Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips SEO Untuk Meningkatkan Peringkat Website


Bagaimana performa website anda ketika ini...?
Apakah anda sudah menerima hasil yang memuaskan...?
Apabila anda masih belum bisa mencapai target yang anda inginkan, mungkin sebaiknya anda mulai untuk mencar ilmu Search Engine Optimization yang biasa disingkat sebagai SEO untuk dapat meningkatkan peringkat website anda.
Jangan biarkan tahun ini berlalu tanpa menghasilkan tingkat kesuksesan yang lebih dibandingkan tahun sebelumnya. Harus anda ketahui bahwa Google pada ketika ini lebih cendekia daripada sebelumnya. Dulu, kita dapat menggunakan pura-pura SEO untuk bisa meraih peringkat atas.

Akan tetapi pada ketika ini hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan, sebab Google menjadi lebih mementingkan user experience dan juga user engagement. Berikut yakni pernyataan dari pihak Google yang dilontarkan oleh Wendy Piersall.

“Google only loves you when everyone else loves you first”.

Oleh sebab itu anda harus melupakan “akal-akalan no juutsu” yang dulunya sering digunakan oleh para webmater untuk dapat mengakali peringkat website anda. Karena selain hanya akan sia-sia, bukan hal yang tidak mungkin justru website anda akan menerima penalti dari Google.

Oleh sebab itu mulailah untuk memperhatikan apa yang telah anda sajikan kepada para pengunjung website anda.


Berikan Solusi yang Relevan pada Konten Anda


Apa yang paling banyak dicari oleh semua orang...?
Jawabannya yaitu “solusi”. Kebanyakan orang mencari sebuah isu di internet sebab mereka membutuhkan sebuah solusi dari permasalahan yang sedang mereka hadapi. Manfaatkanlah hal ini, tulis sebuah artikel ataupun konten yang relevan. Perhatiakn gambar berikut :


Gunakan Alur & Bahasa yang Natural

 
Apakah anda mengejar target SEO dengan membuat artikel yang serampangan dan lebih cenderung mengakali algoritma Google...?

Pada ketika ini, hal ibarat itu tidak lagi bisa anda gunakan sebab Google akan selalu berkembang semakin canggih. Google akan bisa mengetahui mana saja situs-situs yang memang mengandung sebuah isu yang indah untuk para pengunjungnya atau hanya situs-situs yang dipenuhi dengan konten “sampah”.

Berikut pernyataan dari Dave Naylor.
“Bangunlah sebuah website untuk para pengguna internet bukan untuk spider”

Untuk itu, perhatikanlah gaya bahasa dan cara penulisan artikel anda. Gunakanlah alur pembahasan yang runtut dan juga masuk nalar dengan menggunakan bahasa yang natural. Apabila anda melaksanakan hal ini, maka anda akan menerima dua keuntungan sekaligus yaitu para pengunjung website anda dan juga Google akan sama-sama menyukai artikel anda.


Segmentasi Halaman



Hindarilah penggunaan footer dan sidebar untuk artikel atau konten yang penting. Jangan coba-coba menggunakan trik untuk mengakali search engine dengan menggunakan trik CSS atau JavaScript. Tempatkanlah semua konten yang penting pada sebuah daerah yang paling mudah dilihat oleh para pembaca.

Kenapa segmentasi halaman sangat penting...?

Karena dimana anda akan meletakan kata-kata pada halaman yakni sama pentingnya dengan penggunaan kata tersebut. Setiap halaman website mempunyai adegan yang berbeda, ibarat header, footer, sidebar, dan yang lainnya. Sudah semenjak lama, search engine menentukan bahwa adegan yang terpenting dari sebuah website yaitu berada pada adegan main body.

