9 Cara Melakukan Riset Keyword untuk SEO
Melakukan riset kata kunci atau keyword research berarti melaksanakan penelitian/mencari kata kunci yang digunakan oleh orang pada search engine untuk menemukan halaman website yang sesuai dan bermanfaat. Hasil penelitian tersebut kemudian dijadikan topik utama sebagai pedoman membuat konten.
Pada praktek SEO riset keyword bertujuan untuk menerima pengunjung yang banyak. Sehingga produk yang ditawarkan memiliki potensi penjualan yang tinggi. Dan pada balasannya penghasilan meningkat.
Kaprikornus menggunakan kata kunci yang sempurna sasaran pada pengguna sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pemasaran produk/konten blog Anda.
Untuk menemukan kata kunci yang sempurna sasaran dibutuhkan riset keyword yang cermat dan analisa tingkat persaingan keyword pada kueri mesin pencari. Sehinga akan diketahui keyword apa yang paling diminati atau kurang diminati oleh user.
Pada umumnya keyword tebagi menjadi dua, yaitu keyword utama (short tail keyword) dan keyword turunan atau lebih dikenal dengan long tail keyword.
Nah, berikut ini saya sajikan beberapa metode untuk riset kata kunci yang tepat.
1. Artikel Page One
Kunjungi artikel page one Google kemudian pahami judulnya, jumlah backlink, URL dan topik kontenya. Metode ini akan mengajarkan kepada kita, bagaimana teknik penggunaan dan penerapan keyword yang sempurna pada konten. Dengan begitu kita akan mengetahui keyword-keyword apa saja yang digunakan dan berapa besar kekuatan SEO-nya.2. Menggunakan Wikipedia
Sebagai perpustakaan online terbesar di internet, Wikipedia bisa menjadi sumber untuk menemukan variasi kata kunci sebagai materi materi.Anda mampu mengetik keyword melalui kotak pencarian dengan kata kunci apa saja atau dengan kreativitas sendiri, maka wikipedia akan menampilkan semua kata-kata yang berkaitan dengan dengan kata kunci yang Anda maksud.
3. Membaca Komentar
Membaca komentar pada media umum atau artikel popular dapat membantu menemukan ilham segar perihal kata kunci yang mungkin banyak dicari oleh pengguna (trending topik).4. Google Suggest
Google suggest atau google autocomplete yaitu cara yang mudah dan praktis untuk menemukan keyword. Anda tinggal mengetik keyword sesuai keinginan, maka secara otomatis Google akan melengkapi keyword yang relevan dibawahnya.Kekuranganya Google suggest yaitu keyword yang disarankan jumlahnya masih terbatas, sehingga untuk menerima keyword yang lebih banyak harus mengujinya satu per satu hingga menemukan keyword yang diinginkan.
5. Webmaster Google
Anda mampu memanfaatkan menu search analytics yang ada di webmaster Google untuk menemukan keyword pendek (Short Tail Keyword) ataupun keyword panjang (Long Tail Keyword).Untuk membukanya silahkan kunjungi halaman Webmaster Tool kemudian pilih Search Traffic > Search Analytics lalu pilih kategori Queries.
Pada halaman tersebut akan menampilkan kueri penelusuran terbanyak dan teratas untuk blog Anda. Ini mampu menjadi sumber komplemen untuk menemukan kata kunci gres atau mungkin belum pernah Anda rencanakan sebelumnya.
6. Prediksi
Metode ini peluangnya kecil, namun patut untuk dicoba jikalau Anda suka berkreativitas dengan pemikiran sendiri. Anda mampu perkirakan kata-kata gres yang mungkin dimasukan pengguna untuk menemukan produk atau konten Anda. Misalnya dengan mengubah kata kunci utama menjadi lebih spesifik atau pikirkan kebutuhan-kebutuhan pengguna yang mungkin akan diketikan pada mesin telusur.Pengguna gres atau yang berpengalaman sangat mungkin untuk menggunakan frase kata kunci yang berbeda dengan kata kunci yang sudah familiar. Jika ini berhasil akan bermanfaat untuk perkembangan blog Anda.
7. Analisis Tingkat Persaingan
Jika Anda sudah menemukan kata kunci yang tepat, langkah selanjutnya yaitu menganalisa tingkat persaingan pada mesin telusur. Tujuanya supaya Anda mengetahui apakah keyword yang akan digunakan nanti memiliki persaingan yang tinggi atau rendah.
Untuk blog yang masih pemula sebaiknya membidik kata kunci persaingan tingkat rendah, ini akan mempermudah konten Anda menerima pengunjung yang banyak.
Tapi jikalau Anda memiliki keahlian SEO atau blog Anda sudah lama silahkan eksklusif membidik keyword persaingan tingkat tinggi, itu akan lebih baik hasilnya. Karena keyword dengan tingakat persaingan tinggi sudah pasti banyak diminati pembaca.
Untuk mengetahui volume tingkat persaingan, Anda mampu menggunakan tool gratis ibarat Google Keyword Planner. Dengan tool ini Anda akan membantu menemukan variasi kata kunci gres dan melihat perkiraan volume penelusuran untuk tiap kata kunci.
Google Adword memang diperuntukan bagi pengguna iklan Adwords, namun buat blog pemula mampu menjadikanya sebagai pedoman untuk mengetahui persaingan kata kunci, meski hasilnya kurang akurat dibandingkan tool yang premium.
Kaprikornus gunakan tool secara maksimal, misalnya dengan mengolah frase/kata lebih kreatif lagi yang dimasukan supaya mampu menghasilkan lebih detail.
Untuk tool gratis lainya, Anda mampu mencoba Google Trends untuk menganalisis tingkat persaingan keyword yang sedang ekspresi dominan dalam kurun waktu tertentu.
8. Google Results
Cara lain untuk mengetahui tingkat persaingan keyword yaitu dengan menggunakan Google results yang ada dibawah kotak pencaraian. Semakin besar nilai result yang ditampilkan akan semakin tinggi tingkat persaingan keyword tersebut begitu juga sebaliknya.Jumlah results yang ditampilkan Google hanya perkiraan saja, jadi mungkin kurang akurat, namun bagi Anda blogger yang masih pemula dapat dijadikan pembelajaran dasar untuk membuat artikel.
Selain cara diatas, Anda mampu mencoba riset keyword dengan SEMRush, Ubersuggest, MozBar, KeywordTool.io dan tool gratis lainya.
9. Penerapan Keyword pada Konten
Untuk blog jenis penawaran barang sebaiknya tentukan dulu keyword yang menjadi prioritasnya, seperti:
- Informasi barang > Harga barang > Transaksi barang.
- Judul
- URL
- Backlink
- Meta Description
- Konten Artikel
Kesimpulan
Apapun tool yang digunakan untuk riset keyword yaitu semua upaya atau meningkatkan secara optimal untuk menerima kata kunci yang sempurna sasaran bagi pengguna. Namun semua kembali lagi pada tujuan utama bahwa konten yang bermakna itu lebih penting. Maka utamakan konten gres kemudian optimalkan keyword.Demikian penejelasan singkat perihal cara riset keyword untuk seo. Semoga dapat menawarkan manfaat terutama bagi blogger pemula.
Post a Comment for "9 Cara Melakukan Riset Keyword untuk SEO"