Elemen Penting Dalam Meningkatkan Kekuatan SEO
Elemen penting dalam meningkatkan kekuatan SEO yaitu elemen yang sangat diperlukan dan sangat kuat serta berperan penting pada kekuatan SEO yang diterapkan pada suatu blog atau situs. Memang, pada zaman ibarat sekarang ini hampir semua acara insan di lakukan melalui internet, ada miliaran data jumlahnya yang mengalir disetiap harinya di sana. Apabila anda ialah seorang internet marketer, online marketer, atau anda merupakan seorang digital marketer, sudah pasti anda menganggap bahwa sebuah data menjadi hal yang paling penting untuk anda.
Dengan data tersebut kita bisa mengetahui bagaimana saja perilaku semua orang selama mereka sedang berselancar dengan menggunakan internet, termasuk bisa mengetahui apa saja yang mereka sukai dan juga situs atau website apa saja yang paling sering mereka kunjungi. Kumpulan data data ini ialah sebuah senjata untuk para online marketer untuk dapat memasarkan semua produk mereka secara online. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa elemen penting di dalam SEO yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan anda sebagai seorang internet marketer.
1. Load Time (Kecepatan Loading Suatu Blog)
Pada dasarnya, kecepatan loading suatu situs atau blog diukur dari seberapa cepatnya blog tersebut muncul pada browser pengguna. Ada beberapa faktor utama yang menentukan seberapa lamanya load time sebuah situs atau blog, misalnya ibarat waktu server, besarnya file yang terdapat pada suatu halaman, waktu browser, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Sebagai pemilik situs atau blog, maka anda harus bisa memastikan bahwa situs atau blog yang anda kelola bisa diakses oleh user dalam waktu 2 detik saja. Kenapa harus dalam waktu 2 detik...? Karena tren situs sekarang menyatakan bahwa waktu loading yang rupawan itu ialah 2 detik, apabila waktu loading sebuah situ di atas anga 2 detik maka konversi situs atau blog tersebut akan menurun.
Tapi seberapa pentingkah waktu loading itu...? Sebagai seorang internet marketer anda pasti sudah mengetahui bahwa waktu loading bisa meningkatkan kekuatan SEO situs anda. Semakin cepat waktu loading situs atau blog anda, maka semakin rupawan pula situs anda di mata Google. Anda harus ingat bahwa Google tidak menyukai sebuah situs atau blog yang lama diakses, sehingga hal ini hanya akan berakibat bahwa kekuatan SEO situs anda menurun.
Selain menentukan kekuatan SEO, waktu loading juga dapat kuat pada user experience. Apabila loading situs anda lambat, maka hal tersebut akan membuat para user kabur sebelum mereka melihat situs anda dan hal ini merupakan sebuah pengalaman yang buruk bagi user. Jadi, oleh alasannya itu pastikanlah situs atau blog anda bisa diakses secepat mungkin oleh para user. Apabila anda ingin mencari tahu kecepatan situs atau blog anda secara menyeluruh, anda bisa menggunakan tool berikut ini.
Page Speed Insights : Dengan menggunakan tool persembahan dari google ini anda akan diberi sebuah saran terhadap aspek mana saja yang bisa diperbaiki pada suatu situs atau blog.
Quicksprout : Dengan tool ini anda bisa mengetahui detil dari isi konten dan SEO dari situs atau blog anda.
2. Domain Authority
Istilah domain authority atau otoritas domain ini berasal dari suatu website yang berjulukan Moz. Pihak Moz berbagi sebuah engine yang bertujuan untuk mengukur seberapa pentingnya dan seberapa kuatnya suatu situs atau website di mata mesin pencari ibarat Google yang berdasarkan pada jumlah link, MozRank, Mozscape, MozTrust dan masih banyak lagi faktor perhitungan lainnya. Yang pasti, apabila anda menggunakan sebuah engine yang dikembangkan oleh Moz ini, maka anda dapat mengetahui berapa nilai yang dimiliki oleh situs atau blog anda di mata Google.
