Fungsi dan Manfaat Internal Link Untuk Blog
Fungsi dan manfaat internal link memang sangat penting untuk sebuah blog, bagaimana cara membuat sebuah internal link ini akan saya coba membahasnya satu persatu pada artikel kali ini. Walaupun mampu dibilang ini yaitu sebuah pembahasan lama, akan tetapi teknik SEO yang satu ini masih sangat penting dan bermanfaat didalam penerapannya.
Untuk mempelajari SEO atau Search Engine Optimization memang diperlukan sebuah kesabaran yang tinggi serta diperlukan kejelian yang cukup matang. Untuk dapat menempuh proses tersebut memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit semoga mampu mencapai sebuah hasil yang maksimal.
Bayangkanlah apabila semua artikel anda menduduki peringkat 10 besar di hasil pencarian google, maka pasti jumlah traffic blog anda akan meningkat dengan sangat pesat. Selain judul dan penempatan kata kunci, hal lain yang sering di lakukan oleh blogger profesional yaitu membangun sebuah internal link.
Pengertian Internal Link
Internal link merupakan sebuah link dari satu halaman yang menuju ke halaman lain yang ada di dalam sebuah blog yang sama, dimana link tersebut masih saling terkait atau saling berhubungan. Makara di dalam sebuah artikel kita mampu meletakan sebuah link yang menuju ke halaman artikel lainnya yang ada di dalam blog kita, tapi isi dari posting tersebut harus masih ada hubungannya dengan topik yang sedang dibahas pada suatu artikel.
Sebagai blogger anda harus mengetahui bagaimana caranya google menilai sebuah kualitas dari suatu blog secara keseluruhan. Salah satu penilaian google yaitu dengan Bounce rate atau pentalan dan apakan anda mengetahui istilah Bounce Rate itu apa...?
Apabila pengunjung blog anda betah berlama lama di blog anda untuk membaca artikel anda dan mereka tidak mau terlalu cepat meninggalkan artikel yang sedang mereka baca maka hal tersebut akan menurunkan tingkat Bounce rate. Maka itu artinya artikel anda mungkin sebuah artikel yang dinilai sangat menarik, oleh alasannya yaitu itu waktu pengunjung mampu bertahan lama berada di blog anda yaitu sebuah nilai tambah tersendiri untuk blog anda.
Apalagi kalau pengunjung tersebut membaca artikel lainnya selain artikel yang mereka lihat pertama kali pada blog anda, maka artinya Bounce rate blog anda rendah. Dengan begitu maka google akan menilai bahwa artikel anda yaitu sebuah artikel yang berkualitas, alasannya yaitu para pengunjung betah untuk berlama lama di blog anda.
Lain halnya apabila para pengunjung membuka sebuah halaman artikel dan mereka hanya sekilas membaca artikel anda, dan setelah itu mereka pergi meninggalkan blog anda, itu berarti tingkat bounce rate blog anda sangat tinggi. Apakah sekarang anda sudah paham istilah Bounce rate...?
Dari pembahasan ini sangat terang bahwa penilain google terhadap suatu blog atau pada suatu artikel dapat bermanfaat bagi para pembaca atau tidak, dengan menawarkan sebuah internal link atau menambahkan sebuah internal link pada artikel yang berkaitan dengan topik posting anda. Maka para pengunjung akan merasa dimudahkan untuk mengakses halaman artikel lain yang telah diberi internal link tanpa harus meninggalkan halaman yang mereka buka pertama kali. Kita mampu mengatur penambahan link untuk terbuka di tab atau pada halaman yang baru.
Membuat Internal Link
Manfaat lain yang akan anda dapatkan dari sebuah internal link yaitu terkait dengan Search Engine Optimization atau SEO, menyerupai yang sudah saya bahas sebelumnya, selain judul dan penempatan keyword pada sebuah artikel, internal link juga dapat menawarkan sebuah visibilitas yang cukup indah pada blog anda. Baca disini untuk cara mengoptimasi SEO On page dan Off page pada blog anda.
Apabila semakin banyak halaman yang dapat di kanal oleh para pengunjung, maka akan semakin indah pula artikel anda di mata mesin pencari. Google akan lebih banyak melaksanakan index halaman pada blog dan pada artikel anda, hal ini tentu akan menjadi suatu hal yang sangat indah untuk blog anda dan semua artikel anda akan memiliki sebuah peluang untuk mampu muncul dalam hasil pencarian google.
Tapi membuat sebuah internal link juga ada aturannya. Hal yang harus anda perhatikan pada dikala membuat sebuah internal link pada artikel yaitu sebagai berikut :
1. Sebuah artikel yang akan di buat sebagai intenal link harus link dari artikel yang saling berkaitan (misalnya anda ingin menautkan atau mengaiktan link artikel yang berjudul cara membuat blog bab 1 ke artikel yang berjudul cara membuat blog bab 2), anda mampu mengukur tingkat relevansi dari artikel yang akan anda buat atau di pasang link. Hal ini akan meningkatkan kekuatan SERP atau Search Engine Result Page.
2. Anda dapat menggunakan anchor teks yang variatif sesuai dengan halaman mana yang anda tuju. Hal tersebut akan memperbanyak variasi keyword yang akan kuat pada hasil pencarian di search engine. (Contohnya link utama yaitu “Cara membuat blog”, anda mampu buat anchor link dengan kata “Cara membuat blog dari awal hingga menghasilkan uang”. Atau sesuaikan dengan kata variatif lainnya yang mendekati kata kunci.
3. Maksimal jumlah internal link pada satu halaman atau artikel yaitu 3 buah internal link. Penggunaan internal link yang berlebihan akan di anggap sebagai spam oleh google, hal tersebut justru akan menjadi boomerang untuk blog anda alasannya yaitu google sangat tidak sukai hal-hal yang berbau spam.
3.
Jadi, oleh alasannya yaitu itu gunakanlah internal link pada batas yang wajar. Resiko dari blog yang nyepam yaitu blog tersebut akan dikandangkan oleh google. Apabila anda mempunyai artikel yang berurutan, maka hal tersebut akan mempermudah dalam penggunaan internal link. Lakukanlah penerapan internal link dengan teratur, antara satu link artikel dengan link artikel lainnya.
Usaha untuk membuat internal llink ini memang membutuhkan waktu dan kesabaran apalagi kalau artikel yang ada di blog anda sudah mencapai ribuan dan belum dipasang internal link. Dengan memasang dan meggunakan sebuah internal link, serta anchor yang berperan sebagai “keyword” akan memudahkan googlebot melaksanakan crawl pada artikel sebuah blog.
Semakin teratur anda membuat internal link maka semakin mudah juga googlebot untuk merayapi blog anda. Fungsi lain dari sebuah internal link ini yaitu dapat meningkatkan page view pada blog anda. Semakin banyak page view pada blog maka akan semakin indah juga penilain google yang diberikan pada blog anda. Walaupun pembahasan ini terbilang pembahasan yang klasik, tapi hingga sekarang para webmaster dan para master blogger masih menerapkan penggunaan internal link ini.
Post a Comment for "Fungsi dan Manfaat Internal Link Untuk Blog"