Konsep Penilaian Terhadap Backlink
Search Engine Optimization atau SEO dibagi menjadi dua prinsip utama yaitu SEO on page dan SEO off page. Salah satu faktor terpenting dalam SEO off page yaitu backlink. Apakah anda sudah mengetahui bahwa sebuah backlink yang berasal dari suatu website memiliki bobot yang berbeda-beda...? Pada tahun 1997, founder Google telah menciptakan sebuah metode algoritma untuk dapat mengukur sebuah kepentingan dan popularitas berdasarkan pada beberapa hal, yaitu :
· Links di blog bisa diartikan sebagai sebuah vote yang diberikan oleh sumber untuk target
· Halaman yang menerima vote lebih banyak, maka halaman tersebut akan menjadi halaman yang lebih penting
· Halaman yang lebih penting tersebut akan menunjukkan sebuah vote yang juga lebih penting
· Vote halaman yang bisa menunjukkan link yaitu fungsi dari pentingnya suatu halaman, dibagi dengan berapa banyak jumlah votes atau links yang di berikan oleh suatu halaman
Algoritma tersebut yaitu PageRank, dan itu dapat mengubah jalannya sebuah pencarian web, hal tersebut juga menyediakan sebuah value yang dinilai luar biasa ke Google karena kualitas dan relevansi pada hasil pencarian. Pada ketika pengetahuan wacana PageRank menyebar, semua orang yang memiliki ketertarikan untuk dapat mensugesti search rankings atau SEO menemukan sebuah cara untuk dapat memanfaatkan isu ini untuk blog dan untuk halaman mereka.
Tapi, pihak Google tidak berdiam, alhasil pihak Google pun berinovasi meningkatkan sinyal ibarat anchor text, hubs & authorities, topic, trust, modeling dan bahkan pada kegiatan insan untuk dapat mensugesti sebuah bobot suatu link. Namun sangat disayangkan bahwa banyak orang di bidang SEO yang masih tidak menyadari perubahan tersebut. Supaya blog anda selalu dapat bertahan terhadap setiap perubahan algoritma google maka anda harus bisa memanfaatkan webmaster tool secara maksimal.
Pada artikel kali ini akan membahas wacana prinsip dari sebuah link valuation. Pada ketika anda membaca artikel ini, ketahuilah pembahasan pada artikel ini tidaklah sulit. Prinsip ini sangat akurat berdasarkan pada pengalaman pribadi, testing, dan berdasarkan pada observasi yang telah dilakukan, tapi apabila dibandingkan dengan semua hal yang ada di SEO, artikel ini yaitu sebuah opini. Saya sangat ingin mendorong para pembaca untuk mencobanya sendiri, karena menurut saya tidak ada cara yang lebih baik untuk mencar ilmu SEO selain mencoba dan bereksperimen sendiri. Inilah sebuah konsep penilaian terhada sebuah backlink.
1. Link di Bagian Atas HTML Code
Perhatikan gambar diatas...!! Sebuah link yang berada pada episode atas dari suatu halaman akan dapat menunjukkan sebuah ranking atau vote yang lebih tinggi, artinya ranking halaman “A” mengalahkan vote atau ranking halaman “B” begitu pula dengan ranking halaman “C” untuk sebuah keyword “fuzquatziik”.
Begitu pula dengan sebuah korelasi dan ranking model data yang telah menunjukkan bahwa dengan memiliki sebuah keyword pada episode depan title akan dapat menghasilkan sebuah ranking yang jauh lebih tinggi. Karena kekuatan dari sebuah “link yang lebih tinggi akan menunjukkan sebuah ranking yang lebih baik”, itulah sebabnya kenapa halaman “A” dapat mengalahkan ranking halaman “B” pada teladan skenario test di atas.
2. External Links Lebih Berpengaruh Daripada Internal Links
Sebuah pepatah mengatakan bahwa apa yang dikatakan orang lain wacana anda, jauh lebih penting dari pada apa yang anda katakan wacana diri anda sendiri. Prinsip ini juga berlaku pada ketika anda membandingkan sebuah external links dan internal links.