Konten yang diletakan pada adegan main body akan dianggap oleh Google sebagai konten utama atau konten yang penting sedangkan teks lain yang ada pada daerah lain hanyalah sebagai pendukung. Oleh sebab itu pastikanlah bahwa anda sudah meletakan konten utama anda pada adegan main body. Perhatiakan gambar contoh berikut :


Perhatikan Struktur Konten Anda


Jangan mengabaikan struktur konten anda. Atur adegan header, paragraf, daftar, dan juga tabel dengan menggunakan stuktur yang baik sehingga search engine bisa memahami apa sesungguhnya target dari topik anda.

Sebuah website profesional mempunyai struktur yang baik yang meliputi judul topik, adegan pendahuluan, dan juga kesimpulan yang dibuat dengan menggunakan susunan paragraf dan juga tata letak yang baik.

Selain struktur konten, anda juga harus memperhatikan struktur website anda secara keseluruhan ibarat yang terdapat pada keterangan berikut ini :


Riset Kata Kunci


Hal yang tidak boleh anda abaikan begitu saja dalam mengoptimasi SEO yaitu riset kata kunci. Walaupun kata kunci saja tidak cukup berpengaruh untuk bisa membangun pondasi konten anda. Tapi anda harus ingat bahwa semua hal yang berkaitan dengan SEO dimulai dari riset keyword atau kata kunci yang baik.

Anda harus bisa mengetahui kata yang menjadi target, popularitas, dan juga persaingan pada kata kunci tersebut. Untuk melaksanakan riset kata kunci anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Tool Google Keyword Planer ini memang diperuntukan bagi pengguna Adword, tapi tool ini bisa sangat membantu anda untuk melaksanakan riset kata kunci untuk konten anda.

Hindarilah melaksanakan sebuah riset hanya dengan menggunakan satu kata kunci saja. Lakukanlah riset kata kunci dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan tema dan topik dari target kata kunci pilihan anda, selain itu gunakan juga kata kunci sekunder yang terkait dengan kata kunci pilihan anda.

Bagaimana caranya mengetahui keyword sekunder yang bisa anda pakai...?

Perhatikanlah kata-kata apa saja yang sering gunakan banyak orang pada ketika mereka membicarakan topik anda, selain kata-kata, frasa, dan juga ungkapan apa saja yang sering mereka gunakan. Ada baiknya juga anda menggunakan sebuah sinonim dari kata kunci target anda untuk dapat memperkaya konten anda.

Dengan lebih dari 6 juta pencarian setiap harinya, Google mempunyai banyak sekali isu yang membutuhkan sebuah analisa mengenai apa yang sesungguhnya dicari. Menurut sebuah riset Google, sinonim mempunyai tingkat efektivitas sebesar 70% dalam pencarian.

Untuk dapat mengatasi problem ini, search engine menggunakan sinonim dan juga variasi kata untuk jutaan frasa yang bertujuan memudahkan mesin pencari untuk dapat menemukan situs anda walaupun para pengguna internet menggunakan sebuah kata yang berbeda.

Sebagai contoh, apabila kata kunci anda yakni baju anak, maka anda dapat menggunakan variasi ibarat baju anak-anak, baju balita, pakaian anak, pakaian anak-anak. Berikut ini yakni contoh dari perbedaan menggunakan strict keyword atau satu kata kunci yang sama dengan menggunakan keyword variasi :


Jarak Semantik & Hubungan Antar Istilah


Apabila kita berbicara mengenai meningkatkan secara optimal halaman, maka jarak semantik berkaitan dengan relasi antara kata-kata dan juga dengan frasa yang berbeda pada setiap konten. Perbedaan ini termasuk jarak antar frasa, dan juga fokus pada bagaimana relasi antar istilah di antara kalimat di dalam paragraf maupun dalam elemen HTML lainnya.

Contohnya letakanlah kata piyama dan baju anak pada kalimat yang sama supaya search engine bisa mengerti bahwa kedua frasa ini saling terkait. Berikut ini yakni contoh perhitungan jarak semantik :


Beberapa search engien mengatasi hal ini dengan cara mengukur jarak antar kata-kata dan juga jarak frasa yang berbeda di antara setiap elemen HTML yang berbeda. Semakin akrab konsepnya secara semantik, maka akan semakin akrab pula konsep tersebut terkait.

