinerja paling buruk sehingga sekarang anda hanya mempunyai dua unit iklan saja yang akan menghasilkan nilai klik yang lebih besar. Semakin sedikit jumlah unit iklan pada halaman anda, maka akan memperlihatkan sebuah nilai klik yang lebih besar. Tapi hal ini dapat beresiko menurunnya jumlah klik iklan, sehingga hal ini bisa mengurangi pendapatan anda. Tapi apabila anda mempraktekan langkah pertama dan kedua dengan sempurna dan benar maka anda tidak perlu khawatir. Oleh karena itu, keseimbangan antara kedua unit iklan tersebut ialah hal yang paling penting yang harus anda perhatikan.
4. Melakukan Evaliuasi Terhadap Tahap Sebelumnya
Pada tahap yang ke empat ini anda pasti mempunyai sebuah data gres dari tahap ke tiga. Yang harus anda lakukan pada tahap ke empat ini ialah memukan sebuah unit iklan yang mempunyai kinerja yang paling buruk pada tahap yang ketiga, dan buanglah unitiklan tersebut dari halaman blog anda. Dengan kata lain anda sekarang hanya mempunyai satu unit iklan saja di blog Anda.
Unit iklan yang tersisa pasti sebuah unit iklan yang ditempatkan pada adegan paruh atas halaman blog anda, atau sebuah unit iklan akan eksklusif terlihat oleh pengunjung tanpa harus melaksanakan scroll layar ke bawah. Dengan sebuah unit iklan yang mempunyai nilai klik paling tinggi atau unit iklan yang mendapat banyak jumlah klik, bisa meningkatkan penghasilan anda secara signifikan. Tapi saya ingatkan sekali lagi, bahwa satu unit iklan juga bisa menurunkan sebuah penghasilan untuk blog tertentu karena mereka hanya akan menerima jumlah klik lebih sedikit. Mendapatkan jumlah klik yang lebih banyak dengan jumlah unit iklan yang banyak, hanya akan dapat bekerja dengan baik pada blog tertentu saja.
5. Tahap Penentuan
Pada tahap final ini, silakan anda bandingkan penghasilan dari keempat tahapan sebelunya yang dilakukan dengan selang waktu selama satu minggu. Mana yang paling tinggi penghasilannya...? apabila anda dapat menemukan salah satu dari empat tahapan yang memperlihatkan hasil yang lebih besar dari pada tiga ahad lainnya, maka itulah sebuah pengaturan terbaik untuk blog anda. Kemudian yang harus anda lakukan ialah mengembalikan setting yang terbaik tersebut dan sesuaikan juga optimasinya pada unit iklan yang lainnya.
Post a Comment for "Strategi & Optimasi Terbaik untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense Dalam Waktu 1 Bulan"