Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Blog dengan Menggunakan Tool Research Keyword


Semua blogger pasti menginginkan untuk mampu menerima peringkat satu di search engine Google. Tapi untuk menerima peringkat satu ini harus menggunakan sebuah keyword yang bukan sembarang keyword. Keyword ini berperan bukan hanya untuk mendatangkan para pengunjung, tapi supaya kita mampu menerima para pengunjung yang tepat sasaran.


Maka dari itu, anda harus dapat memahami bagai mana caranya untuk mencari sebuah keyword yang tepat untuk blog anda. Supaya anda mampu menerima sebuah keyword yang bagus, maka kita tidak mampu hanya menggunakan tool Google Keyword Planner begitu saja.

Ada beberapa tahap lagi yang harus anda lakukan semoga seni administrasi keyword untuk blog anda mampu sempurna. Semuanya akan dijelaskan dalam artikel ini oleh karena itu pastikan anda tidak melewatkan semua pembahasan pada artikel ini. Artikel ini ialah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Memahami Search Intent yang Menentukan Nilai Sebuah Keyword.

Mencari sebuah keyword menggunakan Google Keyword Planner saja tidak cukup. Apabila anda sudah membaca artikel sebelumnya anda pasti ingat bahwa ada sebuah kesalahan fatal di dalam keyword research dan Google Keyword Planner-lah yang menjadi penyebab kesalahan tersebut. Sebuah kesalahan yang sudah diajarkan secara bebuyutan oleh para blogger, yaitu mereka menggunakan sejumlah keyword yang terlalu mirip.

Penggunaan sebuah keyword yang sangat menyerupai pada suatu blog maka hal ini akan menjadikan blog anda terkena penalti. Anda harus ingat pada artikel sebelumnya saya menjelaskan bahwa Google Keyword Planner itu bukan sebuah tool untuk riset keyword, tapi tool untuk pengguna Google AdWords yang merupakan sebuah layanan iklan PPC dari Google.

Apabila anda hanya mengandalkan tool Google Keyword Planner ini, maka semua konten yang anda buat juga tidak akan beragam. Oleh karena karena itulah tool ini tidak disarankan untuk mencari sebuah keyword. Ada beberapa tahapan yang benar untuk melaksanakan pencarian sebuah keyword yaitu :


Cara yang Tepat untuk Mencari Keyword


1.   Ide Awal dari Keyword Utama

Pada tahap ini anggap saja anda gres mempunyai satu keyword yaitu sebuah kategori industri blog anda sendiri. Misalnya blog anda ialah blog yang menjual tiket pesawat dan keywordnya ialah “jual beli tiket pesawat”. Satu keyword ini saja tidak akan cukup. Apabila satu keyword ini anda masukkan pada sebuah tool menyerupai Google Keyword Planner, maka anda akan melaksanakan sebuah kesalahan menyerupai referensi tadi.

Oleh karena itu, yang harus anda lakukan ialah memikirkan beberapa keyword yang mempunyai kekerabatan dengan keyword utama anda tadi, lalu setelah itu pisahkanlah keyword tersebut berdasarkan search intent. Baca artikel sebelumnya apabila anda belum memahami search intent disini.

Berikut ialah beberapa contoh, untuk sebuah situs yang menjual tiket pesawat, perhatikan gambar berikut :


Dalam gambar referensi diatas, saya hanya mencari kurang dari 10 keyword pada setiap intent. Dalam prakteknya, disarankan supaya anda sebaiknya mencari keyword jauh lebih banyak dari referensi ini. Lebih banyak maka akan menjadi lebih baik. Perhatikanlah pada episode “informational”. Keyword ini bukanlah sebuah wacana tiket pesawat atua keyword utama, akan tetapi keyword yang memiliki kekerabatan yang sangat akrab dengan keyword utama.

Pada ketika ada orang yang mengunjungi blog anda melalui sebuah keyword informational, orang tersebut mungkin tidak akan eksklusif membeli tiket pesawat yang anda tawarkan, tapi lain kali pada ketika mereka membubutuhkan tiket pesawat, maka mereka akan mencari blog anda lagi untuk membeli tiket pesawat dari anda.