Frasa yang diletakkan di dalam paragraf yang sama mempunyai relasi semantik yang lebih akrab apabila dibandingkan dengan frasa-frasa yang diletakan secara terpisah oleh paragraf lain. Selain itu, elemen HTML juga bisa memperpendek jarak antar konsep, dan membuatnya menjadi lebih dekat.

Sebagai contoh, kata-kata yang dibuat dalam bentuk daftar atau list dianggap mempunyai jarak yang sama antar kata, dan judul sebuah dokumen akan dianggap akrab pada semua istilah yang ada di dalam dokumen tersebut.

Mungkin ini yakni ketika yang sempurna untuk anda tahu mengenai Schema.org, sebab Schema ini memberikan akomodasi untuk dapat mengetahui struktur semantik teks anda untuk memberikan sebuah definisi relasi antar istilah.

Dengan menggunakan schema, relasi antar istilah dapat dilihat dengan terang dan bisa diaplikasikan pada halaman apapun yang mengandung teks. Gunakanlah schema untuk membantu anda dalam menyusun semua konten anda.


Manfaatkan Backlink


Harus anda ketahui bahwa ada tiga elemen yang sangat efektif untuk SEO, diantaranya yaitu komunikatif, isu yang sangat berguna, dan juga backlink yang berkualitas. Perhatikan gambar berikut :


Manfaatkan Sosial Media


Gunakanlah media umum untuk membantu meningkatkan SEO anda. Perhatikanlah fakta-fakta berikut ini yang terkait dengan sosial media untuk SEO :



Memaksimalkan Website Anda (Fakta Tentang Zero Moment of Truth)


Era digital ibarat ketika ini membuat isu di internet menjadi sebuah contoh penting di dalam kehidupan insan modern. Orang yang menggunakan isu internet untuk dapat mengetahui banyak hal, baik itu isu kejadian yang baru-baru ini terjadi, tren terbaru ketika ini, hingga menentukan barang apa yang harus dibeli.

Berikut ini berikut ini yakni gambaran dari proses yang terjadi pada ketika orang melaksanakan pembelian di jaman dulu :


Keterangan
Stimulus : menerima sebuah isu mengenai suatu  produk atau layanan, bisa dari iklan, atau rekomendasi dari orang lain.
First Moment of Truth : pergi ke toko dan membuat sebuah keputusan untuk membeli atau tidak.
Second Moment of Truth : menggunakan produknya dan merasa puas.

Pada ketika ini, proses tersebut sudah banyak berubah, para konsumen tidak lagi mengalami apa yang disebut dengan istilah first moment of truth, dan second moment of truth ibarat gambar di atas. Di abad modern ibarat ketika ini, para konsumen juga sudah mengenal apa yang dinamakan sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT) ibarat pada sketsa berikut ini :


Keterangan
Stimulus : orang mengetahui produk atau layanan dari sebuah iklan maupun dari rekomendasi.
ZMOT : orang akan mencari tahu hal-hal mengenai produk atau layanan tersebut dari internet.
First Moment of Truth : orang akan melaksanakan sebuah keputusan untuk membeli atau tidak.
Second Moment of Truth : menggunakan produknya dan merasa puas.

Pada skema tersebut, bisa diketahui bahwa ZMOT merupakan sebuah periode di mana para calon konsumen menggunakan internet untuk mencari tahu sebuah isu yang akan menjadi dasar keputusan mereka untuk melaksanakan pembelian.

Tidak hanya hingga di situ saja, para konsumen yang kesannya menggunakan produk atau layanan tersebut akan memberikan sebuah feedback dalam bentuk review atau sekedar status di media umum mereka yang pada kesannya bisa menjadi sebuah sumber ZMOT bagi para calon konsumen lainnya yang sedang mencari isu mengenai produk tersebut.

Seberapa pentingkah ZMOT...?

Perhatikanlah fakta berikut ini perihal seberapa banyak orang yang melaksanakan pencarian isu di internet sebelum mereka membeli.


