Teknik Promosi Artikel untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Membuat sebuah konten atau artikel itu merupakan salah satu episode terpenting di dalam pemasaran online. Begitu pentingnya sebuah artikel membuat beberapa orang rela menghabiskan waktu selama berhari-hari untuk dapat menyelesaikan satu buah artikel saja. Akan tetapi hal yang lebih penting dari pada membuat sebuah artikel yaitu mempromosikan konten yang telah kita buat.
Tujuannya sudah jelas, yaitu supaya artikel gres atau blog gres anda mampu mendapatkan visitor atau pengunjung. Untuk mempromosikan sebuah artikel atau blog anda harus menghabiskan waktu selama kurang lebih empat kali lipat lebih lama dari pada waktu yang diharapkan untuk pembuatan sebuah konten.
Maka ini artinya apabila anda membuat satu buah artikel dalam waktu selama dua hari, maka sisa hari dalam seminggu yakni untuk melaksanakan promosi artikel anda. Kenapa promosi artikel mampu memakan waktu yang cukup lama...? Hal ini dikarenakan pada ketika anda mempublikasikan artikel anda, di hari yang sama juga ada begitu banyak artikel lain yang serupa yang diterbitkan.
Apabila anda tidak melaksanakan promosi artikel gres anda, maka ini artinya artikel anda hanya menyerupai jarum yang berada di tumpukan jerami. Kalau sudah menyerupai itu, lalu bagaimana mampu sebuah blog gres yang belum dikenal oleh banyak orang mampu mendapatkan perhatian...?
Oleh alasannya yakni itu anda harus melaksanakan promosi konten yang sempurna supaya artikel atau blog gres anda mampu ditemukan oleh orang yang benar-benar memiliki ketertarikan pada blog anda. Namun dalam melaksanakan promosi artikel ini ada harus berhati-hati biar tidak terjebak dalam sebuah kesalahan besar yang identik dengan hal negatif menyerupai spam.
Apabila anda yakni seorang pecinta internet menyerupai saya, pasti anda mampu memahami maksu kesalahan besar tersebut. Semua orang di internet tidak menyukai sesuatu yang berbau promosi dan iklan, terlebih lagi spam. Oleh alasannya yakni itu, apabila anda tidak ingin menjadi sosok yang dibenci oleh banyak orang, maka anda harus mengikuti aturan main ini.
Hal pertama yang harus anda ingat yakni kita tidak mempromosikan sebuah blog, tapi yang akan kita promosikan yakni sebuah artikel atau konten. Ini artinya di setiap kali anda menyimpan sebuah link di aneka macam daerah di internet, maka anda harus membawa calon pengunjung pribadi menuju ke artikel atau konten yang ingin anda promosikan. Bukan ke halaman homepage blog anda. Dengan begitu semua orang yang melihat promosi anda, mereka tidak akan bingung. Mengerti maksud saya...?
Hal yang kedua dalam mempromosikan konten yakni konten atau artikel anda haruslah sebuah konten yang terbaik. Bukan sebuah konten yang dibuat dengan cara copy paste, ganti kata, atau konten tulis ulang. Artikel anda harus mengandung sebuah wangsit gres di dalamnya, dan hal yang terpenting di dalam suatu artikel yaitu harus dapat membantu orang lain untuk menyelesaikan masalah.
Banyak orang yang mengatakan bahwa konten berkualitas yakni konten raja didalam suatu blog, akan tetapi pada kenyataannya sebagian besar para pembuat artikel atau konten tidak mempedulikan kontennya sendiri. Bahkan ada orang yang membuat sebuah artikel hanya dalam waktu hitungan menit saja.
Bahkan lebih parahnya lagi ada seorang yang mempunyai sebuah blog gres memaksakan diri untuk mampu membuat artikel sebanyak mungkin perharinya. Memang tidak ada yang salah dengan hal ini, tapi anda harus ingat bahwa anda tidak perlu menerbitkan terlalu banyak artikel dalam waktu sehari.
