Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Membuat Artikel Berkualitas & Layak untuk Dibagikan


Anda tahu website BuzzFeed.com, kan...?
Website BuzzFeed.com ini dikenal sebagai salah satu pionir viral content marketing terkemuka di dunia. Situs ini secara terus-menerus bisa menghasilkan banyak konten yang berkualitas, termasuk juga artikelnya yang selalu menjadi viral dan sangat banyak dibagikan di media sosial.
Contohnya menyerupai sebuah artikel yang berjudul “21 Pictures That Will Restore Your Faith In Humanity” yang sudah dibaca sebanyak 8.932.163 kali. Harus anda ketahui bahwa semua artikel yang dikeluarkan oleh BuzzFeed.com bisa menjadi viral bukan alasannya ialah faktor kebetulan.

Untuk membuat sebuah konten mereka mempunyai sebuah strategi, riset dan juga persiapan yang sangat matang yang seringkali memakan banyak waktu untuk bisa menghasilkan sebuah artikel viral yang berkualitas tinggi. Para penulis BuzzFeed melaksanakan semua hal tersebut dengan sangat serius dan juga sangat profesional.


Bagaimana Cara untuk Membuat Artikel Berkualitas & Layak Dibagikan

  
Berikut ini merupakan langkah demi langkah cara untuk menulis sebuah artikel yang berkualitas dan juga sangat layak dibagikan ke media umum untuk blog anda.


1.   Apa Tujuan Artikel yang Akan Anda Tulis

Jangan pernah menulis sebuah artikel tanpa mengetahui tujuan selesai dari artikel yang akan anda tulis. Secara lebih spesifik, tujuan ini tergantung pada niche dan juga target anda, salah satu tujuan dari sebuah artikel bisa berupa menyerupai :

·        Menarik datangnya para pembaca gres dan mendorong mereka untuk berlangganan artikel melalui email

·        Membuat sebuah portofolio keahlian anda dan untuk bisa menarik para customer atau calon pembeli

·        Mendorong para pembaca untuk dapat membeli produk yang anda tawarkan menyerupai ebook, e-course, theme, plugin, dan lainnya

·        Mendapatkan sejumlah likes dan juga followers di media umum anda untuk profil blog anda

·        Mendapatkan calon klien untuk jasa yang anda tawarkan menyerupai konsultasi, pelatihan, atau pembicara dan lainnya melalui blog anda

Lalu, bagaimana cara yang praktis untuk bisa menentukan apa tujuan dari artikel yang akan anda buat...?

Untuk bisa menentukan apa tujuan dari artikel anda dengan mudah, maka saya sarankan ikutilah lima langkah mudah menyerupai berikut ini :

·        Ambilah selembar kertas kosong

·        Kemudian tulis setidaknya 5 hingga 10 inspirasi atau topik apa (ingat..!!? bukan judul) artikel yang ingin anda buat. Contohnya menyerupai SEO, copywriting, monetisasi.

·        Pilihlah satu inspirasi atau topik apa yang menurut anda lebih menarik, lebih penting, dan lebih mudah untuk ditulis atau anda punya materi atau pengetahuan yang memadai terhadap topik yang anda pilih.

·        Buatlah 2 hingga 3 judul mentah artikel yang berdasarkan pada inspirasi atau topik apa yang anda buat dan pilihlah satu judul terbaik. Contohnya menyerupai “Optimasi SEO On Page Untuk Blog”.

·        Setelah itu tentukanlah apa tujuan artikel tersebut. Contohnya tujuannya yaitu biar para pembaca berlangganan artikel blog anda melalui email, atau para pembaca akan membeli sebuah ebook mengenai SEO yang sedang anda promosikan.

Berikut ini ada beberapa pola lain untuk cara menentukan apa tujuan dari artikel yang akan anda buat.

Contoh : anggap saja anda mempunyai sebuah blog mengenai kecantikan dan tujuan dari artikel anda yaitu untuk mendorong para pembaca untuk membeli produk kecatikan yang anda tawarkan berupa artikel mengenai “Cara Mengatasi Kulit Kusam Dengan Budget yang Minim”.

