Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Fresh Content Dapat Berpengaruh Pada Peringkat Suatu Blog di Google...?

Bagaimana Fresh Content Dapat Berpengaruh Pada Peringkat Suatu Blog di Google...?

Pada tahun 2003 lalu, seorang insinyur di Google mengajukan sebuah hak paten yang sangat mengguncang dunia SEO. Hak paten tersebut yakni Document Scoring Based On Document Content Update atau Penilaian Dokumen berdasarkan Konten Terbaru, hak paten ini tidak hanya memperlihatkan sebuah terobosan gres pada mesin pencari Google, tapi juga hak paten tersebut menyampaikan sebuah arah gres bagi Google dalam hal mengambil langkah pada tahun tahun mendatang.


Dalam sejarah, 10 hak paten paling penting sepanjang waktunya, Bill Slawski telah menunjukkan bagaimana caranya hak paten tersebut bisa melahirkan aneka macam inovasi lainnya. Memang terllihat begitu banyak perubahan pada algoritmik google menyerupai yang kita lihat sekarang, tapi semua itu hanyalah sebuah pembaruan dari aneka macam macam wangsit yang telah ada bertahun tahun yang lalu oleh para pekerja Google. Salah satu pembaruan tersebut dinamakan sebagai Google’s Freshness Update, yang lebih fokus pada sebuah konten situs yang update dan fresh. Baca disini untuk mengetahui bagaimana cara membuat artikel berkualitas dan banyak yang share ke media sosial.

Cara Google untuk menentukan kebaruan sebuah artikel atau konten pada suatu situs ini secara brilian telah ditemukan oleh Justin Brigss dalam analisisnya mengenai hak paten asli Google. Justin Brigss layak untuk menerima banyak sorotan, sebab ia sudah berhasil membawa sebuah analisis tersebut menjadi terkenal. Walaupun konsep Freshness Update gres mendapat perhatian pada simpulan akibat ini, tapi tolong-menolong pihak Google telah menilai sebuah artikel atau konten berdasarkan pada kebaruannya selama bertahun tahun.


Cara Google Menilai Kesegaran Suatu Artikel


Different searches have different freshness needs.” Artinya adalah, Google akan melaksanakan pemeriksaan pada semua dokumen anda untuk dapat mengetahui berapa tingkat kebaruan dokumen tersebut, dan menilai setiap halamannya sesuai dengan tipe pencarian. Namun, apabila ada sebuah kata kunci yang membutuhkan artikel terbaru, Google tetap akan menggunakan sebuah artikel lama yang ada untuk memenuhinya.

Hak paten Google ini memperlihatkan sebuah pandangan gres yang sangat luar biasa wacana bagaimana sebuah artikel pada suatu situs bisa diniliai atau dievaluasi berdasarkan pada tingkat update. Dan, artikel tersebut bisa dinilai peringkatnya. Anda harus paham bahwa hal ini bukanlah suatu hal yang sangat sulit, melainkan sebuah wangsit gres yang telah berkontribusi dalam dunia SEO yang didapat dari aneka macam pengalaman dan dari uji coba selama bertahun tahun. Jadi, anda harus sudah siap untuk mencicipi bagaimana hak paten google ini bekerja dan anda harus tahu bagaimana cara menghadapinya, baca langkah-langkah di bawah ini.


1.    Kesegaran Artikel Didasarkan Pada Tanggal

Kesegaran Artikel Didasarkan Pada Tanggal


Sebuah blog akan diberi nilai “kebaruan” atau freshness score berdasarkan pada tanggal awal dipublikasikannya artikel tersebut atau inception date yang selalu berganti setiap waktu. Penilaian pada kebaruan ini dapat meningkatkan sebuah pencarian terhadap sebuah artikel untuk keyword tertentu, walaupun usia artikel tersebut sudah tua. Tanggal awal publikasi suatu artikel ini menjadi perhatian pada ketika Google pertama kali memfokuskan pada dokumen, menyerupai pada ketika Googlebot pertama kali mengindeks sebuah dokumen atau googlebot menemukan sebuah tautan pada dokumen tersebut.