3. Links Dari Unique Domain
Dari hasil penelitian yang dilakukan yang terkait dengan Serps atau Search Engine Result Page, mengatakan bahwa akan jauh lebih baik untuk memiliki 50 links dari pada memiliki 50 domain yang berbeda.
4. Links yang Bersumber Dari Situs Terpercaya
Ada banyak paten aplikasi yang terkait dengan search engine dan juga ada banyak catatan dari para search engineers berpengalaman yang mengatakan bahwa sebuah links yang berasal dari suatu domain yang highly trusted akan dapat menunjukkan sebuah ranking yang lebih baik.
5. Links yang Berasal Dari Unique Content
Sebuah links yang berasal dari unique atau relevant content akan dapat menunjukkan sebuah ranking yang jauh lebih baik, impact yang positif, dan juga dapat menghindari spam apabila dibandingkan dengan sebuah link yang berasal dari sidebar, footer, dan navigation.
6. Keyword di HTML text
Sebuah anchor text yang ada pada suatu HTML dapat menunjukkan sebuah potensi dan value yang lebih besar apabila dibandingkan dengan alt attributes yang ada di dalam sebuah image links. Hal ini tidak berarti bahwa kita harus membuang atau tidak menggunakan image links, alt attributes atau badges.
7. Links yang Berasal Dari Situs yang Lebih Popular
Mungkin anda sering mengalami frutasi pada ketika melihat sebuah competitor yang terhubung dari suatu halaman yang kurang kuat.hal ini mungkin bisa dijelaskan oleh sebuah value dari suatu domain untuk menunjukkan link tersebut. Hal ini juga dapat membantu search engine untuk dapat melawan spam dan menyediakan sebuah hasil yang lebih terpercaya di hasil pencarian.
8. Links yang berada di NoScript Tags
Selama bertahun-tahun, fenomena ini telah dilaporkan dan banyak menuai kontroversi di kalangan pemain SEO. Sebuah noscript link nyatanya tidak akan menunjukkan sebuah value, akan tetapi hal ini mungkin saja tidak berlaku dalam setiap kasus yang berbeda.
9. Sejumlah Besar Backlink
Munculnya sejumlah besar backlink yang gres mungkin saja dapat membuat blog atau link anda memenangkan sebuah kompetisi yang ketat di search engine secara sementara atau juga secara bertahap. Pada ketika sebuah halaman menerima sejumlah baclink yang relatif cukup banyak dalam waktu yang singkat, maka algoritma search engine akan dapat mengartikan hal tersebut sebagai sinyal bahwa halaman atau URL tersebut masih gres dan sangat berkhasiat atau menarik dan updated. Sebuah links yang trending secara sementara ini, bahkan akan dapat menunjukkan sebuah dorongan yang menempatkan suatu halaman di posisi Serps yang baik.
10. Page yang Memiliki Outbond Link ke WebSpam
Sebuah link yang dikenal sebagai spam bahkan link dengan mengimplementasikan rel=nofollow dan jumlah keyword beracun yang sangat tinggi atau sebuah anchor text yang termasuk niche yang dianggap terlalu komersial atau terlalu bernafsu akan dapat menurunkan kemampuan sebuah halaman untuk dapat perform dengan baik di ranking dan dapat menurunkan sebuah link value yang telah diberikan.
Sekali lagi saya ingatkan bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk mencar ilmu SEO selain mencoba dan bereksperimen sendiri. Itulah sebuah pembahasan singkat wacana sebuah konsep penilaian terhadap suatu backlink. Apabila anda kurang mengerti dan anda merasa pusing dengan pembahasan diatas, silahkan anda membacanya berulang-ulang biar anda menjadi lebih pusing, (atau anda dapat berkomentar).
Post a Comment for "Konsep Penilaian Terhadap Backlink"