Sesuai dengan tujuan anda, maka sebuah artikel yang akan anda buat barangkali akan berjudul :

·        Cara Mengatasi Kulit Kusam yang Ampuh
·        Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit yang Alami
·        Ketahuilah Nutrisi yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan kata lain, apaun judul artikel anda, sebuah artikel yang akan anda buat usahakanlah biar mempunyai tiga tujuan sebagai berikut :

·        Memberi sebuah manfaat kepada para pembaca yang ingin mengetahui cara untuk merawat kulit

·        Membuat para pembaca secara emosional bisa mendapatkan atau mengaitkan diri mereka dengan anda sebagai seorang pakar kesehatan kulit

·        Mendorong para pembaca untuk melaksanakan tindakan dan membeli sebuah produk yang anda tawarkan melalui artikel yang anda buat “Cara Mengatasi Kulit Kusam Dengan Budget yang Minim”.

Langkah selanjutnya yaitu ANDA HARUS BERHENTI DULU MEMBACA ARTIKEL INI...!!?

Saya meminta anda untuk berhenti sejenak membaca artikel ini. Ambilah selembar kertas kosong, dan setelah itu mulailah brainstorming untuk menentukan apa tujuan dari artikel yang akan anda tulis...!!?

ANDA HARUS MELANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL INI HANYA SETELAH ANDA SELESAI MENENTUKAN TUJUAN DARI ARTIKEL YANG AKAN ANDA BUAT...!!?


2.   Pahami Apa yang Diinginkan Oleh Pembaca

Setelah anda menentukan apa tujuan dari artikel yang akan anda buat, maka langkah selanjutnya untuk bisa membuat sebuah artikel yang berkualitas di blog anda yaitu dengan memahami apa yang diinginkan oleh para pembaca blog anda.

Untuk bisa memahami apa yang diinginkan oleh para pembaca blog anda, maka tentunya anda harus terlebih dahulu memahami profil para pembaca blog anda.

Contohnya menyerupai siapa mereka, berapa usianya, apa yang mereka inginkan, konten menyerupai apa yang mereka sukai dan apa alasannya, serta bagaimana gaya bahasa yang biasa mereka pakai.

Berikut ini ada beberapa tips untuk bisa menemukan data profil para pembaca dan apa yang ingin mereka baca di blog anda dengan cara memanfaatkan beberapa tools gratis berikut ini :

A.  Google Analytics

Google Analytic merupakan sebuah layanan gratis yang telah disediakan oleh Google yang bisa menunjukkan sejumlah informasi dan data statistik kepada para webmaster mengenai jumlah traffic dan pengunjung situsnya.

Selain itu Google Analytics juga sudah dikenal sebagai salah satu layanan web paling terpercaya daripada layanan lain menyerupai Webalizer atau AWStats yang lebih cenderung melebih-lebihkan angka dengan cara memasukkan traffic yang bukan berasal dari insan ke dalam sebuah data yang dihasilkan oleh kedua tools tersebut.

Apabila anda belum memanfaatkan tool Google Analytic, maka setelah anda selesai membaca artikel ini, pastikanlah untuk menghubungkan blog anda dengan tool Google Analytic.

Dengan cara memanfaatkan tool yang berna,a Google Analytics ini anda bisa mengetahui profil para pembaca dan apa yang mereka inginkan di blog anda, contohnya menyerupai :

·        Darimana mereka datang mengunjungi blog anda apakan melalui mesin pencari atau dari referral blog lain

·        Artikel apa saja yang paling banyak mereka baca, artikel dengan pembaca paling banyak harus Anda catat

·        Berapa lama waktu mereka berada di blog anda, tentunya semakin lama mereka berada di blog anda maka akan semakin baik

·        Bagaimana pola kunjungan para pembaca ke blog anda contohnya para pembaca lama vs pembaca baru

·        Perangkat apa yang mereka gunakan untuk membuka blog anda, apakan itu desktop atau mobile


B.   Temukan Dari Komentar di Blog Anda

Jangan sesekali anda meremehkan komentar para pembaca di blog anda. Seringkali, dengan melalui komentarlah anda dapat lebih memahami karakter para pembaca blog anda dan apa yang mereka inginkan di blog anda.