Perlu anda ketahui bahwa banyak blog besar yang hanya menerbitkan satu buah artikel saja per bulannya. Karena untuk sebuah blog yang mengandalkan artikel menyerupai ini misalnya, sebuah faktor penentu kesuksesan yakni sebuah kualitas dari suatu artikel, bukan jumlah artikelnya.
Selain itu, anda jangan pernah menggunakan sebuah tool otomatisasi, minimal hingga anda sudah mempunyai audience sendiri. Anda harus memberitahu dan bicara kepada semua orang yang ingin anda promosikan sebagai manusia, bukan sebagai robot, dan lakukan cara promosi secara manual.
Semua hal yang serba otomatis biasanya mengarah kepada tindakan spaming dan tidak ada orang yang menyukai tindakan spaming ini. Setelah anda mengetahui hal tersebut, maka sekarang mari kita pribadi memulai ke langkah yang pertama.
1. Siapkan “Umpan” Sebelum Menerbitkan Artikel
Pada kenyataannya tidak semua jenis artikel akan mampu bisa populer walaupun sudah dipromosikan dengan cara yang benar. Maka dari itu sebuah konsep “promosi konten” harus sudah anda pegang semenjak sebelum artikel anda diterbitkan, bahkan sebelum artikel tersebut dibuat. Untuk dapat melaksanakan hal tersebut, anda harus memilih topik artikel yang sempurna dan isi topik artikel tersebut sebagus mungkin.
Sebuah topik dari artikel anda harus bersifat mendesak. Sebuah topik yang membuat orang lain merasa bahwa mereka harus baca artikel anda pada ketika ini juga. Lebih rupawan lagi apabila topik artikel tersebut mampu membuat mereka berpikir harus share artikel anda kepada temannya.
Sedangkan isi dari artikel anda sebaiknya harus kredibel atau ada sebuah data atau fakta dari sumber yang terpercaya, praktis, emosional dan dapat memancing emosi yang positif dan negatif untuk para pembaca.
Ada sebuah artikel atau konten yang dibuat supaya isinya praktis, dan sebuah artikel yang isinya bertentangan dengan apa yang sudah sering dipelajari oleh para pembaca. Sehingga walaupun banyak yang setuju, akan ada banyak orang juga yang tidak setuju. Sehingga pada pada ketika artikel menyerupai ini di promosikan, jumlah pengunjung akan pribadi meningkat secara drastis dan menurun secara drastis juga.
2. E-mail List
Buat lah sebuah daftar e-mail dan kirimkan artikel anda setiap kali ada artikel baru. Dengan membangun sebuah daftar e-mail, usaha untuk mempromosikan artikel anda akan menjadi lebih mudah.
Bayangkanlah apabila anda mendapatkan 1000 pengunjung perhari dari aneka macam tempat. Tanpa sebuah daftar e-mail maka ini berarti 1000 orang tersebut akan pergi begitu saja. Sehingga pada ketika lain kali anda akan mempromosikan artikel terbaru anda, maka ini berarti anda harus mencari mereka lagi.
Tapi apabila anda mempunyai sebuah daftar e-mail anda hanya perlu fokus pada orang yang e-mailnya belum terdaftar pada daftar e-mail anda. Contohnya apabila ada 1000 orang pengunjung yang datang, dan beberapa di antaranya telah menjadi subscriber. Maka lain kali pada ketika anda menerbitkan sebuah artikel sebagian dari subscriber anda akan pribadi menyadari bahwa anda sudah menerbitkan artikel baru. Baca disini untuk tips teknik building yang menyebabkan artikel mendapat peringkat satu di Google.
Ini artinya pada kali ini anda akan mendatangkan sejumlah pengunjung menjadi hal yang lebih mudah. Sehingga dengan membuat sebuah daftar e-mail sendiri ini berarti anda sudah mempunya sumber traffic yang selalu siap untuk mendapatkan semua artikel gres anda.