Dari data ini, bisa anda lihat bahwa sebanyak 54% konsumen di Indonesia melaksanakan pencarian isu di internet sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

Dengan demikian sudah jelasl bahwa apabila suatu produk atau layanan yang kita miliki tidak berada di internet, maka bisa dipastikan bahwa kita akan kehilangan lebih dari separuh calon konsumen.

Sedangkan cara yang paling mudah untuk berada di internet yaitu dengan memiliki website.

Tapi apakah dengan memiliki website saja sudah cukup...? Jawabannya yakni TIDAK.
Mengapa...?

Mempunyai sebuah website tidak akan menjamin anda akan memenangkan persaingan bisnis, sebab para pesaing anda pun sudah menggunakan cara yang sama.

Jadi apa yang harus dilakukan...?

1.   Perhatikan Konten Website Anda

Dalam teknologi pencarian, ada dua hal yang sangat penting, diantaranya yaitu : keterkaitan atau relevance dan seberapa penting konten tersebut.

Jadi bagaimana caranya supaya konten saya cemerlang di mata para calon pelanggan dan baik untuk SEO...?

Hal yang pertama yaitu konten anda harus bisa menarik perhatian dan harus bisa meninggalkan kesan. Selain itu, anda juga harus membuat sebuah konten yang bisa untuk membuat para pengunjung website anda menjadi tertarik untuk memberikan apa yang sudah anda tulis kepada orang lain lagi. Ini akan indah untuk SEO dan penjualan.

Ingatlah bahwa tidak ada orang yang mau membagikan sebuah isu yang membosankan. Maka dari itu hindarilah menampilakan sebuah konten yang akan membuat orang merasa bosan.

Hal yang kedua yaitu konten anda harus relevan dan harus memiliki keterkaitan dengan produk yang anda tawarkan dan juga terkait dengan para calon pelanggan anda.

Dan yang terakhir yaitu konten anda harus penting untuk diketahui. Selain itu, perhatikan juga apakah konten tersebut bisa membuat calon pelanggan anda mengambil sebuah keputusan yang lebih baik.

2.   Manfaatkanlah 5 Detik Pertama yang Sangat Berharga

Para pengunjung website anda hanya punya waktu sekitar 5 detik saja untuk menentukan apakah mereka akan meninggalkan website anda atau tidak. Lima detik pertama merupakan waktu yang paling krusial untuk menarik perhatian para pengunjung website.

Oleh sebab itu pastikanlah maksud atau fokus website anda bisa diketahui oleh para pengunjung website anda hanya dalam waktu lima detik pertama saja. Apabila dalam waktu 5 detik para pengunjung website anda tidak bisa paham apa yang anda tawarkan, maka besar kemungkinannya mereka akan meninggalkan website anda. Perhatikan contoh gambar website berikut ini :


Apakah dalam waktu 5 detik anda bisa mengetahui apa fokus utama dari website ini...?
Apa yang ditawarkan oleh website ini...?
Apakah anda merasa tertarik untuk melaksanakan transaksi...?

Bandingkan dengan contoh website yang kedua berikut ini :


Website mana yang lebih mudah anda pahami isinya hanya dalam waktu 5 detik saja...?
Apakah contoh website yang pertama atau yang kedua...?

Mari kita bandingkan keduanya. Dari pemilihan nama website, Overseas Zone contoh website yang pertama masih belum terlalu berpengaruh sebab orang tidak dapat pribadi mengetahui apa yang ditawarkan. Kata overseas memang mengacu pada arti luar negeri. akan tetapi berapa persen orang yang tahu artinya...? Berapa orang yang paham betul apa yang ditawarkan di website ini...?

Sedangkan untuk contoh website nomor dua, nama websitenya yakni kutu buku, dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa website ini berisi mengenai buku. Selanjutnya, apabila dilihat dari banner yang bertuliskan Book Festival dan juga foto sampul buku yang berada di bawahnya sudah terang menyatakan bahwa website ini menjual buku.