Berikut ini cara untuk bisa mengetahui profil para pembaca dan apa yang mereka inginkan di blog anda dengan melalui komentar yang ada di blog anda :

·        Siapkanlah selembar kertas kosong

·        Setelah itu buka bab komentar pada blog anda

·        Temukanlah sebuah artikel dengan jumlah komentar paling banyak dan catat berapa jumlahnya

·        Catat juga judul artikel tersebut, gunakanlah artikel ini sebagai model artikel yang akan anda buat

·        Bacalah semua komentar yang ada di artikel tersebut

·        Catatlah komentar yang paling menarik berdasarkan pada isinya menyerupai pertanyaan, pujian, atau kritik. Gaya bahasanya apakan mereka menggunakan gaya bahasa yang formal, serius, santai, atau gaya bahasa anak alay. Lihat juga nama komentatornya menyerupai nama asli, atau nama spammer

·        Setelah itu anda bisa menggunakan catatan ini sebagai sebuah tumpuan artikel yang akan anda buat


C.  BuzzSumo

BuzzSumo merupakan sebuah tool gratis untuk bisa menemukan semua konten paling populer berdasarkan pada keyword atau kata kunci dan topik tertentu yang ada di internet.

Dengan menggunakan tools yang berjulukan BuzzSumo ini anda bisa memasukan keyword utama blog anda dan kemudian setelah itu anda akan mendapatkan sebuah daftar artikel populer di dalam niche yang sama.

Contohnya anda memasukkan sebuah kata kunci “blogging for money” maka anda akan bisa mendapatkan daftar semua artikel dengan topik yang sama.

Berikut ialah tips untuk menggunakan tool BuzzSumo :

·        Silahkan anda buka BuzzSumo.com

·        setelah itu masukan keyword yang Anda bidik, contohnya “cara membuat blog”

·        Bukalah dan baca artikel yang muncul

·        Setelah itu catatlah judul artikel, jenis, gaya bahasa, dan gaya bahasa komentar

·        Ubahlah atau modifikasi judul artikel tersebut dan gaya bahasa artikel sesuai dengan kebutuhan anda

·        setelah itu temukan Dengan Google Keyword Planner


D.  Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan sebuah tool gratis milik Google Adwords yang berfungsi untuk membantu para advertiser dalam membuat isebuah klan melalui jaringan periklanan Google Adsense.

Dengan menggunakan tools Google Keyword Planner anda bisa menemukan dan bisa menguji keyword tertentu, mengetahui jumlah pencari keyword tertentu dan anda juga bisa mensimulasikan kinerja keyword tertentu.

Salah satu cara untuk bisa mengetahui profil para pembaca dan apa yang mereka inginkan di blog anda yaitu dengan menggunakan tools Google Keyword Planner, bab yang paling penting yaitu menentukan jumlah atau volume keyword yang anda bidik.

Semakin besar volume pencarian keyword yang akan anda gunakan, maka akan menjadi semakin baik. Berikut ini ialah cara untuk menggunakan tool Google Keyword Planner untuk bisa mengetahui berapa volume pencarian keyword tertentu :

·        Bukalah Google Keyword Planner

·        Klik pada bab “Search for new keywords using a phrase, website or category”

·        Kemudian setelah itu masukan keyword yang anda bidik, contohnya “cara membuat blog”

·        setelah itu klik “Get Ideas”

·        kemudian catatlah keyword, Avg. monthly searches atau jumlah pencarian bulanan, dan juga competition atau tingkat persaingan

·        Gunakanlah sebuah keyword dengan jumlah pencarian bulanan paling banyak dan dengan persaingan yang kecil sebagai sebuah tumpuan keyword dari artikel yang akan anda buat


E.   Tanyakan Kepada Email Subscribers Anda

Email subscribers atau yang biasa disebut sebagai pelanggan email ialah para pembaca blog yang sudah mendaftar melalui email untuk bisa mendapatkan setiap update artikel atau newsletter dari terbaru dari sebuah blog.

Cara yang terakhir untuk bisa menemukan profil para pembaca dan apa yang mereka inginkan di blog anda yaitu dengan cara bertanya secara pribadi kepada para pelanggan email anda.

Tentunya cara ini hanya bisa dilakukan apabila anda menggunakan sebuah layanan email subscribers, contohnya menyerupai GetResponse, AWeber atau MailChimp.