2.    Perubahan Artikel Berpengaruh Pada tingkat Kebaruan

Perubahan Artikel Berpengaruh Pada tingkat Kebaruan


Usia sebuah blog atau domain bukanlah satu satunya faktor freshness. Sebuah mesin pencari dapat menilai antara artikel mana yang telah diperbarui dan artikel mana yang tidak berubah. Dalam hal ini, jumlah pembaruan pada halaman blog anda bisa berpengaruh. Misalnya, sebuah pembaruan dari satu kalimat tidak akan berdampak terlalu besar pada efek freshness apabila dibandingkan dengan perubahan pada main body text.


3.    Artikel yang Diperbarui Berpengaruh Pada Tingkat Kesegaran

Artikel yang Diperbarui Berpengaruh Pada Tingkat Kesegaran


Sebuah artikel yang berubah lebih sering menerima nilai yang berbeda dari pada sebuah artikel yang hanya berubah setiap beberapa tahun. Contohnya menyerupai laman utama sebuah situs yang berjulukan New York Times, yang melaksanakan pembaruan setiap hari, situs tersebut memiliki tingkat perubahan yang sangat tinggi.


4.    Kesegaran Artikel Dipengaruhi Oleh Kreasi Laman Baru

Kesegaran Artikel Dipengaruhi Oleh Kreasi Laman Baru


Apabila dibandingkan dengan merevisi sebuah laman pribadi, sebuah blog lebih sering menambahkan sebuah halaman yang gres setiap waktu. Ini merupakan sebuah kasus yang sangat sering ditemui pada kebanyakan blog. Blog yang sering menambahkan sebuah halaman atau artikel gres akan menerima penilaian tingkat kesejukan atau tingkat kebaruan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan sebuah blog yang jarang menambahkan artikelnya.

Beberapa pakar SEO menyarankan kepada anda untuk dapat menambahkan minimal sebanyak 20 persen hingga 30 persen halaman atau artikel gres ke blog anda setiap tahunnya. Maka dari itu, anda bisa menyiapkan sebuah artikel yang lebih segar dan relevan, tanpa harus mengabaikan artikel lama anda.

Tidak hanya jumlah halaman atau artikel gres yang dipublikasikan dalam jangka waktu tertentu saja yang menjadi penilaian, akan tetapi juga dalam jumlah halaman atau artikel yang memiliki tingkat keunikannya tersendiri, hal tersebut bisa menjadi sebuah pertimbangan.


5.    Beri Perhatian Lebih Pada Artikel Penting

Beri Perhatian Lebih Pada Artikel Penting

Setiap perubahan yang anda lakukan pada laman artikel yang ‘penting’ akan dapat mensugesti pada tingkat kesejukan atau kebaruan artikel tersebut apabila dibandingkan dengan membuat perubahan atau melaksanakan pengeditan pada artikel yang kurang penting. Sebuah artikel yang kurang penting yakni menyerupai navigasi dan halaman. Sebuah artikel penting pada umumnya yakni sebuah yang berada di dalam main body text.


6.    Tautan Baru Berpengaruh Pada Tingkat Kebaruan dan Kesegaran

Tautan Baru Berpengaruh Pada Tingkat Kebaruan dan Kesegaran


Apabila sebuah blog terlihat meningkat dalam segi link atau tautannya, maka ini berarti tautan pada artikel yang ada memiliki cukup relevansi dengan mesin pencari Google. Namun, tidak jarang juga terjadi sebuah peningkatan yang tidak biasa pada sebuah link atau tautan pada laman anda, contohnya menyerupai spam atau membuat sebuah tautan manipulatif. Hati-hati terhadap spam dan tautan manipulatif tersebut sebab mesin pencari akan mengurangi nilai pada freshness untuk perilaku tersebut.