Otoritas domain atau domain authority ini diukur dalam skala 100 poin. apabila situs anda hanya memiliki nilai skor 20-an, itu menunjukkan bahwa blog atau situs anda memilki sebuah nilai yang rendah, tapi apabila situs anda memiliki nilai skor 90-an, itu berarti anda sudah berhasil membangun blog atau situs yang hebat. Nilai domain authority ini sudah terbukti menjadi salah satu angka yang bisa dipercaya dan angka yang bisa diandalkan untuk menentukan kesuksesan suatu situs atau blog biar situs tersebut bisa muncul di SERP. Apabila sebuah situs atau blog memiliki nilai domain authority yang cukup tinggi, hal tersebut menunjukkan bahwa ada banyak traffic yang masuk dan situs tersebut memiliki ranking yang tinggi di search engine Google. Pengertian lebih lanjut wacana domain authority anda bisa membacanya disini. Untuk dapat mengetahui nilai domain authority dari suatu blog, anda bisa klik salah satu link dibawah ini.
3. Backlink
Backlink merupakan sebuah link yang berasal dari luar situs yang mengarah pada situs anda. Apabila anda ialah seorang online marketer, anda pasti sudah mengetahui dan sadar betapa pentingnya sebuah backlink alasannya hal ini merupakan salah satu faktor yang paling penting dan paling besar besar dalam menentukan kesuksesan suatu blog atau situs. Tanpa adanya sebuah backlink, maka situs atau blog anda pasti akan menjadi ibarat kota hantu yang tidak berpenghuni.
Apabila kita berbicara wacana backlink, maka hal tersebut berarti kita berbicara wacana berapa banyak jumlahnya. Hal yang sangat tidak disarankan untuk menempatkan terlalu banyak backlink, alasannya apabila hal tersebut anda lakukan maka anda akan dianggap menyampah oleh Google, maka anda pun harus bersiap untuk menerima hukuman dari google. Secara tidak langsung, backlink akan memberitahukan pada search engine bahwa pada situs atau blog anda memiliki sebuah konten, value, arikel yang berkualitas dan bernilai tinggi. Makara anda harus cerdas dalam memanfaatkan sebuah backlink untuk meningkatkan SEO situs anda.
Perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua situs atau blog memiliki authority yang sama. Situs dengan authority yang cukup tinggi bisa menyampaikan anda sebuah backlink yang bernilai tinggi juga. Backlink ialah sebuah aspek utama dalam kesuksesan suatu website. Bagaimana cara menghitung jumlah backlink dan kualitasnya.
4. Organic Visit
Organic visit merupakan jumlah pengunjung yang datang ke situs atau blog anda yang berasal dari pencarian di search engine. Pencarian organik itu memiliki sebuah perbedaan dengan sebuah pencarian berbayar yang berbentuk iklan atau yang lebih dikenal dengan Google Adwords. Organic visit merupakan sebuah tujuan utama dari setiap upaya marketing yang dilakukan di search engine. Apabila situs atau blog anda berhasil tembus ke halaman satu google, itu berarti bahwa situs atau blog anda memiliki sebuah konten yang berkualitas. Anda dapat mengetahui keyword apa saja yang mengarahkan para pengunjung atau para visitor ke situs atau blog anda dengan menggunakan Google Analytic lalu setelah itu klik pada adegan acquisition –> keyword –> organic.
5. Bounce Rate
Bounce rate merupakan jumlah pengunjung yang pergi meninggalkan situs atau blog anda setelah mereka hanya melihat satu halaman saja dari situs atau blog anda. Sebuah situs atau blog belum bisa dikatakan sukses apabila hanya menghasilkan sebuah traffic yang besar tapi situs tersebut tidak bisa mempertahankan traffic yang telah datang tersebut. Biasanya hal ini terjadi alasannya UI dan UX yang buruk pada situs atau blog. Pemilik situs tidak mengerti bagaimana caranya untuk menarik perhatian para pengunjung pada dikala mereka pertama kali melihat situs anda. Untuk dapat memaksimalkan nilai bounch rate ini, anda bisa memasang internal link pada artikel anda. Apa manfaat dan fungsi internal link untuk blog anda, baca disini.