Oleh karena itu, sebuah keyword informational sangat bermanfaat untuk mampu menerima para pembeli dalam jangka waktu yang panjang. Keyword informational ini memang memiliki nilai yang rendah tapi keyword informational ini sangat bermanfaat. Baca juga artikel wacana cara melaksanakan riset keyword untuk menemukan keyword terbaik untuk blog anda.


2.   Keyword Tambahan

Google akan secara otomatis melengkapi keyword yang anda tulis pada ketika anda melaksanakan pencarian. Inilah yang akan kita manfaatkan untuk menggali sebuah keyword. Masalahnya, apabila anda mencari satu per satu akan memakan waktu yang sangat lama. Tapi anda jangan khawatir karena sudah ada KeywordTool.io

KeywordTool.io ini merupakan sebuah tool yang sangat memiliki kegunaan untuk menerima sebuah keyword turunan dari keyword utama berdasarkan pada Google Suggest. Tool inilah yang akan secara otomatis melaksanakan sebuah pencarian berulang-ulang untuk anda. Caramenggunakan tool ini sangat mudah, anda hanya harus masukkan sebuah keyword pada kolom yang telah disediakan, perhatikan gambar berikut :


Jangan lupa untuk mengatur negara dan bahasanya. Setelah itu klik pada episode tombol beling pembesar, maka akhirnya akan menyerupai gambar berikut ini :



3.   Volume Pencarian di Google Keyword Planner

Dengan berbekal sebuah keyword yang sudah didapat dari KeywordTool.io, maka langkah selanjutnya kita menuju ke GoogleKeyword Planer. Buatlah sebuah akun apabila anda gres pertama kali mengunjungi situs ini. Setelah itu, klik pada pilihan yang kedua dari menu, perhatikan gambar berikut :


Selanjutnya paste atau letakan keyword yang sudah anda salin dari KeywordTool.io.


Setelah itu klik tombol “Get search volume”. Maka anda akan diperlihatkan sebuah volume pencarian per bulannya untuk setiap keyword. Setelah itu, langkah selanjutnya yaitu unduh dalam bentuk file Excel CSV atau anda mampu menyimpannya ke Google Drive apabila anda menggunakan tool Google Sheets.



Tool Untuk Riset Keyword


Sebenarnya pada tahap ini pencarian keyword kita sudah selesai, tapi ada beberapa tool lain yang harus anda ketahui untuk dapat mempermudah proses riset keyword yang anda lakukan. Tool tersebut yaitu :


1.    SEMRush

SEMrush ini ialah sebuah tool yang memiliki kegunaan untuk mengintip keyword dari blog lain. Pada tahap pencarian keyword menyerupai ini sebenarnya tidak terlalu susah. Tapi banyak blogger yang merasa buntu pada tahap memikirkan sebuah keyword turunan. Alasannya karena mereka tidak mengetahui keyword apa yang harus mereka gunakan.

Disinilah tool yang berjulukan SEMRush akan sangat membantu anda. Dengan menggunakan tool SEMRush ini, maka anda mampu “mengintip” sebuah keyword yang mempunyai nilai tinggi dari semu blog tentangan anda. Saingan anda dengan susah payah melaksanakan sebuah riset untuk mampu menerima sebuah keyword yang bernilai tinggi dan anda hanya tinggal mengintipnya. Culas sekali anda.

Untuk melaksanakan hal tersebut caranya sangat mudah yaitu anda harnya perlu memasukkan alamat blog tentangan anda. Perhatikan gambar berikut.


Setelah itu, scroll halaman tersebut hingga pada episode menyerupai ini :


Agar keywordnya menjadi lebih lengkap lagi, maka anda tinggal klik pada tombol “View full report”.


Inilah semua keyword yang mampu anda gunakan. Hanya dengan melaksanakan satu kali klik saja, maka kita sudah mampu menerima sangat banyak keyword yang mempunyai nilai tinggi.  Selain itu pada halaman sebelumnya, kita dapat melihat semua situs tentangan kita yang lain, perhatikan gambar berikut :


Inilah sebuah data yang sangat bermanfaat. Apabila alamat blog ini kita analisa lagi dengan menggunakan tool SEMRush, maka kita akan mampu menerima semakin banyak keyword yang bernilai sangat tinggi. Dengan demikian, maka proses keyword research yang anda lakukan akan menjadi lebih mudah.