7.    Tautan dari Blog yang Update Berdampak Baik pada Nilai Kesegaran dan Kebaruan

Tautan dari Blog yang Update Berdampak Baik pada Nilai Kesegaran dan Kebaruan


Sebuah tautan yang berasal dari sebuah blog yang memiliki angka update yang cukup tinggi akan dapat meningkatkan nilai kebaruan atau kesejukan untuk blog mereka sendiri. Contohnya seperti, apabila anda memiliki sebuah tautan yang sudah berusia cukup tua, dan tautan tersebut belum diperbarui dalam jangka waktu beberapa tahun terakhir, maka keadaan ini tidak akan mebuat blog anda mempunyai sebuah tingkat kebaruan atau kesejukan yang baik apabila dibandingkan dengan sebuah tautan yang berasal dari laman terbaru.


8.    Perubahan Anchor Text Dapat Mengurangi Nilai sebuah Tautan

Perubahan Anchor Text Dapat Mengurangi Nilai sebuah Tautan


Apabila sebuah sebuah blog selalu berubah dari waktu ke waktu, hal tersebut pastinya diharapkan tiap anchor text yang gres untuk setiap laman yang berubah. Contohnya, apabila anda membeli sebuah domain mengenai smartphone, lalu anda mengubah format konten blog anda menjadi wacana laptop, maka secara perlahan-lahan anchor text yang telah ada sebelumnya bisa beralih dari smartphone ke laptop.

Dalam kasus ini, Google akan mendeteksi apabila blog anda telah berubah sangat drastis dan anchor text yang lama sudah tidak lagi relevan lagi, lalu setelah itu google akan memberi nilai terhadap tautan anda dengan sebuah nilai yang sangat rendah.


9.    Perilaku Pengguna Menunjukkan Tingkat Kebaruan dan Kesegaran

Perilaku Pengguna Menunjukkan Tingkat Kebaruan dan Kesegaran


Bagaimana apabila artikel anda yang cukup bagus, jadinya kadaluarsa...? Seperti contoh, blog anda menampilkan sebuah aktivitas bus trans Jakarta untuk tahun 2009. Sebagai artikel yang sudah kadaluarsa dan artikel yang ketinggalan zaman, maka para pengunjung juga akan menghabiskan sangat sedikit waktu dengan blog anda. Mereka akan dengan cepat menekan “back” dan kembali kepada hasil pencarian Goggle, lalu setelah itu mereka memilih untuk membuka blog lain. Google pun sangat memperhatikan perilaku para pengguna menyerupai ini untuk memberi nilai terhadap artikel anda.


10. Beberapa Artikel Lama Masih Unggul untuk Beberapa Keyword

Beberapa Artikel Lama Masih Unggul untuk Beberapa Keyword


Google sangat memahami bahwa hasil terbaru tidak selalu menjadi yang terbaik. Contohnya menyerupai pada pencarian sebuah keyword terhadap ‘Toko Online’. Suatu hal yang sudah berumur mungkin menjadi yang terbaik. Maksudnya yakni sebuah artikel yang berusia sama dengan keyword yang ingin di cari, akan membantu nilai anda di Google. Google menyarankan agar anda memasukkan persyaratan dari nilai kesejukan atau kebaruan dengan mempertimbangkan sebuah keyword yang dicari, dan usia artikel yang sesuai dengan keyword tersebut.


Tujuan utama dari mesin pencari yakni menyediakan sebuah hasil yang paling relevan dengan apa yang dicari oleh para pengguna. Dan, dalam melaksanakan hal tersebut, mesin pencari menyerupai Google sangat membutuhkan sebuah penilaian yang jujur dari setiap artikel yang ada. Sebuah artikel lama yang ada apabila hanya memiliki kegunaan untuk menghasilkan sebuah tampilan halaman, dan tidak memiliki dampak apapun, maka artikel lama tersebut hanya akan menyampaikan sebuah nilai yang buruk untuk situs.


Sementara itu, sebuah artikel yang terus menerus bisa menyampaikan sebuah balasan terhadap keyword yang diminta oleh para pengguna, akan menerima sebuah nilai tersendiri untuk selamanya. Maka dari itu, jadilah seorang penyedia artikel yang segar, Relevan, dan yang terpenting yakni artikel yang bermanfaat untuk banyak orang.

Post a Comment for "Bagaimana Fresh Content Dapat Berpengaruh Pada Peringkat Suatu Blog di Google...?"