Dengan menggunakan layanan email subscribers ini anda bisa mengirimkan sebuah email pertanyaan atau sebuah survei singkat mengenai karakter para pembaca blog anda dan problem apa yang sedang mereka hadapi.

Contohnya apabila niche blog anda mengenai tips menulis artikel, maka anda bisa bertanya kepada para email subsciber anda mengenai “Masalah terbesar apa yang sedang anda alami dalam menulis sebuah artikel...?”

Dengan cara bertanya secara pribadi kepada para pelanggan email blog anda, maka anda akan mendapatkan sebuah tanggapan dengan lebih akurat mengenai siapa saia mereka, apa problem yang sedang mereka hadapi, menyerupai apa gaya bahasa yang biasanya mereka gunakan, dan solusi menyerupai apa yang mereka inginkan.

Dari tanggapan yang mereka nerikan, anda akan mempunai sebuah informasi yang jauh lebih akurat sebagai materi atau materi untuk menulis sebuah konten yang berkualitas di blog anda.


3.   Saatnya Mulai Membuat Artikel

Setelah anda menentukan apa tujuan dari artikel yang akan anda buat dan sudah memahami apa yang diinginkan oleh para pembaca blog anda, maka langkah selanjutnya yaitu membuat artikel berkualitas.

Sebelum anda mulai membuat artikel, ada hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu yaitu anatomi sebuah artikel blog yang mudah dibaca yaitu judul, isi Artikel, dan penutup.


A.  Judul Artikel

Semakin baik judul artikel, maka semakin besar juga peluang artikel tersebut akan dibaca dan dibagikan. Judul sebuah artikel merupakan salah satu faktor penentu apakah seseorang akan membaca artikel yang anda buat atau tidak.

Ada sebuah data yang berasal dari CopyBlogger mengatakan bahwa 8 dari 10 orang akan membaca judul sebuah artikel, tapi hanya ada sebanyak 2 dari 10 orang tersebut yang akan membaca keseluruhan artikel.

Selain itu, HarpInteractive.com juga mencatat bahwa judul sebuah artikel mempunyai tugas sebesar 50 % apakah sebuah artikel akan dibaca oleh para pembaca blog anda atau tidak.

Berikut ini ada beberapa tips teruji untuk cara membuat sebuah judul artikel yang pasti akan dibaca oleh para pengunjung blog anda :


·        Gunakan Angka & List

Menggunakan sebuah angka dan list merupakan salah satu cara yang termudah untuk membuat judul sebuah artikel anda menjadi lebih menarik hati untuk dibaca. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa judul dengan angka mempunyai peluang sebesar 73 % lebih besar untuk dibagikan ke media sosial.

Selain itu, sebuah judul dengan angka atau list juga akan dapat menunjukkan sebuah gambaran mengenai isi artikel yang anda buat. Sedangkan untuk beberapa kata yang dapat anda gunakan sebagai list atau daftar yaitu rahasia, ide, teknik, alasan, cara, tips, tricks, strategi, fakta, metode.

Berikut ini ada beberapa pola judul artikel dengan menggunakan angka dan list :

27 Rahasia Mengerikan Kekuatan Militer Republik Indonesia
15 Cara Terbaik Menjadi Blogger Sukses
10 Alasan Anda Harus Menggunakan Sistem Operasi Windows


·        Tambahkan Kata Sifat

Kata sifat merupakan kata yang berfungsi untuk memperjelas kata benda di dalam suatu kalimat. Contohnya menyerupai “Saya seorang cowok tampan”. Contoh dari kata sifat dari kalimat tersebut ialah tampan.

Kata sifat ialah sebuah elemen yang sangat powerful untuk dapat membuat judul sebuah artikel menjadi semakin menggugah para pembaca blog anda. Berikut ini ada beberapa pola judul sebuah artikel dengan menggunakan kata sifat, diantaranya yaitu :

5 Langkah Teruji untuk Membangun Media Start-up
10 Group Band Visual-kei asal Jepang Paling Populer di Tahun 2017


·        Gunakan Formula 4U

Formula 4u yang digagas oleh Neil Patel ini yaitu unique, ultra-specific, urgent, dan useful.

Unique atau unik berarti hanya satu-satunya atau dengan kata lain, judul dari artikel yang anda buat harus berbeda dengan judul artikel yang lainnya. Untuk dapat membuat sebuah judul artikel yang unik.