3. Posting Artikel ke Media Sosial yakni Kesalahan yang Fatal
Saya yakin apabila anda sudah pernah membaca artikel perihal mempromosikan sebuah blog, pasti anda pernah membaca ada yang menyarankan untuk posting artikel ke media umum setiap kali blog anda mempunyai artikel yang baru.
Harus anda ketahui bahwa hal tersebut yakni sebuah kesalahan yang fatal. Sebagai seorang pemula biasanya kita hanya mempunyai 100 hingga 1000 follower di Twitter atau Facebook. Apa yang terjadi pada ketika kita posting artikel gres ke twitter atau facebook anda...?
Paling hanya ada satu atau dua orang yang like atau retweet postingan anda di mesia sosial. Dan setelah itu semuanya sudah selesai. Maka ini artinya percuma saja apabila anda ngepost ke media umum berkali-kali. Prinsip untuk melaksanakan promosi di media umum sama saja dengan teknik list building, tapi hanya berbeda medianya saja.
Ada dua hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan social media sebagai sarana promosi yaitu jangan pernah menggunakan atau membeli follower atau like dan jangan hanya share sebuah link dari blog anda sendiri saja.
4. Gabung ke Facebook Group
Fcebook group mampu saja menjadi sebuah komunitas atau daerah promosi yang terbaik. Sebelum anda memutuskan untuk bergabung ke facebook group maka anda harus mengingat dua hal ini.
Hal yang pertama yaitu jangan melaksanakan promosi ke grup yang tidak ada kaitannya dengan topik artikel atau blog anda. Percaya atau tidak, banyak orang yang melaksanakan di grup yang tidak nyambung atau tidak ada kaitannya dengan topik artikel.
Yang kedua yaitu jangan melaksanakan promosi ke grup yang isinya sebagian besar spam link dari sebuah. Apabila anda melaksanakan hal ini maka post anda tidak akan terlihat di News Feed para anggotanya. Pastikan juga grup yang anda pilih untuk melaksanakan promosi merupakan group yang aktif berisi komentar dan like bukan hanya berisi spam saja.
5. Gabung ke Google+ Communities
Walaupun Google plus lebih sepi dari Facebook akan tetapi pada umumnya komunitas di Google plus lebih rapi dan memiliki anggota yang antusias. Anda juga harus mengethui bahwa Google plus mempunya filter spam yang jauh lebih kuat dari pada Facebook.
Jadi anda harus berhati-hati dalam melaksanakan promosi disini, sekali posting anda dicap sebagai spam, maka blog anda tidak akan pernah mampu muncul lagi untuk selamanya. Karena setiap post anda akan masuk ke episode filter spam.
6. Gabung ke Berbagai Forum
Walaupun jumlah forum tidak banyak dan parahnya lagi forum yang tidak banyak tersebut berisi banyak spam, akan tetapi melaksanakan sebuah promosi di forum juga dapat mengundang traffic. Tugas utama anda setelah anda bergabung di komunitas atau forum bukan untuk pribadi melaksanakan posting yang berisi link, Makara anda jangan pribadi berkomentar yang berisi sebuah link blog anda apalagi membuat sebuah thread baru.
Untuk melaksanakan promosi di forumanda harus lebih berhati-hati alasannya yakni sudah banyak spam di dalam semua forum. Anda mampu melaksanakan tips ini untuk melaksanakan promosi yang sempurna di aneka macam forum supaya anda tidak di cap sebagai sosok spaming.
Hal yang pertama yang harus anda lakukan untuk mempromosikan artikel anda yaitu anda harus menjawab aneka macam pertanyaan yang diajukan oleh orang lain. Forum yakni sebuah daerah untuk orang-orang yang ingin berdiskusi dan melaksanakan tanya jawab.
Maka tidak jarang anda akan menemukan seseorang yang bertanya perihal topik tertentu. Disinilah celah untuk anda mempromosikan artikel anda, apabila artikel anda mampu menjawab pertanyaan yang ditanyakan, maka beritahukanlah artikel anda kepada mereka.