Perlu anda ketahui bahwa Google menilai SEO anda dari nilai bounce rate, hal tersebut berarti semakin tinggi bounce rate, maka akan semakin rendah nilai suatu situs di mata google. Makara apabila anda yang memiliki sebuah situs atau blog dengan bounce rate rendah, maka segeralah cari tahu apa penyebabnya dan cepat perbaiki hal tersebut. Anda bisa melihat nilai bounce rate situs anda dengan menggunakan tool Google Analytics.
6. Jumlah halaman yang terindeks
Jumlah halaman yang terindeks ialah jumlah halaman yang ada di situs atau blog anda yang sudah di-crawl oleh Google dan halaman tersebut muncul di hasil pencarian. Apabila situs atau blog anda memiliki banyak konten, maka akan semakin tinggi juga peluang situs atau blog anda untuk bisa muncul di hasil pencarian pada keyword tertentu. Selain itu, anda juga bisa menambahkan sebuah internal link didalam sebuah konten alasannya hal ini juga bisa meningkatkan kekuatan SEO pada situs anda.
Apabila anda ingin mengetahui berapa jumlah halaman yang terindeks oleh Google dalam situs atau blog anda, gunakanlah tool berikut.
Quicksprout
Google Webmaster Tools : Dengan menggunakan webmaster tool ini, anda dapat mengetahui pertumbuhan dan penurunan dari konten yang di-crawl pada situs atau blog anda
Walaupun sebuah kuantitas tidak menjadi faktor utama di dalam SEO, tapi hal tersebut tidak berarti bagi perhitungan kualitas sebuah konten. Makara anda harus meningkatkan sebuah kualitas dari konten yang anda miliki. Semakin panjang dan semakin berkualitas isi konten anda, maka akan semakin baik pula konten tersebut bagi Google. Untuk perhitungan jumlah kata pada suatu konten yang memiliki ranking tinggi biasanya memiliki 2000 kata atau lebih.
7. Interaksi Sosial Media
Interaksi sosial media menunjukkan berapa banyak orang yang membagikan, menyukai konten anda dan berapa banyak orang yang membicarakan konten anda di sosial media. Oleh alasannya itu anda harus bisa dan harus bisa membuat sebuah konten atau artikel yang berkualitas sehingga banyak orang yang akan share artikel anda ke media sosial. Baca disini untuk mengetahui bagaimana caranya biar artikel yang anda buat bisa menjadi artikel yang terkenal dan banyak yang share ke sosial media.
Sosial media merupakan sebuah refleksi dari kondisi situs anda secara sosial. Apabila situs anda terkenal di sosial media, maka secara otomatis nilai SEO anda juga akan meningkat. Ada empat sosial media besar yang bisa anda manfaatkan untuk dapat meningkatkan tingkat visibilitas situs anda secara sosial, yaitu Facebook, Google+, LinkedIn, Pinterest, dan Twitter. Untuk dapat mengetahui gambaran secara umum dari jumlah share konten anda di sosial media anda bisa menggunakan tool yang berjulukan Quicksprout.
8. Perilaku User
Untuk dapat mengetahui apakah situs atau blog anda bisa menarik perhatian pengunjung atau tidak, anda bisa melaksanakan sebuah tracking terhadap apa saja yang telah dilakukan oleh para pengunjung di situs atau blog anda. Dengan melaksanakan hal ini, maka anda akan mengetahui contoh dan perilaku para user pada dikala mereka mengunjungi situs atau blog anda. Contohnya ibarat berapa banyak halaman yang telah mereka lihat, interaksi sosial media, hingga berapa transaksi e-commerce yang telah terjadi pada rentang waktu yang telah ditentukan.
Menghitung jumlah pengunjung yang datang dalam rentang waktu yang telah ditentukan itu sangat penting untuk dapat mengetahui contoh dan perilaku mereka dalam mengunjungi situs atau blog anda. Dari data yang telah anda peroleh ini, anda dapat memahami perilaku para pengunjung anda secara lebih mendalam dan setelah itu anda bisa menyampaikan sesuatu yang benar benar sedang mereka butuhkan.
Post a Comment for "Elemen Penting Dalam Meningkatkan Kekuatan SEO"