Anda dapat memodifikasi judul sebuah artikel yang sudah ada dengan cara menambahkan angka, kata keterangan, kata sifat, atau dengan menambahkan data tertentu.

Ultra specific yang berarti bahwa sangat khusus atau terfokus. Judul sebuah artikel yang sangat terfokus akan memiliki peluang lebih besar untuk dibaca oleh para pembaca blog anda. Harus anda ketahui bahwa sebuah judul yang ultra specific bisa memenuhi kebutuhan para pembaca blog anda.

Berikut ini sebuah pola judul yang ultra specific, diantaranya yaitu :

5 Langkah Mudah Mengoptimasi SEO Blog (Untuk Pemula)
3 Teknik Menulis Lamaran Kerja (Hanya Dalam 30 Menit)
10 Strategi Promosi Blog (Dengan Budget Dibawah 1 Juta)

Selain judul artikel yang unik dan spesifik, judul artikel yang anda buat juga harus mempunyai elemen urgency atau penting dan sangat mendesak. Tujuan judul artikel ini yaitu biar artikel anda harus dibaca sekarang juga, bukan nanti, atau dibaca kapan-kapan.

Sedangkan untuk U yang terakhir yaitu Useful atau bermanfaat, yang bisa berarti juga praktis, mudah dilakukan, bernilai, atau menguntungkan. Pada intinya, judul sebuah artikel yang anda buat harus bisa membantu para pembaca untuk dapat mengatasi problem yang sedang dihadapi oleh para pembaca.


BERHENTI DULU MEMBACA ARTIKEL INI...!!?

Ambilah selembar setelah itu baca kembali semua judul artikel yang sudah anda buat dan rubahlah sesuai dengan tips diatas.

JANGAN MELANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL INI SEBELUM ANDA MENULIS 2 ATAU 3 JUDUL BARU UNTUK ARTIKEL ANDA...!!?


Langkah selanjutnya setelah anda menemukan judul sebuah artikel ialah menulis isi atau badan artikel. Seperti yang sudah kita singgung pada bab awal, judul artikel ialah elemen yang sangat penting.

Akan tetapi tanpa isi artikel yang berkualitas tinggi, baik untuk para pembaca atau untuk search engine, artikel anda hanya akan menjadi hype atau sebuah artikel yang melebih-lebihkan suatu perkara menyerupai kebanyakan artikel yang ada pada dikala ini.


B.   Struktur Isi Artikel

Salah satu aspek yang paling penting yang seringkali dilupakan atau bahkan tidak dipahami sama sekali oleh kebanyakan blogger pada dikala mereka sedang membuat sebuah artikel yaitu struktur artikel.

Apabila artikel yang anda buat tidak mempunyai struktur yang baik, maka karenanya bisa ditebak. Para pembaca blog anda akan merasa malas untuk membaca artikel yang sudah anda buat.

Berikut ini ialah struktur dasar sebuah artikel yang banyak digunakan, diantaranya yaitu :

1. Judul
Pengantar
2. Isi
#1 Sub-judul
Isi artikel
#2 Sub-judul
Isi artikel
#3 Sub-judul
Isi artikel
#4 Sub-judul
3. Penutup
Kesimpulan/CTA

Struktur artikel tersebut bisa anda gunakan untuk semua jenis artikel termasuk juga artikel how to atau list. Pastikan juga bahwa anda sudah memanfaatkan sub-judul biar para pembaca bisa lebih mudah untuk membaca artikel Anda.

Gunakanlah sebuah aksara besar atau warna yang berbeda untuk sub-judul yang sedang anda tulis.


C.  Pembuka Artikel

Ada beberapa tips untuk membuka sebuah artikel biar menjadi lebih menarik dan mendapatkan perhatian para pembaca blog anda. Setidaknya ada 3 cara untuk membuka sebuah artikel yang sangat mudah untuk anda lakukan, diataranya yaitu :


·        Awali Dengan Pertanyaan

Salah satu cara yang paling mudah untuk membuka sebuah artikel untuk blog anda yaitu dengan cara mengajukan sebuah pertanyaan. Sebuah pertanyaan akan bisa membantu para pembaca blog anda untuk berpikir dan untuk segera terlibat dengan artikel yang telah anda.