Ingatlah bahwa semakin familiar kita dengan sesuatu, maka akan semakin mudah kita untuk menyukainya. Sebenarnya hal ini hanyalah sebuah efek dari mudah atau tidaknya sesuatu untuk dapat dipahami. Coba anda perhatikan dua contoh website berikut ini. Kedua website ini menjual dasi.

Namun dengan pemilihan warna dan tata letak di dalam website tersebut, maka contoh website yang sebelah kiri akan menjadi lebih mudah untuk dipahami daripada contoh website yang sebelah kanan.


Tentu saja desain website yang sebelah kiri yakni desain yang saya rekomendasikan untuk website anda. Terutama apabila anda hanya punya waktu 5 detik saja untuk menarik perhatian para calon konsumen sebelum mereka memutuskan untuk meninggalkan website anda sebab mereka merasa galau apa sesungguhnya yang anda tawarkan.

3.   Hindari Jargon

Sebisa mungkin hindarilah jargon-jargon, sebab bukan itu yang sesungguhnya dicari oleh para konsumen. Konsumen mencari sebuah isu yang sesuai dengan kebutuhan mereka, mereka tidak mencari layanan yang menggunakan sebuah jargon yang kadang justru terlihat lebay.

Banyak orang berpikir bahwa apabila mereka memperlihatkan sebuah kerjasama business to business mereka sebaiknya menuliskan sebuah jargon yang spektakuler supaya perusahaan lain yang akan menjadi klien mereka akan tertarik untuk bekerja sama.

Tentu saja hal ini yakni salah. Manager atau pemilik usaha sekalipun, yakni seorang insan juga. Semakin anda menggunakan kata-kata yang dianggatp berlebihan, mereka justru akan semakin menjaga jarak dengan apa yang anda tawarkan.

4.   Beri Kemudahan untuk Membeli

Perhatikan hal-hal berikut ini untuk membuat para pelanggan merasa bahwa melaksanakan transaksi di website anda mudah dan menyenangkan.

·        Berikanlah sebuah isu yang terang kepada para pelanggan anda mengenai apa saja yang harus mereka lakukan selanjutnya. Selalu berikan sebuah petunjuk dalam setiap halaman website anda.

·        Jangan memberikan terlalu banyak pilihan kepada para pelanggan anda. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa semakin banyak pilihan, maka akan semakin sulit para pelanggan anda untuk menentukan pilihan mereka.

·        Jangan meminta calon pelanggan untuk mengisi terlalu banyak kolom. Berikanlah pilihan sign up via Facebook atau media umum lainnya. Jangan meminta calon pelanggan anda untuk mengisi isu yang tidak anda perlukan.

·        Jangan pernah memaksa para pengunjung website anda untuk melaksanakan transaksi. Anda boleh saja merayu mereka untuk melaksanakan pembelian, tapi jangan memaksa mereka.

·        Tawarkan sebuah layanan free shipping alias gratis ongkos kirim untuk dapat menarik calon pelanggan untuk melaksanakan transaksi.

5.   Tingkatkan Kepercayaan Dari Calon Pelanggan

Harus anda ketahui bahwa ada 4 alasan seseorang tidak mau membeli dari anda, yaitu :

·        mereka tidak butuh
·        mereka tidak punya uang
·        mereka tidak buru-buru harus membeli
·        mereka tidak percaya

Alasan yang pertama, kedua, dan ketiga yakni alasan di luar kuasa anda sebagai penyedia suatu produk atau layanan. Akan tetapi alasan yang terakhir yakni sesuatu yang bisa kita temukan solusinya dengan cara membangun kepercayaan pelanggan melalui website anda.

Bagaimana caranya untuk membangun kepercayaan para pelanggan melalui website anda...?

·        Tunjukanlah bahwa perusahaan atau organisasi anda nyata, bukan bukan perusahaan fiktif. Cara yang paling mudah untuk melaksanakan hal tersebut yaitu dengan cara menampilkan alamat kantor anda. Bisa juga anda lengkapi dengan keterangan pada organisasi bisnis mana anda bergabung.

