Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menarik Banyak Pengunjung ke Blog Anda


Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya supaya anda mampu menerima banyak traffic pengunjung ke blog anda hanya dengan sedikit ataupun bahkan tanpa biaya sama sekali. Simaklah pembahasan berikut dan lakukan step by step pada blog anda.


Banyak yang mengatakan bahwa konten yakni raja, memang tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut tapi harus  anda ingat bahwa konten bukanlah segala-galanya.  Di dalam dunia blogging, sebuah konten yang bernilai sangat tinggi dan sebuah konten yang bermanfaat saja tidak cukup sebagai ukuran sebuah kesuksesan monetisasi blog.

Sebuah konten yang berkualitas, bahkan sempurna, tidak akan serta merta akan menarik para pembaca begitu saja. Apa artinya blog dengan sebuah konten yang bernilai sangat tinggi, bermanfaat dan mempunyai kualitas dalam semua aspeknya tapi tidak ada satu orangpun yang mau membacanya...?

Bukankah sebuah konten yang bernilai tinggi dan konten yang bermanfaat sudah pasti akan banyak dicari dan diperlukan oleh banyak orang...? Pada kenyataannya tidak.  Sebuah konten yang mengagumkan merupakan satu hal, tapi bagaimana cara untuk menarik para pengunjung yakni hal yang lainnya.

Menarik traffic ke blog anda merupakan langkah yang kedua yang harus anda lakukan setelah anda selesai menulis konten yang bagus. Secara umum, ada dua jenis traffic. Yang pertama yaitu traffic gratis. Traffic jenis ini sebagian besar berasal dari halaman hasil pencarian search engine dan sisanya berasal dari social media, social bookmarking, forum dan lainnya.

Jenis yang kedua yaitu jenis traffic berbayar. Jenis traffic ini yakni jenis traffic yang berasal dari pengunjung yang datang dari sebuah iklan Pay-Per-Click misalnya Google Adwords atau YPN, atau dari sebuah iklan Facebook Ads yang anda manfaatkan untuk mempromosikan blog anda. Walaupun anda tentu dapat melaksanakan keduanya, tapi jenis traffic gratis yang seharusnya menjadi fokus utama anda untuk dapat menarik para pengunjung.

Jenis traffic berbayar memang akan menunjukkan anda pengunjung pada blog anda, tapi pada ketika anda berhenti memasang iklan, maka traffic anda akan berhenti juga ke blog Anda. Karena berdasarkan pada pertimbangan itulah maka artikel ini hanya akan  membahas mengenai tips bagaimana caranya untuk menarik traffic secara gratis ke blog anda.

Berikut yakni pembahasan mengenai bagaimana cara menarik traffic gratis ke blog anda :


1.   Daftarkan Blog Anda ke Search Engine

Poin pertama ini memang hal yang sepele, tapi krusial. Inilah sebuah langkah yang sangat penting yang harus anda lakukan untuk menarik sebuah traffic secara gratis ke blog anda. Untuk mampu menerima sebuah traffic gratis yang berasal dari search engine, maka blog anda harus terlebih dahulu terdaftar dan ter-crawled oleh robot search engine. Saya sarankan supaya anda setidaknya mendaftarkan blog anda pada tiga mesin pencari terbesar yaitu Google, Yahoo dan MSN.


2.   Daftarkan Blog Anda ke Blog Directory

Blog directory merupakan sebuah situs yang berisikan wacana daftar blog yang telah disusun berdasarkan pada topik tertentu. Dengan mendaftarkan blog anda ke blog directory, selain anda mampu menerima sebuah suntikan pengunjung, anda juga akan menerima sebuah backlink dari situs blog directory yang sebagian besar mempunyai nilai page rank yang cukup tinggi. Dengan melaksanakan hal ini maka konsekuensinya, dimata search engine blog anda akan mempunyai nilai kualitas yang lebih tinggi.


3.   Buatlah Lebih Banyak Konten Yang Bernilai Tinggi

Membuat sebuah konten yang bernilai tinggi merupakan sebuah syarat mutlak untuk dapat menarik pengunjung ke blog anda. Tulislah sebuah konten yang dapat bermanfaat bagi para pembaca blog anda dan pada ketika yang sama lakukanlah meningkatkan secara optimal keywords yang terfokus sesuai dengan topik blog anda. Mulailah dengan menulis sebuah konten secara rutin dan topikal, dengan melaksanakan meningkatkan secara optimal pada SEO on page berdasarkan pada keywords yang anda bidik.

Semakin mengagumkan meningkatkan secara optimal SEO on page yang anda lakukan, maka akan semakin tinggi ranking Search Engine Results Page yang akan anda dapatkan, dan pada waktunya akan semakin besar peluang datangnya para pengunjung ke blog anda. Apabila anda belum memahami SEO on page, anda mampu membacanya di sini.


4.   Bangunlah Lebih Banyak Backlink

Dengan membangun sebuah backlink akan dapat meningkatkan nilai SEO off page yang akan meningkatkan sebuah ranking Search Engine Results Page. Semakin banyak jumlah backlink natural atau backlink organik yang anda dapatkan, maka akan semakin tinggi pula nilai Search Engine Results Page blog anda di mesin pencari. Untuk penjelasan lebih dalam mengenai SEO off page, anda mampu membacanya di sini.

Maka hasilnya, sudah pasti semakin banyak para pengunjung yang akan datang ke blog Anda. Cara membangun sebuah backlink mampu anda baca di sini.


5.   Promosi, Promosi, Promosi...!!?

Ada sangat banyak cara untuk mempromosikan sebuah blog tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Cara yang mampu anda lakukan diantaranya yakni :

·        Memberikan sebuah komentar (bukan spam comment) di blog lain
·        Mendaftar dan meninggalkan signature blog anda di forum-forum online
·        Memanfaatkan layanan RSS Feed, misalnya layanan dari FeedBurner
·        Memanfaatkan layanan RSS melalui email, misalnya dari FeedBlitz
·        Memanfaatkan situs social media atau networking menyerupai Facebook atau Twitter
·        Membuat sebuah fanpage khusus untuk blog di facebook
·        Bergabung dengan group yang sesuai dengan niche blog anda di Facebook
·        Mencantumkan signature blog pada email eksklusif anda
·        Memanfaatkan situs social bookmarking menyerupai Digg, atau StumbleUpon
·        Menulis untuk blog lain atau guest blogger dengan menyertakan sebuah alamat blog anda

Pada intinya, lakukanlah sebuah upaya promosi gratis semaksimal mungkin sebelum anda memutuskan untuk memilih cara promosi berbayar melalui sebuah iklan.

Selain itu anda juga mampu melaksanakan promosi dan menarik banyak pengunjung ke blog anda dengan melaksanakan SMO atau Social Media Optimization berikut ini.

Social Media Optimization (SMO) Untuk Blog Anda



Social media optimization merupakan sebuah taktik promosi online yang dilakukan dengan cara mengoptimalkan tools dan platform social media. Tools dan platform social media ini sendiri yakni banyak sekali media yang digunakan oleh para pengguna internet untuk memnagikan sebuah opini, pendapat, pengalaman dan pandangan mereka dengan pengguna internet lainnya.

Pada ketika ini semakin besar ketergantungan para pengguna internet terhadap tools dan platform social media, misalnya saja dengan fenomena maraknya penggunaan sosial media Facebook dan Twitter di Indonesia, oleh alasannya yakni itu pada ketika ini taktik meningkatkan secara optimal SMO menjadi sama pentingnya dengan meningkatkan secara optimal SEO atau Search Engine Optimization.

Sebagai blogger, apakah anda sudah melaksanakan integrasi taktik SMO untuk blog anda...? Lalu bagaimana caranya untuk melaksanakan meningkatkan secara optimal social media ini untuk blog anda...?
Berikut ini yakni kunci Social Media Optimization atau yang mampu disebt sebagai SMO untuk blog anda.


1.   Buatlah Sebuah Konten Blog yang Layak Di-Link

Poin pertama SMO yang harus anda perhatikan yaitu bukanlah sebuah tools social media apa yang akan anda gunakan, tapi yang harus anda perhatikan yakni konten blog anda sendiri. Sesempurna apapun taktik SMO yang anda lakukan, semuanya tidak akan ada artinya apabila tanpa sebuah konten blog yang mampu menunjukkan sebuah manfaat untuk para pembaca blog anda.

Oleh alasannya yakni itu buatlah konten anda menjadi sebuah rujukan untuk blogger lain dan layak untuk di-link oleh para blogger lain di dalam sebuah niche yang telah anda pilih untuk blog anda.


2.   Buatlah Sharing dan Bookmarking

Setelah anda selesai membuat sebuah konten yang berkualitas, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni mempermudah para pembaca blog anda untuk menyebarluaskan atau share konten blog anda. Oleh alasannya yakni itu sediakan sebuah tombol sharing dan bookmarking pada setiap artikel yang ada di dalam blog anda.

Manfaatkan juga sebuah tombol ReTweet supaya para pembaca blog anda dapat menyebarluaskan konten anda melalui Twitter hanya dengan satu kali klik. Anda juga dapat memanfaatkan sebuah fitur dari “FeedFlare” dari FeedBurner baik pada halaman blog anda maupun pada halaman RSS Feed.


3.   Berilah Insentif Untuk Inbound Link

Inbound link merupakan sebuah  link yang berasal dari blog lain. Semakin banyak jumlah inbound link, maka blog anda akan semakin berkualitas. Salah satu cara untuk dapat merangsang inbound link yaitu dengan cara menunjukkan sebuah insentif kepada blog yang menunjukkan link pada blog anda. Caranya yaitu mampu dengan memasang link mereka balik atau hanya sekedar menunjukkan sebuah apresiasi tertulis kepada blog-blog lain yang telah menunjukkan sebuah link ke blog anda.


4.   Ambilah Inisiatif, Sebarkanlah Konten Anda

Jangan pernah menunggu orang lain untuk menyebarluaskan konten anda melalui situs social media. Anda harus meluangkan waktu khusus untuk melaksanakan submit konten anda ke situs social bookmarking menyerupai Digg dan StumbleUpon atau membuatkan konten di blog anda ke bebagai situs social networking menyerupai Facebook. Jangan lupa untuk melaksanakan update informasi blog anda melalui situs microblogging menyerupai Twitter atau Plurk.


5.   Permudahlah Semua Orang yang Menggunakan Konten Anda

Salah satu diam-diam dari taktik social media optimization yaitu membiarkan orang lain yang melaksanakan promosi konten pada blog anda. Karenanya, akan mempermudah para pembaca blog anda untuk mampu menggunakan dan mengubah sebuah konten pada blog anda sesuai dengan syarat yang telah anda tetapkan merupakan sebuah keharusan. Gunakan juga sebuah widget Creative Commons Attribution supaya para pembaca blog anda mampu mengetahui batasan penggunaan kembali artikel anda.


6.   Bangunlah Komunitas Anda Sendiri

Mulailah untuk membangun komunitas para pembaca blog anda sendiri. Untuk melaksanakan hal ini anda mampu memanfaatkan sosial media menyerupai facebook untuk dapat mulai membangun sebuah komunitas blog anda. Dengan anda mempunyai sebuah komunitas, maka anda membangun sebuah jaringan dengan mereka yang benar-benar mempunyai minat yang sama dengan anda, menjalin relasi dengan mereka yang ingin bekerjasama dengan anda, dan ingin menerima sebuah manfaat dari komunitas yang anda berdiri sendiri.


7.   Berikan Sebuah Penghargaan Untuk Para Pembaca Blog Anda

Di dalam konteks social media optimization, tugas seorang pembaca blog sangatlah penting. Karena para pembaca blog Andalah yang sebetulnya telah menyebarluaskan sebuah informasi wacana blog anda dan bahkan mereka menjadi evangelist tanpa pamrih untuk blog anda. Oleh alasannya yakni itu, berilah sebuah penghargaan kepada para pembaca blog anda.

Berikan sebuah link love untuk mereka yang telah berkomentar. Berikan juga sebuah insentif berupa hadiah gratis untuk mereka yang telah menjadi pembaca setia blog Anda.


8.   Berpartisipasi

Mungkin anda sudah mengetahui bahwa social media merupajan situs khusus untuk bersosialisasi. Oleh alasannya yakni itu, anda harus berpartisipasi dan anda harus terlibat di dalam sebuah pembicaraan yang dilakukan oleh para pembaca blog anda atau berpartisipasi dengan mereka yang telah mengikuti anda misalnya via Facebook atau Twitter. Berpartisipasi dengan cara membuat sebuah pesan yang ingin anda sampaikan akan lebih cepat tersebar luas.


9.   Santun dan Jujur

Sama halnya dengan pergaulan di dunia nyata, berinteraksi di dunia maya juga diatur oleh sebuah etiket yang sama. Oleh alasannya yakni itu anda harus bersikap santun, jujur, dan jangan pernah berbohong kepada semua komunitas yang telah anda ikuti. Hormatilah siapapun yang telah menjalin komunikasi dengan anda. Sikap yang positif menyerupai ini pada waktunya akan meningkatkan sebuah kepercayaan orang kepada anda.


10.   Jangan Takut Salah dan Cobalah Hal Baru

Hampir setiap ketika lahir sebuah kemungkinan yang baru, situs baru, tools baru, dan sebuah platform gres di dunia social media. Oleh alasannya yakni itu jangan berhenti untuk mencar ilmu sesuatu yang gres dan jangan pernah takut untuk mencoba hal baru.


Apabila anda sudah menerapkan semua tips SMO diatas, maka inilah yang akan anda dapatkan :

1.   Profil Anda Meningkat

Semakin banyak jumlah orang yang membicarakan dan bekerjasama dengan anda, maka akan semakin meningkat pula profil eksklusif anda sebagai seorang blogger yang pintar bergaul di dunia maya. Sebuah apresiasi ini pada waktunya akan membuat anda menjadi semakin mudah untuk membangun sebuah jaringan di dunia social media.


2.   Networking Meningkat

Dengan semakin meningkatnya jumlah expose profil diri anda di situs social media, maka akan semakin mudah bagi anda untuk mampu meningkatkan kontak dan jaringan pertemanan anda. Semakin besar jaringan yang anda miliki, maka akan semakin besar juga tingkat kepercayaan orang lain terhadap anda.


3.   Kepercayaan Meningkat

Kepercayaan merupakan sebuah mata uang di dunia maya. Sekali saja anda mengabaikan pentingnya sebuah kepercayaan, maka akan hancurlah karir anda di dunia maya. Dengan semakin besar sebuah jaringan yang anda miliki, maka akan semakin besar pula tingkat sebuah kepercayaan oranglain kepada anda. Sebuah rujukan dari orang lain yang telah menjadi anggota di dalam jaringan anda sangat penting di dunia maya.


4.   Penghasilan Meningkat


Hasil final dari penerapan Socian Media Optimization atau SMO diatas yakni semakin anda dipercaya oleh banyak orang, maka semakin mudah juga untuk dapat menghasilkan uang melalui blog anda sendiri.


Dengan melaksanakan langkah-langkah diatas, maka blog anda akan mampu dikenal alasannya yakni sebuah kualitas dan kredibilitasnya, baik itu oleh mesin pencari ataupun oleh para pembaca yang merasa menerima sebuah manfaat dari blog anda. Dan pada akhirnya, anda akan dapat menarik para pengunjung loyal yang selalu akan datang ke blog anda. Setelah anda mempunyai jumlah traffis yang cukup banyak, maka langkah berikutnya yaitu anda mampu melaksanakan sebuah Pre-selling dan tentu saja anda akan mampu melaksanakan monetization blog anda.

Dengan mempunyai sebuah traffic yang tinggi, semua hal yang ingin anda dapatkan dari blog anda, misalnya anda ingin menerima keuntungan berupa uang dari blog anda dengan cara menjadi publisher iklan, hal tersebut tidak akan menjadi hal yang sulit apabila blog anda mempunyai traffic yang tinggi. Oleh alasannya yakni itu mempunyai sebuah kualitas dan kredibilitas yang tinggi sangatlah penting untuk suatu blog alasannya yakni hal tersebut akan menjadi sebuah pilar yang akan menunjang sebuah kesuksesan orang yang mengelola blog tersebut.

Post a Comment for "Cara Menarik Banyak Pengunjung ke Blog Anda"