Contohnya apabila anda sedang menulis sebuah artikel mengenai “Tips Mudah Mendaftar Google Adsense Agar Diterima”, maka anda bisa membuka artikel anda tersebut dengan menggunakan sebuah pertanyaan “Apakah Anda sudah bisa menghasilkan uang dari blog...?


·        Awali Dengan Kutipan

Selain itu cara yang terbaik untuk membuka sebuah artikel yaitu dengan memberikan sebuah kutipan, baik itu sebuah kutipan dari tokoh terkenal, blogger lain, atau bahkan dari para pembaca blog anda.


·        Awali Dengan Cerita

Cerita atau storytelling mempunyai sebuah kekuatan yang luar biasa untuk menarik sebuah perhatian dari para pembaca. Written.com sudah mencatat bahwa setidaknya ada 15 teknik storytelling yang dapat anda gunakan pada dikala anda membuka sebuah artikel.

Dengan cara memanfaatkan sebuah kekuatan dari cerita, maka anda bisa membuka sebuah artikel yang anda tulis dengan lebih menarik dan lebih menggugah minat para pembaca.

Apabila anda sedang menulis sebuah artikel mengenai traveling ke Candi Borobudur, maka anda bisa memulainya dengan cara menceritakan pengalaman yang paling berkesan atau pengalaman lucu anda pada dikala sedang berada di Candi Borobudur.


BERHENTI SEJENAK MEMBACA ARTIKEL INI...!!?

Ambilah kertas kosong dan cobal brainstorming 2 hingga 3 inspirasi kalimat pembuka yang akan anda gunakan untuk membuat sebuah artikel. Jangan melanjutkan untuk membaca artikel ini sebelum anda selesai menuliskan 2 hingga 3 inspirasi pembuka artikel.

LAKUKAN...!!?


D.  Tips Membuat Isi Artikel Berkualitas

Pada bab ini, ada 4 tips penting untuk bagaimana cara menulis sebuah artikel yang berkualitas untuk blog anda. Diantaranya yaitu :


·        Buat Deskriptif

Deskriptif yaitu menggambarkan dengan jelas. Pada dikala anda sedang menulis sebuah kalimat, maka usahakanlah jangan sekedar memberitahu para pembaca blog anda, akan tetapi jelaskan secara gamblang.


·        Gunakan Banyak Contoh

Sebuah teknik yang sangat sederhana dan teknik yang sangat penting untuk menulis sebuah artikel yang mudah dipahami. Setiap kali anda selesai menunjukkan poin tertentu, maka tutuplah dengan kata “Contohnya atau Misalnya”.


·        Buat Interaktif

Tahukah anda bahwa secara umum dikuasai pembaca blog anda ialah para pembaca yang pasif...?

Sebuah penelitian menerangkan bahwa hanya sebesar 1 % dari milyaran pengguna internet ialah para pengguna aktif contohnya aktif dalam memberi komentar, meng-klik link, atau aktif dalam melaksanakan kode yang telah anda berikan, sedangkan 99 % sisanya ialah para pengguna pasif.

Untuk bisa mengatasi hal ini, tips yang dapat anda lakukan yaitu dengan cara membuat sebuah artikel yang sangat interaktif. Sebuah konten interaktif, dengan cara meminta para pembaca untuk melaksanakan sebuah tindakan tertentu sudah terbukti akan meningkatkan keterlibatan para pembaca.


·        Gunakan Gambar

Sebuah gambar bisa sangat membantu anda dalam memperjelas sebuah artikel yang telah anda buat, terutama apabila anda menulis sebuah artikel berjenis how to atau tutorial. Anda bisa menggunakan sebuah gambar yang sudah anda buat sendiri.

Contohnya menyerupai screenshot atau anda juga bisa menggunakan gambar orang lain, tapi jangan lupa untuk menunjukkan sebuah tautan link ke sumber gambar yang anda gunakan tersebut. Selain itu anda juga bisa menggunakan gambar gratis populer dan berkualitas dari :

Unsplash
Pixabay
Getty Images
Flickr
Photogen


E.   Penutup Artikel, Akhiri Dengan Call To Action (CTA)

Salah satu cara yang terbaik untuk menutup sebuah artikel yaitu dengan cara menunjukkan ringkasan sebuah artikel dan mengakhirinya dengan undangan call to action.

Call to action...?
Apa itu...?

Di dalam dunia copywriting, call to action merupakan sebuah kalimat yang mempunyai tujuan untuk mengajak atau untuk meminta para pembaca berbuat sesuatu. Di dalam dunia internet marketing, call to action merupakan sebuah undangan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Anda pasti sudah sering menemukan sebuah kalimat undangan atau menemukan sebuah tombol “Buy Now!” di internet. Kalimat call to action juga bisa berupa sebuah kalimat undangan yang lain, contohnya menyerupai untuk men-download, mengunjungi situs tertentu, mengklik link tertentu, melihat video tertentu, dan yang lainnya.

Berikut ini merupakan pola call to action yang dapat anda gunakan untuk menutup sebuah artikel, diantaranya yaitu :

“Bagaimana menurut Anda...? Saya merasa senang apabila anda mau menunjukkan sebuah komentar untuk artikel ini.”
“Apabila anda suka artikel ini, membagikan artikel ini melalui tombol “Share” yang sudah disediakan dibawah ini.”
“Apakah anda ingin mengetahui diam-diam kode pro blogger, klik disini untuk mendownload ebooknya gratis!”


Ingatlah bahwa dalam membuat sebuah konten atau artikel yang berkualitas tinggi sangat menyita banyak waktu, dan saya mengerti bahwa tidak semua orang mempunyai banyak waktu untuk membuat artikel berkualitas, apalagi untuk membuat sebuah artikel yang panjang.

Masalah ini biasanya banyak dihadapi oleh para blogger paruh waktu yang membagi waktunya dengan acara lain. Berdasarkan pada pengalaman saya pribadi, saya mempunyai sebuah solusi untuk mengatasi problem ini.

Caranya yaitu dengan mengurangi jumlah frekuensi posting anda. Apabila anda terbiasa menulis sebuah artikel setiap hari. Maka rubahlah frekuensi posting tersebut menjadi 2 hingga 3 kali dalam seminggu saja.

Apabila anda sudah terbiasa menulis artikel 2 hingga 3 kali dalam seminggu, ubahlah menjadi 1 ahad sekali saja. Gunakanlah sisa waktu yang anda miliki untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas tinggi.

Faktanya, menulis sebuah artikel atau konten terlalu sering justru hanya akan membuat para pembaca blog anda menjadi merasa jenuh. Michael Hyatt, yang merupakan seorang blogger profesional asal Amerika Serikat sudah meneliti dan sudah menerangkan hal ini.

Bahkan DailyBlogTips.com, sebuah blog terkemuka milik Daniel Scocco yang dulunya menerbitkan aneka macam artikel mengenai tips blogging secara harian, sekarang tidak lagi menerbitkan artikelnya setiap hari.

Jadi, jangan merasa takut untuk mengurangi frekuensi posting anda dan anda harus bisa memanfaatkan waktu yang anda miliki untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas tinggi.

Apabila anda ingin membuat artikel berkualitas dan sangat layak dibagikan, saya sangat tidak menyarankan untuk membuat artikel hanya dalam sekali duduk saja. Apalagi kalau anda menjalani acara blogging ini secara paruh waktu.

Kebiasaan saya sendiri yaitu menulis satu artikel dengan jumlah kata 1000 hingga 3000 kata lebih dalam waktu satu minggu, tapi saya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit hingga 60 menit saja setiap harinya.

Biasanya, saya mulai untuk menulis setelah sholat subuh kira-kira jam 5 pagi. Itu kebiasaan saya menulis artikel untuk satu blog ini saja.

Apabila menurut anda artikel yang saya tulis ini bermanfaat, silahkan anda bagikan artikel ini melalui tombol media umum yang sudah saya sediakan di samping kanan postingan yang mengikuti anda dari tadi untuk menunggu anda klik.


Terakhir, apabila anda ingin berguru lebih lanjut mengenai internet marketing dan make money from blogging, maka jangan lupa untuk selalu mengunjungi .

Post a Comment for "Kunci Membuat Artikel Berkualitas & Layak untuk Dibagikan"