7. Monitor Percakapan & Artikel Baru yang Relevan
Contohnya anda mempunyai sebuah artikel yang membahas perihal “Belajar Komputer”. Dan ternyata di salah satu situs komunitas ada beberapa orang yang saling bertanya bagaimana caranya mencar ilmu komputer yang baik dan efektif.
Ini merupakan sebuah peluang dan kesempatan untuk mempromosikan artikel anda. Anda mampu melihat bahwa sudah ada orang yang membutuhkan panduan dan artikel anda, maka anda tinggal datang dan menyampaikan link artikel anda tersebut.
Tapi yang menjadi permasalahnya yakni internet itu sangat luas. Lalu bagaimana cara kita supaya mampu menemukan orang yang sedang membicarakan sebuah topik artikel tertentu...? Apabila anda mencarinya secara manual mungkin ankan sangat sulit, tapi apabila anda menggunakan pertolongan dari beberapa tool hal tersebut akan menjadi mudah.
Ada beberapa tool yang dapat kita manfaatkan untuk memonitor semua pembicaraan di seluruh episode internet untuk memudahkan kita dalam menemukan orang yang membutuhkan panduan dari artikel yang gres kita buat, diantaranya yaitu Google Alerts, Fresh Web Explorer, dan Mention.
Untuk dapat menggunakan tool berjulukan Google Alert, coba perhatikan gambar berikut.
Setelah anda menggunakan tool yang berjulukan Google Alert ini, maka untuk tahap selanjutnya setiap kali ada artikel atau ada sebuah diskusi yang sesuai dengan topik artikel anda maka anda akan notifikasi melalui e-mail anda.
Sebenarnya tool yang berjulukan Mention merupakan sebuah tool yang paling lengkap di antara tiga tool tersebut alasannya yakni tool Mention ini mencakup diskusi di Facebook dan Twitter juga. Akan tetapi untuk versi gratisnya hanya mampu untuk 250 notifikasi per bulannya.
8. Tulislah Komentar yang Cerdas & Bermanfaat
Saya yakni termasuk orang yang ketat dalam melaksanakan moderasi komentar di blog. Di blog yanuanda.id ini saja, ada banyak komentar yang masuk tapi hanya beberapa komentar saja yang saya terbitkan.
Sebuah komentar di blog itu memang sangat bermanfaat untuk mendapat pengunjung pribadi walaupun tidak banyak, orang yang berkomentar menjadi orang yang dikenal oleh si pemilik blog apabila komentarnya itu luar biasa, akan tetapi banyak orang yang melaksanakan tindakan spaming di kolom komentar yang sudah saya sediakan.
Jangan buang-buang waktu anda untuk menulis sebuah komentar menyerupai ini. alasannya yakni sebuah komentar yang berbau spam tidak akan bermanfaat untuk siapapun, termasuk untuk diri anda sendiri. Tidak akan membuat peringkat blog anda di Google akan naik.
Tapi ada sebuah komentar yang rupawan atau sebuah komentar yang memang dilakukan oleh orang niat untuk berkomentar. Sebuah komentar yang rupawan bukan alasannya yakni isi komentarnya yang panjang, tapi alasannya yakni memang orang yang berkomentar tersebut ingin bertanya atau berdiskusi dengan si pemilik blog.
Apabila anda menginginkan untuk mendapatkan sebuah manfaat yang besar dari komentar, minimal komentar anda harus menyerupai itu supaya anda mampu menjalin sebuah hubungan dengan si pemilik blog. Pemilik blog apapun pastinya mereka akan senang pada ketika mendapatkan sebuah komentar menyerupai ini, dari pada sebuah komentar yang berbau spam.
Setelah anda mampu menyampaikan sebuah komentar yang bagus, bukan komentar yang berbau spam, maka sebuah jalan untuk dapat menjalin hubungan lebih lanjut dengan si pemilik blog akan terbuka lebar untuk anda.
9. Guest Blogging di Blog
Dengan melaksanakan guest blogging maka para pembaca dari blog lain akan pribadi dapat mengenali anda dan mereka akan pribadi menuju ke blog anda sendiri. Selain itu, melalui guest blogging ini kita juga akan mendapatkan sebuah backlink. Kalau sudah menyerupai itu maka peringkat blog kita di mesin pencari juga akan dapat meningkat secara drastis.
