Faktor Kesuksesan Strategi Link Building
Pada pembahasan sebelumnya, telah membahas mengenai Membangun Faktor Kepercayaan Situs DimataSearch Engine, untuk anda yang belum mengetahui dan belum membaca artikel tersebut, saya sarankan untuk membaca dulu pembahasan sebelumnya. Pada dikala berbicara mengenai upaya pengoptimalan SEO atau menerima posisi paling atas di hasil pencarian search engine, backlink mampu dibilang sebagai salah satu faktor SEO off page yang sangat besar lengan berkuasa dan berperan penting.
Tidak hanya alasannya yaitu hal ini dapat menunjukkan sebuah efek pada faktor yang lain, tautan tersebut juga dapat menjadi sebuah sinyal untuk search engine agar menempatkan blog atau situs kita berada pada posisi yang seharusnya. Oleh alasannya yaitu itulah membangun jaringan tautan atau yang biasa disebut dengan nama link building merupakan salah satu hal yang harus anda perhatikan. Caranya yaitu melalui beberapa faktor menyerupai berikut ini.
Lq : Link Quality (Kualitas Tautan)
Bayangkan apabila anda sedang sakit, saran dari siapakan yang lebih anda percayai untuk mengobati penyakit yang anda derita...? Apakah saran dari seorang pengamen jalanan yang anda temui di jalan, atau saran dari seorang dokter. Sudah pasti, dominan dari anda tentunya akan menjawab saran yang diberikan oleh seorang dokter.
Walaupun untuk mereka yang mempunyai sebuah pengalaman buruk atau merasa takut untuk pergi ke dokter, secara umum akan tetap mempercayai sebuah saran yang diberikan oleh seorang dokter. Alasan untuk hal ini sangatlah sederhana, alasannya yaitu saran yang diberikan oleh seorang dokter diberikan oleh orang yang benar-benar berpengalaman dan mahir di bidangnya.
Demikian juga di dalam link building ini, search engine juga dapat menunjukkan nilai tersendiri untuk setiap link atau tautan yang masuk pada blog atau situs kita. Karena pada kenyataannya, setiap link atau tautan tidak akan diberikan sebuah nilai yang sama termasuk juga pengaruhnya yang akan didapatkan oleh blog atau situs kita.
Beberapa tautan mampu memberi sebuah efek yang luar biasa positif, akan tetapi banyak tautan lain yang justru akan menunjukkan presensi yang negatif atau buruk terhadap situs atau blog kita. Mungkin sudah ada banyak isu yang bertebaran di dunia gaib internet terkait panduan link building dan pola sebuah link yang baik yaitu link yang berasal dari sebuah situs otoritas atau yang mempunyai ekstensi domain .org, .edu dan ekstensi lain sebagainya.
Akan tetapi hal yang harus anda ingat yaitu menerima sebuah link dari sebuah blog atau situs lain yang masih berada di dalam bidang atau niche yang sejalan dengan blog kita, juga dapat menunjukkan sebuah nilai plus di dalam upaya pengoptimalan SEO. Faktor link building ini mempunyai skala nilai +3.
Lt : Link Text (Teks Tautan)
Di dalam istilah yang sudah umum didengar, link text biasa disebut juga sebagai anchor text. Pengertiannya yaitu sebuah teks baik itu sebuah kata, frasa atau sebuah kalimat yang ditanami dengan sebuah link, dan link tersebut menuju ke blog atau situs kita. Dalam prakteknya, apabila kita mempunyai sebuah harapan untuk menempati posisi atas untuk sebuah kata kunci “informasi teknologi”, maka kita harus mengupayakan untuk menerima sebuah link yang ditempel pada kata “informasi teknologi”.
Membuat sebuah anchor text memang bukan suatu hal yang sulit apabila dilakukan di dalam blog atau situs kita sendiri, akan tetapi kita tentunya tidak mampu mengontrol blog atau situs lain untuk menunjukkan anchor text yang serupa. Jadi, akan menjadi jauh lebih baik apabila kita memaksimalkan faktor lain, misalnya yaitu tingkat kepercayaan dan juga otoritas situs sehingga secara tidak pribadi akan mendorong blog atau situs lain menunjukkan sebuah link melaluo anchor text tersebut. Faktor teks tautan ini mempunyai skala nilai +2.
Ln : Number Of Links (Jumlah Tautan)
Faktor yang terakhir di dalam faktor kesuksesan seni administrasi link building ini yaitu jumlah dari link yang sudah kita dapatkan. Beberapa tahun yang lalu, banyak webmaster yang menyebutkan bahwa untuk dapat menguasai SEO, maka kita harus menerima jumlah link sebanyak-banyaknya. Tidak peduli dari mana asalnya link tersebut yang terpenting blog atau situs kita berhasil dibanjiri oleh link.
Akan tetapi pada dikala ini hal tersebut sudah tidak berlaku sama sekali. Search engine menyerupai Google, sudah membuatkan sebuah algoritma untuk dapat menentukan menyerupai apa kualitas link yang telah kita dapatkan. Beberapa cara melaksanakan link building menyerupai viral linkbaiting, arisan link, atau cara yang lain justru dinilai sebagai salah satu upaya spamming yang pastinya hal tersebut akan berdampak negatif pada blog atau situs kita.
Akan menjadi hal yang lebih baik apabila kita, membangun tautan atau melaksanakan link building secara perlahan tapi pasti dan tetap memperhatikan pada kualitas dari sebuah tautan tersebut. Faktor number of links atau jumlah tautan ini mempunyai skala nilai +1.
Post a Comment for "Faktor Kesuksesan Strategi Link Building"