2.    Long Tail Pro

Tool yang berjulukan long tail pro ini memiliki kegunaan untuk mencari sebuah keyword yang berharga yang keyword yang tersembunyi. Pada intinya, long tail keyword ialah sebuah keyword yang panjang dengan tingkat persaingan yang jauh lebih rendah dari pada short tail keyword. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk blog baru, blog yang kita kelola tidak akan mampu eksklusif masuk ke halaman satu apabila kita mengincar sebuah keyword dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi tapi akan membutuh waktu berbulan-bulan lamanya.

Maka dari itulah kita membutuhkan long tail keyword. Dengan mengincar sebuah long tail keyword, maka kita mampu masuk ke halaman satu dengan cepat walaupun tanpa mempunyai backlink sama sekali karena tingkat persaingan long tail keyword ini sangat rendah. Setelah halaman blog anda banyak yang masuk ke halaman pertama search engine dan menerima banyak trafic pengunjung, maka Google akan menganggap bahwa blog kita ialah sebuah blog terpercaya.

Dan untuk langkah selanjutnya, kita mampu menerima sebuah rangking untuk sebuah keyword yang lebih sulit. Untuk mampu mencari sebuah long tail keyword yang mempunya volume pencarian yang cukup tinggi dan tingkat persaingan yang rendah, maka kita sangat membutuh tool Long Tail Pro ini semoga pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Perhatikan gambar berikut :


Setelah itu, klik salah satu keyword untuk dapat melihat persaingannya, menyerupai gambar berikut :


Dari gambar diatas meka kita mampu menyimpulakn bahwa keyword yang telah kita masukan mempunyai tingkat persaingan yang kecil, yaitu hanya 24 dari 100. Dengan menggunakan seni administrasi ini, maka artikel tersebut akan menerima sebuah peringkat satu di search engine untuk keyword yang jauh lebih besar dengan waktu yang singkat, perhatikan gambar berikut:



3.   Term Explorer

Term Explorer ini mampu melaksanakan analisa pada banyak keyword sekaligus, fungsi dasar tool Term Explorer ini sangat menyerupai dengan tool Long Tail Pro yaitu mencari sebuah keyword dan melaksanakan sebuah analisa persaingan. Namun perbedaannya tool Term Explorer ini berbasis website, sedangkan tool Long Tail Pro merupakan sebuah software desktop. Berikut ini ialah screenshot dari daftar keyword yang sudah didapatkan dengan menggunakan tool Term Explorer :


Karena tool Term Explorer ini berbasis web, maka tool Term Explorer ini lebih mengagumkan untuk anda yang mempunyai koneksi internet yang lambat. Karena Server web yang akan melaksanakan analisa, bukan komputer anda.


4.   MozBar & SEOQuake

Kedua tool ini dikhususkan untuk yang lebih suka manual. Dua tool ini merupakan sebuah ekstensi browser untuk Firefox dan Chrome. Keduanya tool tersebut gratis dan mempunyai fitur yang hampir mirip. Tool MozBar dan SEOQuake akan menampilkan sebuah data menyerupai jumlah backlink, Page Authority, Domain Authority, dan lain-lain pada ketika kita melaksanakan sebuah pencarian di Google. Perhatikan gambar berikut :


Tool Ini mampu digunakan untuk dapat menemukan sebuah keyword yang sangat bagus, akan tetapi cara kerja kedua tool tersebut tidak otomatis, karena anda harus melaksanakan sebuah pencarian terhadap satu per satu keyword di Google.


Sebelum kita melanjutkan pada pembahasan selanjutnya mengenai analisa persaingan keyword, maka ada baiknya apabila anda menginstal salah satu tool dari MozBar dan SEOQuake. Tapi akan lebih mengagumkan lagi apabila anda menggunakan tool SEMRush, Long Tail Pro, atau tool yang berjulukan Term Explorer. Kalau anda sudah mengistal salah satu dari tool tersebut, maka anda mampu melanjutkan ke pembahasan selanjutnya wacana analisa persaingan keyword di sini.

Post a Comment for "Cara Mencari Keyword Terbaik Untuk Blog dengan Menggunakan Tool Research Keyword"