·        Titik beratkan pada keunggulan dari perusahaan anda dengan melalui konten dan layanan yang anda tawarkan, ibarat : Apakah Anda mempunai staf andal di tim anda...? Pihak mana saja yang sudah pernah bekerja sama dengan anda...? Adakah instansi pemerintah yang pernah melaksanakan kerja sama atau menggunakan produk anda...?

·        Tunjukanlah bahwa tim anda terdiri dari orang-orang yang bisa dipercaya. Mintalah kepada staf anda untuk menuliskan nama perusahaan anda di profil online mereka. Pastikan juga untuk mengingatkan staf anda untuk tetap menjaga profesionalisme mereka, baik di dalam maupun di luar kantor, termasuk juga di media sosial.

·        Berikanlah akomodasi kepada para pengunjung untuk melaksanakan kontak dengan anda. Salah satu hal yang terang bisa membangun kredibilitas anda yakni dengan cara memberikan akomodasi pada pelanggan untuk melaksanakan kontak dengan anda melalui telepon, alamat kantor, ataupun alamat email.

·        Buatlah desain website anda profesional yang sesuai dengan tujuan anda.  Perhatikanlah tata letak, tipografi, gambar, dan konsistensi. Sebuah website yang tidak terlihat profesional akan bisa membunuh kepercayaan dari para pelanggan.

·        Buatlah sebuah website yang mudah diakses dan juga bermanfaat. Riset menunjukkan bahwa sebuah website yang mudah untuk diakses dan sebuah website yang memiliki kegunaan mempunyai level kredibilitas yang tinggi dan bisa menarik lebih banyak calon pelanggan.

·        Update website anda secara berkala. Selain itu tambahkan juga blog untuk melengkapi website usaha anda. Tidak ada calon pelanggan yang akan melaksanakan transaksi dari website yang tidak melaksanakan update dalam waktu yang cukup lama.

·        Hati-hatilah dengan konten promosi anda. Tidak ada orang yang menyukai sebuah konten promosi dalam bentuk popups dan banner kelap-kelip. Orang akan mengasosiasikannya dengan website spam lalu mereka akan meninggalkan website anda.

·        Hindarilah kesalahan dalam bentuk apapun dan kesalahan sekecil apapun. Kesalahan dalam penulisan dan tautan yang tidak bisa diakses atau broken link akan membuat website anda kehilangan kredibilitas.

Antisipasi Penolakan


Sebenarnya setiap penolakan dari calon pelanggan bisa kita antisipasi dan kita siapkan solusinya.

·        Calon pelanggan tidak mengetahui bagaimana produk anda bisa membantu mereka.
Solusi : berikanlah sebuah penjelasan mengenai bagaimana produk anda dapat membantu untuk memecahkan problem yang sedang mereka hadapi.

·        Kenapa pelanggan harus percaya pada anda...?
Solusi : tunjukanlah pengalaman anda, penghargaan yang pernah anda raih, dan juga testimonial dari pelanggan setia anda.

·        Bagaimana jikalau produk anda tidak cocok untuk mereka...?
Solusi : Berikan testimonial dari para pelanggan anda yang mempunyai banyak sekali latar belakang supaya bisa meyakinkan mereka bahwa produk anda cocok untuk banyak orang.

·        Harganya terlalu mahal, ada banyak produk lain yang lebih murah.
Solusi : jelaskan harga produk anda, bandingkanlah dengan kompetitor anda dan tunjukan keunggulan dari produk anda sehingga harga yang anda tawarkan yakni harga yang setara dengan keunggulan produk anda.



Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk bisa mengoptimalkan website toko online anda. Saya percaya bahwa website anda bisa menjadi sebuah media yang sangat efektif untuk meraih kesuksesan anda di internet, hanya apabila website tersebut dioptimasi secara maksimal.

Post a Comment for "10 Tips SEO Untuk Meningkatkan Peringkat Website"