Apabila anda mempunya sebuah blog baru, maka lakukanlah guest blogging di blog yang sudah populer. Apabila anda melaksanakan hal tersebut maka kesannya tidak akan mengecewakan apabila dilakukan dengan benar.
Berikut ini ada beberapa tips untuk dapat melaksanakan guest blogging, diantaranya :
· Lakukanlah guest blogging hanya di blog yang pemiliknya masih aktif.
· Pastikan juga para pembaca di blog tersebut juga aktif berkomentar dan bukan hanya sekedar berterima kasih.
· Jangan melaksanakan guest blogging apabila di blog tersebut terlalu banyak guest blog yang dilakukan oleh blogger lain.
· Topik blog harus sama dengan topik milik blog anda.
10. Buat Pembaca Bisa Membantu Promosi
Sebuah artikel tidak akan pernah menjadi populer apabila hanya anda sendiri yang melaksanakan promosi. Pembaca blog anda juga harus aktif membantu anda melaksanakan promosi. Makara sebetulnya tantangan utama anda bukan “cara mempromosikan”, akan tetapi “bagaimana biar para pembaca mau ikut mempromosikan artikel anda”. Baca juga perihal bagai mana cara yang efektif untuk meningkatkan pengunjung blog.
Ada sebuah korelasi yang kuat antara panjang artikel dengan jumlah share. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh BuzzSumo terhadap satu juta artikel mengatakan bahwa semakin panjang suatu artikel maka jumlah share akan semakin tinggi, coba anda perhatikan gambar berikut.
Oleh alasannya yakni itu, lain kali anda membuat sebuah artikel, jangan merasa puas dengan sebuah artikel yang pendek. Usahakanlah untuk membuat sebuah artikel yang panjang. Selain itu, hal yang harus anda perhatikan yakni penempatan sebuah tombol share. Hal ini memang terdengar sangat sepele tapi anda jangat menyepelekannya alasannya yakni letak tombol share ini akan sangat berpengaruh.
Ada tiga daerah efektif untuk memasang tombol share yaitudi awal artikel, di tamat artikel, dan di episode samping artikel. sebuah tombol share yang ikut turun pada ketika suatu halaman di-scroll biasanya akan menyampaikan dampak pada jumlah klik. Dan langkah yang terakhir, mintalah pertolongan pribadi kepada para pembaca anda untuk share artikel anda.
Meminta pertolongan kepada para pengunjung untuk share artikel anda sudah terbukti efektif, jumlah orang yang share akan meningkat apabila dibandingkan dengan tidak meminta pertolongan kepada pengunjung sama sekali.
11. Bangun Tribe & Promosi Silang Dengan Pemilik Blog Lain
Apapun yang dilakukan bersama-sama, biasanya akan mendatangkan sebuah hasil yang lebih baik dari pada apa yang anda lakukan seorang diri. Oleh alasannya yakni itu dari pada anda bekerja seorang diri, akan menjadi hal yang lebih baik apabila menjalin bekerja sama dengan blogger lain. Teknik menyerupai ini akan lebih efektif apabila anda anda sudah mempunyai audience. Contohnya menyerupai follower atau daftar e-mail.
Teknik menyerupai ini biasa disebut dengan istilah Tribe. Tapi anda harus berhati-hati dalam melaksanakan hal ini, jangan hingga mengganggu semua follower atau subscriber anda sendiri. Baca disini untuk mengetahui bagai mana caranya membangun link & membangun popularitas situs.
12. Hubungi Orang yang Sudah Pernah Share
Apabila ada seseorang sudah pernah melaksanakan share sebuah artikel dalam suatu topik, maka mereka akan lebih cenderung akan mendapatkan apabila kita menunjukkan sebuah artikel yang sejenis. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mencari sebuah artikel yang sejenis dengan artikel anda.
Post a Comment for "Teknik Promosi Artikel untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung"