Memahami Fitur Custom Conversion & Standard Event di Facebook Ads Conversion Tracking
Harus anda ketahui bahwa apabila anda melaksanakan set up pada Facebook conversion tracking anda mampu mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya yaitu :
Manfaat yang pertama yaitu anda dapat mengukur ROI. Fitur facebook conversion tracking mungkinkan anda mampu mengetahui seberapa banyak jumlah konversi yang telah anda terima, baik itu konversi registrasi, sales, mengisi formulir atau jenis konversi campaign lainnya.
Anda juga mampu mengukur performa a/b test yang memungkinkan anda mampu melaksanakan improve performa campaign yang anda miliki secara continue. Conversion tracking dapat membantu Anda untuk melihat sebuah hasil yang anda dapat berdasarkan pada ads yang mana.
Selain itu juga memungkinkan Facebook untuk mengoptimasi algoritmanya untuk membantu anda mampu mendapatkan sebuah hasil yang lebih optimal. Algoritma Facebook mampu dibilang sebuah algoritma yang sangat smart dan dapat melaksanakan tracking pada siapa saja user Facebook yang telah terkonversi dari iklan anda dan juga menggunakan data tersebut untuk secara otomatis menarget user Facebook lainnya yang mempunyai sebuuah kemiripan dengan mereka yang sudah terkonversi.
Ini artinya apabila anda memiliki konversi dengan jumlah yang banyak, maka facebook akan mempelajari lebih banyak hal perihal mereka yang telah terkonversi dan untuk ke depannya facebook akan menandakan lebih banyak iklan lagi kepada mereka. Apabila anda tidak menggunakan fitur yang berjulukan conversion tracking, maka anda tidak akan mampu untuk menggunakan fitur ini.
Fitur facebook conversion tracking merupakan sebuah faktor yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan anda yang berprofesi sebagai facebook advertiser.
Metode Conversion Tracking di Facebook Ads
Dengan sebuah pixel yang baru, Facebook telah memperlihatkan kepada kita dua cara berbeda untuk dapat melaksanakan tracking conversion. Anda harus ingat bahwa keduanya mempunyai sebuah kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Diantaranya yaitu :
1. Custom Conversions
Custom Conversions merupakan salah satu cara yang termudah untuk memulai sebuah conversion tracking sebab fitur ini tidak membutuhkan sebuah perubahan dari Facebook Pixel pada website anda. Untuk menggunakan fitur ini anda hanya harus menginstal facebook Pixel saja, setelah itu create custom conversion pada Facebook Ad Manager.
Pada menu create custom conversion anda harus melaksanakan input sebuah halaman yang dituju oleh customer setelah mereka terkonversi, istilahnya yaitu “post conversion page”, anda harus memasukan conversion value dan setelah itu selesai.
Selain itu juga anda dapat memasukkan conversion value pada setiap custom conversion. Ini berrtinya setiap konversi yang terjadi, Facebook akan menempatkan angka value spesifik untuk event tersebut. Dengan memperlihatkan conversion value akan sangat memudahkan anda untuk melaksanakan sebuah tracking dari ROI campaign anda.
Namun sayangnya ada bekurangan dari Custom Conversion ini, diantaranya yaitu.
Sebuah value yang telah anda berikan untuk setiap custom conversion merupakan sebuah value statis yang tidak akan pernah berubah. Pada setiap terjadinya sebuah konversi, value yang akan dibaca oleh Facebook tersebut akan selalu sama. Hal ini tidak menjadi problem apabila anda menjual banyak produk dengan harga yang sama, di mana setiap produk mempunyai sebuah halaman konfirmasi order yang berbeda-beda dengan masing-masing URL yang unik.
Dalam kasus tersebut anda hanya perlu melaksanakan setup pada custom conversion yang berbeda untuk setiap produk tau untuk setiap URL, masing-masing juga mempunyai sebuah conversion value yang berbeda-beda. Akan tetapi bahwa sebagian besar ecommerce tidak bekerja menyerupai ini. sebagian besar website ecommerce bekerja dengan sebuah halaman konfirmasi order yang sama dan secara dinamis akan melaksanakan update berdasarkan pada apa yang dibeli oleh para customer.
Contohnya apabila ada seorang customer yang melaksanakan pembelian sebuah sepatu atau jaket, maka mereka akan menuju ke ling https://www.websiteanda.com/konfirmasi-pembelian. Dalam kasus tersebut,maka tidak memungkinkan untuk melaksanakan sebuah tracking order value dengan custom conversion, sebab sebuah halaman konfirmasi order akan selalu mempunyai sebuah URL yang sama sehingga mempunyai sebuah conversion value yang sama dengan apapun yang akan dibeli oleh para customer. Untuk mengatasi problem tersebut maka anda harus menggunakan standard event.
Kekurangan lainnya yaitu adanya sebuah keterbatasan maksimal 40 custom conversion pada dikala yang sama. Ini artinya apabila anda memiliki lebih dari 40 conversion event yang ingin anda track secara bersamaan, maka anda tidak akan mampu menggunakan pilihan ini.
2. Standard Events
Cara yang kedua untuk melaksanakan sebuah implementasi facebook conversion tracking yaitu dengan memanfaatkan Standard Events.
1) Kode pada website anda
2) Facebook pixel base code. 1234567890 merupakan isyarat facebook pixel anda
3) Standard event code yang telah anda pilih
Metode ini lebih complicated untuk diimplementasikan dari pada custom conversion, hal ini dikarena anda harus memodifikasi sedikit episode dari facebook pixel, akan tetapi metode ini mempunyai sebuah fitur yang lebih lengkap. Standard event merupakan sebuah isyarat opsional event yang anda tambahkan pada base facebook pixel code.
Standard event tersebut hanya ditempatkan pada sebuah halaman spesifik, tidak ditempatkan pada semua halaman dengan base pixel code. Sebuah halaman yang ditambahkan standard event merupakan sebuah halaman yang ingin anda track konversi dan user behaviornya.
Anda akan mempunyai facebook pixel code pada semua halaman website anda apabila ditempatkan pada episode header website anda, sedangkan untuk halaman mana yang ingin anda track jumlah konversinya, maka anda harus sedikit melaksanakan modifikasi pada isyarat pixel ini dengan melaksanakan penambahan sebuah isyarat standard event.
Cara ini akan memperlihatkan sebuah data kepada facebook secara dinamis. Karena anda melaksanakan modifikasi pada facebook pixel untuk mampu mengirimkan sebuah data yang spesifik berdasarkan pada sebuah halaman yang dikunjungi oleh para visitor, maka anda dapat menambahkan data tersebut pada isyarat pixel berdasarkan pada apa yang telah dibeli oleh para visitor.
Untuk mengeksekusinya akan membutuhkan sedikit pengetahuan mengenai koding. Anda dapat melihat video berikut untuk penerapannya di plugin WordPress.
Misalnya anda mempunyai sebuah toko online yang menjual jaket. Maka menyerupai website ecommerce pada umumnya, para customer akan di arahkan pada sebuah halaman konfirmasi order yang sama, apapun yang mereka order. Halaman ini secara dinamis akan mendapatkan setiap update dari sebuah pembelian spesifik customer.
Tambahkanlah isyarat standard event “purchase” yang tersedia di Facebook Pixel pada halaman order confirmation anda. Pada isyarat tersebut yaitu sebuah isyarat yang memiliki kegunaan untuk secara dinamis menambahkan nilai total order value, dan juga detail sebuah produk menyerupai kategori dan tipe.
Waktu yang sempurna Untuk Menggunakan Custom Conversion
· Anda mempunyai kurang dari 20 conversion event
· Produk atau service anda mempunyai halaman konfirmasinya masing-masing yang unik dan sebuah value dari setiap pembelian tetap
· Anda mencari sebuah cara yang sangat mudah untuk dapat mengimplementasikan facebook conversion tracking
Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Standard Event
· Anda harus melaksanakan tracking lebih dari 20 conversion event
· Anda menggunakan sebuah sistem checkout yang dinamis dan anda ingin melaksanakan tracking conversion values
· Anda nyaman untuk merubah sebuah isyarat facebook pixel
· Anda ingin melaksanakan sebuah passing parameter ke facebook untuk tujuan membuat traccking dan advance custom audience
Cara Membuat Pemirsa Khusus dari Website Dengan Fitur Lanjutan
Tidak semua orang yang telah mengunjungi website anda yaitu orang yang sama. Dengan menggunakan fitur lanjutan ini, maka anda akan dapat membuat pemirsa khusus website untuk mencerminkan sebuah perbedaan setiap orang yang telah mengunjungi website anda, oleh sebab itu lakukanlah sebuah penawaran dengan nilai asli kepada setiap customer anda.
Misalnya, ada orang yang telah mengunjungi website anda berulang kali dalam waktu satu minggu, maka orang tersebut lebih bernilai dari pada mereka yang mengunjungi website anda sebulan sekali, sehingga anda akan mengetahui bahwa tidak semua customer harus anda perlakukan dengan cara yang sama. Dengan pemisahan para customer ini, maka anda dapat melaksanakan sebuah penawaran yang sesuai untuk setiap customer anda, ini akan lebih baik apabila hanya membuat satu penawaran saja untuk semua customer anda.
Berikut ini yaitu cara untuk membuat customer khusus website dengan menggunakan fitur lanjutan :
· Buka tab Pemirsa pada Pengelola Iklan
· Klik pada episode Buat Pemirsa > Pemirsa Khusus
· Klik episode Lalu-lintas Situs Web
· Setelah itu klik pilihan Lalu Lintas Situs Web dan anda pilih Kombinasi Khusus
· Jangan lupa untuk meriksa bahwa Mode Lanjutan telah diatur ke mode NYALA
· Setelah itu anda dapat mengatur aturan anda, termasuk perangkat apa saja yang mengunjungi website anda
· Beri sebuah nama pada pemirsa anda, setelah itu klik Buat Pemirsa
Pemirsa ini yaitu termasuk orang yang sudah mengunjungi website pengiklan dengan menggunakan perangkat iPhone atau iPad, paling tidak sebanya 5 kali dalam waktu 30 hari terakhir. Lihat juga tabel berikut ini untuk melihat jenis opsi lanjutan mana yang sudah tersedia untuk para customer khusus website anda.
Post a Comment for "Memahami Fitur Custom Conversion & Standard Event di Facebook Ads Conversion Tracking"